Taman Bunga Amarilis : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Kebun atau taman memang identik dengan pemandangan yang indah serta menyejukkan. Selain kebun sayur dan buah ternyata kebun bunga sangat populer di kalangan masyarakat. Salah satu kebun bunga yang sedang kekinian dan instragamable adalah Kebun Bunga Amarilis.

Taman-Bunga-Amarilis-Gunungkidul

Kebun bunga yang terdapat di kawasan Yogyakarta ini telah berhasil menyita perhatian publik. Banyaknya bunga amarilis yang indah dan bermekaran membuat pemandangan kebun bunga tersebut nampak sangat memukau. Kebun Bunga Amarilis ini sempat mengalami insiden tidak mengenakkan pada tahun 2015 silam. Pasalnya para pengunjung banyak yang menginjak-injak bunga akibat ingin mengambil foto dengan latar belakang bunga amarilis.

Daya Tarik Wisata Taman Bunga Amarilis

Bunga-Amarilis

Setelah dua tahun berlalu kini Kebun Bunga Amarilis yang terdapat di kawasan Gunung kidul mulai bermekaran kembali. Dengan hadirnya bunga-bunga cantik yang bermekaran ini kembali menyita perhatian publik dan tak sedikit yang langsung berkunjung menyaksikan panorama indah yang disuguhkan.

Kini Kebun Bunga Amarilis Gunungkidul kembali ramai oleh wisatawan. Para pengunjung yang datang menikmati keindahan bunga bermekaran yang begitu banyak serta tak ketinggalan mengambil foto dengan background panorama alam tersebut.

Kebun Bunga Amarilis Yogyakarta ini memiliki luas sekitar 2.350 m. Adapun bibit bunga yang ditanam di kebun ini adalah 500 bunga. Keindahan yang disuguhkan oleh bunga cantik amarilis ini tidak perlu diragukan lagi. Siapapun yang melihatnya akan dibuat takjub dan tak ingin ketinggalan waktu untuk segera mengabadikan objek tersebut.

Saat bunga-bunga amarilis tersebut bermekaran mampu menonjolkan warna yang begitu indah bagaikan bunga tulip yang terdapat di negara kincir angin. Para pengunjung dihimbau untuk selalu berhati-hati saat berada di lokasi wisata dan menjaga kelestarian bunga dengan tidak menginjak-injaknya seperti tragedi di waktu lampau.

Bunga Amarilis merupakan jenis Hipeastrum Amaryllidaceae yang mekar hanya setahun sekali. Oleh sebab itu, bagi para pengunjung dapat menjadwal waktu yang tepat untuk berwisata ke kebun ini. Umumnya bunga ini mekar pada saat musim hujan sekitar bulang November – Desember. Namun pertumbuhan bunga inipun juga dipengaruhi oleh faktor curah hujan dan juga perawatan.

Akses dan Rute Lokasi Wisata Taman Bunga Amarilis

Kebun bunga amarilis ini terletak di desa Beli, Kec. Patuk, Yogyakarta. Jika dari arah selatan kota Jogja jaraknya kurang lebih sekitar 27 km.

Bagi anda yang menggunakan petunjuk dari Google Maps maka anda dapat mengambil patokan dari arah Polsek Patuk. Lokasi wisata kebun bunga amarilis ini jaraknya kurang lebih 1 km ke arah selatan jika dari Polsek Patuk. Jika anda telah tiba disana lokasi kebun bunga ini sangat mudah dijangkau. Sebab Taman Bunga Amarilis ini hanya satu-satunya taman bunga yang ada di desa beji. Bagi anda yang bingung dengan arahnya maka anda bisa menggunakan jasa antar dengan menggunakan mobil yang bisa disewa dengan tarif terjangkau.

Daya Tarik Wisata Taman Bunga Amarilis

Pekarangan bunga yang memiliki luas sekitar 2.350 m ini ditanami dengan bunga amarilis kurang lebih sebanyak 500 bibit bunga. Saat bunga amarilis mulai bermekaran akan menunjukkan warna merah merona seperti bunga tulip. Pemandangan ini sangat mirip dengan taman bunga tulip yang populer di negara Belanda. Keindahan yang disuguhkan oleh bunga amarilis ini tidak hanya menarik perhatian para pecinta selfie saja, namun taman bunga ini sekarang menjadi pusat perhatian banyak orang.

Kabar bunga amarilis yang kini mulai bermekaran sontak menyedot perhatian publik. Mereka berbondong-bondong berkunjung ke lokasi wisata karena tak mau ketinggalan momen penting untuk menyaksikan indahnya bunga amarilis yang terbentang luas di kebun.  Namun para pengunjung yang datang dihimbau untuk tidak merusak kelestarian bunga amarilis dan menjaganya jangan sampai ada yang rusak.

Bunga amarilis yang ditanam di kebun Patuk ini hanya mekar satu tahun sekali, oleh sebab itu pastikan anda mengetahui kapan waktu bunga ini bermekaran sebelum anda memutuskan untuk berkunjung.

Bunga yang masuk dalam jenis Hippeastrum Amaryllidaceae ini umumnya mekar pada musim penghujan sekitar November akhir hingga awal bulan Desember. Dan ini pun tergantung dengan curah hujan dan juga cara perawatan oleh pengelola. Bagi anda yang ingin berwisata ke kebun ini sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada pengelola taman setempat.

Peta Google Maps Taman Bunga Amarilis

Fasilitas dan Harga Tiket Wisata Taman Bunga Amarilis

Fasilitas dan harga tiket masuk wisata taman bunga ini sangat terjangkau. Pengelola hanya mematok harga tiket masuk sesuai dengan keikhlasan hati wisatawan. Adapun untuk biaya parkir adalah Rp 3.000 untuk kendaraan mobil maupun motor.

Fasilitas penunjang yang terdapat di Wisata Taman Bunga Amarilis ini memang masih sederhana dan seadanya sebab taman ini masih termasuk baru bagi pengunjung umum. Bagi para pengunjung yang datang diharapkan dapat menjaga tata tertib dan jangan menginjak bunga maupun memetiknya agar taman bunga tetap lestari dan dapat dinikmati bersama.

Jika anda berkunjung ke Yogyakarta terutama di Kabupaten Gunungkidul untuk berwisata pasti tidak hanya mengunjungi salah satu tempat wisata. Nah untuk bisa menikmati berbagai tempat wisata, kami sarankan untuk menyewa salah satu homestay di Jogja yang menunjang dan memberikan akses kenyamanan saat berwisata.

Tag ,,

2 thoughts on “Taman Bunga Amarilis : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

  1. Pernah dlu sekali kesini,,, mantap banget….

  2. Kalau ada kesempatan pengen kesini lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)