Watu Lumbung : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Bagi anda yang sudah merasa bosan dengan destinasi wisata yang hanya itu-itu saja, di Yogyakarta terdapat salah satu destinasi wisata menarik dan berbeda dengan wisata-wisata yang lain. Tempat wisata Jogja yang recommended ini adalah Kampung Watu Lumbung Bantul. Destinasi wisata Watu Lumbung ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan berupa pesisir kota Jogja selatan yang bisa dilihat dari atas bukit nan asri.

Watu-Lumbung-Bantul

Kampung Watu Lumpung juga menjadi salah satu destinasi wisata edukasi yang bertujuan untuk membantu mengajarkan kepada masyarakat dan juga para wisatawan untuk senantiasa menjaga alam sekitar agar tetap lestari sepanjang masa.

Daya Tarik Wisata Watu LumbungWatu-Lumbung

 

Lokasi wisata Watu Lumbung terletak di area perbukitan yang penuh dengan pepohonan jati rimbun sehingga menjadikan pemandangan di kawasan wisata ini menjadi sejuk dan indah dipandang mata. Wisata Watu Lumbung dikonsep oleh seseorang yang dikenal dengan M Boy Rifai sebagai salah satu tempat untuk memberikan pengajaran mengenai nilai edukai. M Boy Rifai berhasil merubah lahan tandus yang dulu tidak berguna menjadi salah satu tempat eksotis.

Destinasi wisata ini sering menjadi tempat menikmati sunset dan sunrise yang menawan. Selain itu, lokasi wisata Watu Lumbung ini juga sangat nyaman untuk dijadikan tempat menikmati suasana malam yang menentramkan.

Pengelola tempat wisata Watu Lumbung sengaja membangun sebuah area wisata alam ini untuk menjaga kelestarian area sekitar. Pengelola juga menggunakan bahan bambu sebagai gubug santai untuk tempat beristirahat para pengunjung saking cintanya dengan alam. Gubug bambu ini dibangun diantara pohon-pohon jati yang rindang. Bahkan beberapa gubug juga dibuat dengan lantai dua maupun tiga dengan menggunakan penopang pohon jati sebagai tiangnya. Sekilas memang mirip seperti rumah pohon.

Saat para wisatawan berkunjung ke Watu Lumbung ini maka pengunjung akan menjumpai sebuah perpustakaan unik yang dibangun dengan sederhana. Saat tiba di lokasi wisata ini, pengunjung dapat melakukan beberapa aktifitas seperti membaca buku kurang lebih selama 25 menit sekaligus menanam buku. Di lokasi wisata ini juga diajarkan bagaimana cara membantu memasak dengan cara unik sebagai nilai edukasi untuk para pengunjung yang datang.

Bukan hanya itu saja, bagi anda yang mungkin mempunya koleksi buku dirumah, anda bisa membawanya ke lokasi wisata ini dan menyumbangkan 3 buku untuk perpustakaan. Bagi anda yang menyumbangkan minimal 3 buku ke perpustakaan akan mendapatkan dorprize berupa makanan, minuman serta souvenir cantik secara gratis.

Lokasi dan Rute Wisata Watu Lumbung

Destinasi wisata Watu Lumbung ini terletak di Jl. Panglima Sudirman, Ds. Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, DIY, Indonesia. Telp. 0878 3852 7757

Rute perjalanan menuju lokasi wisata Watu Lumbung ini cukup mudah dijangkau. Pengunjung dapat memulai perjalanan dari arah pusat kota Jogja dan mengambil arah jalan selatan menuju Jl. Parangtritis. Selanjutnya, pengunjung tinggal mengikuti arah jalan Parangtritis tersebut sampai menyeberangi sebuah jembatan dari Sungai Opak yang dekat dengan pintu masuk lokasi wisata Pantai Parangtritis.

Setelah keluar dari arah jembatan Sungai Opak tersebut, anda dapat mengambil arah belok kiri hingga menemui jalan alternatif Parangtritis menuju Siluk. Sekitar 200 m setelah jalan persimpangan tersebut, anda akan menjumpai papan penunjuk arah yang menunjukkan lokasi wisata kampung edukasi. Bagi anda yang masih kebingungan dengan rute lokasi wisata Watu Lumbung ini maka anda bisa bertanya dengan masyarakat sekitar.

Jam Buka dan Harga Tiket Wisata Watu Lumbung

Destinasi wisata Watu Lumbung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 23.00. Bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi wisata Watu Lumbung ini tidak perlu merogoh kocek untuk tiket masuknya. Namun untuk biaya parkir biasanya dikenai tarif Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Watu Lumbung :

  1. Spot foto
  2. Gubug bambu
  3. Tempat parkir
  4. Perpustakaan
  5. Wahana edukasi memasak
  6. Wahana edukasi bercocok tanam

Nilai Edukasi Wisata Watu Lumbung

Sebagaimana destinasi wisata edukasi lainnya, para pengunjung yang datang di lokasi wisata Watu Lumbung ini juga akan memperoleh banyak nilai edukasi. Beberapa nilai edukasi di tempat wisata ini antara lain :

1. Kesederhanaan

Hampir semua bangunan yang terdapat di lokasi wisata Watu Lumbung ini dibuat dari bahan bambu serta kayu sebagai bahan utama. Berbagai perabotan yang terdapat di lokasi wisata ini juga terbuat dari bahan kayu. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan keindahan serta kecintaan pada hal yang simple dan sederhana.

2. Cinta alam

Di lokasi wisata ini pengunjung diminta untuk menanam pohon dalam polybag. Aktifitas ini juga akan mendapatkan hadiah voucer sebesar 2500 rupiah yang bisa digunakan untuk membeli menu makanan yang tersedia di lokasi wisata.

3. Rasa peduli

Bagi anda yang memiliki 3 buku bisa disumbangkan ke perpustakaan dan mendapatkan hadiah menarik. Anda akan memperoleh hadiah berupa satu paket menu makanan secara gratis.

4. Saling menghormati dan mandiri

Di lokasi wisata ini baik pengurus maupun pengunjung memiliki kedudukan yang setara. Siapa saja dapat memasak serta mencuci piring setelah selesai makan dengan leluasa dan mendapatkan diskon menarik.

5. Jujur

Terdapat kantin kejujuran di lokasi wisata Watu Lumbung ini. Pengunjung dapat memesan menu sendiri dan juga membayarnya sendiri sesuai jumlah yang dipesan tanpa perantara kasir. Saat memasuki kantin kejujuran inilah maka kejujuran kita tengah diuji.

Sudah terbayang bagaimana keindahan wisata Watu Lumbung, bukan? Segera agendakan di sesi liburan Anda. Pengalaman wisata mengesankan akan segera Anda rasakan. Maka dari itu jika ingin berwisata ke Bantul langsung saja segera agendakan liburan anda dengan menyewa salah satu homestay di Jogja.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)