Sungai Oyo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Sungai Oyo atau juga sering disebut dengan Sungai Oya adalah sungai yang terletak di Provinsi Yogyakarta. Sungai Oyo merupakan sejenis sungai periodik yang aliran airnya membelaj bukit kapur selatan dan utara. Sungai ini terbentuk akibat terjadinya erosi batu karst serta karena adanya perubahan temperatur yang cukup signifikan.

Sungai-Oyo-Gunung-Kidul

Sungai Oya menjadi salah satu destinasi wisata Yogyakarta yang cukup populer di kawasan Gunung Kidul. Para wisatawan yang berkunjung ke Goa Pindul biasanya melanjutkan perjalanan wisata mereka menuju Susur Sungai Oya yang memiliki jarak sekitar 1 km dari lokasi Goa.

Daya Tarik Wisata Sungai Oya

Sungai-Oyo

1. Wisata yang menantang adrenaline

Di lokasi wisata Sungai Oya ini terdapat peralatan khusus yang digunakan para wisatawan untuk menyusuri sungai. Peralatan tersebut hampir sama dengan yang tersedia di Goa Pindul. Namun yang menarik dari Sungai Oyo ini adalah view pemandangan menarik yang lebih terbuka serta lebih menantang. Bagi anda para pecinta petualang tentunya wisata Susur Sungai Oya ini sangat cocok untuk anda coba.

Apabila debit air Sungai Oya dirasa memungkinkan, maka pengunjung juga dapat mencoba sensasi serunya rafting di lokasi wisata ini. Namun jika debit air dirasa tidak memenuhi syarat untuk melakukan rafting maka anda dapat menyusuri Sungai Oyo dengan memakai ban tubing seperti yang ada di Goa Pindul.

Saat musim penghujan, jarak tempuh yang ada pada Sungai Oya 2 hingga 4 kali lebih panang jika dibandingkan dengan jarak tempuh pada musim kemarau. Apabila penyusuran dilakukan dengan kecepatan arus yang lebih deras disertai dengan beberapa gelombang ombak yang cukup banyak maka siap-siap untuk menguji adrenalin anda. Siapa saja yang menyukai tantangan akan merasa puas saat berkunjung di lokasi wisata Sungai yang satu ini.

Namun bagi anda yang mungkin merasa takut dan tidak punya cukup nyali menyusuri sungai yang extreme ini tidak perlu merasa khawatir. Setiap musim penghujan di River Tubing selalu diadakan pengecekan debit air dengan tujuan untuk meneliti keamaan supaya sesuai dengan standart persyaratan uji River Tubing. Oleh sebab itu, para pengunjung Sungai Oya ini tidak perlu merasa takut karena lokasi wisata ini sangat terjamin keamanannya bahkan disemua jenjang usia.

2. Pesona indah Air Terjun Sungai Oya

Selama melakukan aktifitas menantang berupa River Tubing di Sungai Oyo ini para pengunjung akan dimanjakan dengan spot utama yang akan membuat mata terkagum-kagum. Salah satu spot menarik tersebut adalah air tejun Sungai Oyo. Di lokasi air terjun ini pengunjung dapat mengambil foto dengan berlatar belakang air terjun yang jernih. Bagi pengunjung yang menyukai tantangan dan berani maka bisa mencoba untuk melompat dari puncak air terjun dengan ketinggian 4 – 9 m di atas tebing.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati nyamannya mandi tepat di bawah air terjun dan merasakan sensasi segar mandi di Sungai Oyo. Para pengunjung yang mandi di Sungai Oyo ini diharapkan tetap memakai jaket pelampung karena sungai Oyo ini memiliki kedalaman yang bervariasi antara 0,5 sampai 12 meter.

Bagi para wisatawan yang berada di luar Yogyakarta atau mungkin di luar Jawa maka disarankan untuk mencoba wahana wisata menantang di Sungai Oyo ini. Selain memiliki pemandangan yang menyejukkan mata dan menarik, anda juga dapat membawa teman, kerabat atau keluarga untuk menikmati sensasi view segar di alam terbuka ditemani dengan merdunya gemericik air terjun yang jernih.

River Tubing di Sungai Oyo ini biasanya disediakan satu paket dengan wisata Gua Pindul. Paket wisata ini biasanya juga lengkap dengan pemandu serta berbagai peralatan pendukung yang digunakan untuk menyusuri wahana wisata yang ada. Untuk menuju lokasi wisata, para pengunjung akan diantar dengan megendarai transportasi pajero pindul yang sudah tersedia.

Lokasi Wisata Sungai Oya

Lokasi wisata Sungai Oyo terletak di Jalan Grogol V, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Peta Google Maps Wisata Sungai Oyo

Jam Buka dan Tiket Masuk Wisata Sungai Oya

  1. Destinasi wisata Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.30
  2. Untuk tiket masuk Sungai Oyo biasanya ditarif dengan satu paket wisata rafting. Biaya yang harus dikeluarkan per orang adalah Rp 45.000, – (minimal 10 orang). Paket wisata ini sudah lengkap dengan fasilitas peralatan mini rafting berupa sepatu, jaket pelampung dan juga ban karet. Selain itu juga akan ada pemandu yang akan menemani menyusuri Sungai Oya. Ada lagi yang istimewa yaitu es kelapa muda yang sangat segar.

Tips Berwisata di Sungai Oya

  1. Usahakan untuk berkunjung di cuaca yang cerah atau pada musim kemarau karena saat musim hujan kadang terjadi banjir dan arusnya mengalir deras.
  2. Simpanlah barang bawaan anda di lemari sekretariat yang sudah disediakan agar lebih aman
  3. Pemandu juga bersedia untuk mengabadikan moment anda selama kegiatan cave tubing dengan menggunakan kamera peserta.

Semoga Anda tertarik untuk mengunjungi destinasi wisata Sungi Oyo ini. Persiapkan fisik yang bagus dan nikmatilah keindahan panoramanya. Mungkin ketika anda pergi ke Yogyakarta untuk mengunjungi beberapa tempat wisata, kami sarankan untuk menyewa salah satu homestay murah Jogja agar wisata lebih nyaman dan menyenangkan.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)