Stonehenge Jogja, Selfie? Di Sini Aja…

Homestay Jogja – Jogja lagi-lagi menjadi pusat perhatian para wisatawan Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki banyak sekali destinasi wisata. Mulai dari wisata alam sampai wisata buatan akan terus terbuka dan dikembangkan di sana. Salah satunya adalah Stonehenge Jogja yang juga bisa disebut sebagai ikon kota Jogja karena tempat wisata yang satu ini sangat unik dan hanya ada di Jogja.

stonehenge-jogja

Tempat ini juga menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi bagi Anda yang menyukai tempat wisata dengan unsur sejarah serta keunikan alam yang memukau. Di sana, Anda bisa melihat yang namanya batu raksasa dan kerap dijadikan target berfoto oleh para pengunjung yang berwisata di sana. Seperti itulah keunikan utama dari Stonehenge Cangkringan Jogja ini.

Daya Tarik Wisata Stonehenge Jogja

wisata-stonehenge-jogja

1. Spot Foto yang Menarik

Latar foto yang menjadi incaran para pengunjung adalah beberapa batu besar yang menjulang tinggi dan memiliki bentuk unik. Batu-batu ini memiliki kesan kuno seperti batu tersusun dan unik dipandang mata.

Bentuk batu ini kebanyakan seperti gerbang dengan batu horizontal yang disusun di atas dua batu penyangga vertikal. Tapi, ada juga baut yang berbentuk lain seperti batu yang berdiri sendiri alias tunggal. Tinggi batu ini bisa dua sampai tiga kali lipat lebih tinggi daripada manusia biasa dan terletak di hamparan lapangan hijau yang luas. Karena daya tariknya yang memukau, banyak orang yang ingin berfoto bersama batu-batu ini.

2. Kental Akan Sejarah

Batu-batu ini memiliki sejarah dari awalnya. Menurut sumber, Stonehenge Jogja ini merupakan kumpulan batu besar yang tersusun di tanah luas karena hasil dari erupsi besar dari gunung berapi yang terjadi sekitar tahun 2010 lalu. Dikatakan juga, batu-batu ini merupakan peninggalan jaman prasejarah yang aslinya berada di Inggris.

3. Pemandangan Alam dan Udara yang Sejuk

Mungkin tidak bisa dikatakan memiliki alam dengan udara yang terlalu memuaskan, tapi lokasinya sendiri cukup asri lingkungannya dan banyak pohon hijau di sana mengingat tempat tersebut merupakan lokasi erupsi gunung berapi dahulu kala. Batu-batu ini terletak di atas hamparan tanah dengan rumput hijau tipis yang menarik. Lapangan tersebut terus dijaga kebersihannya oleh pengunjung dan pengelola wisata di sana.

Fasilitas Stonehenge Jogja

Lokasi dan suasana Stonehenge Jogja ini bisa dibilang tidak terlalu primitif atau pedalaman, meski batu-batu di sana terlihat sangat tua. Fasilitas yang disediakan cukup standar yaitu tersedia area parkir yang cukup luas dan terdapat juga toilet. Untuk daya tarik utamanya adalah spot foto dengan latar batu-batu Stonehenge yang cantik.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Stonehenge Jogja

Destinasi wisata yang satu ini buka setiap hari dan diburu oleh wisatawan setempat untuk datang pada siang hari. Jam bukanya sendiri mulai dari pukul 07.00 pagi sampai dengan 18.00 petang WIB. Untuk bisa masuk ke Stonehenge Jogja, Anda tidak perlu berkecil hati karena biaya masuknya bisa dibilang cukup terjangkau.

Untuk tiket masuk Anda cukup membayar sebesar Rp 10 ribu saja. Namun sebelum itu, pastikan untuk membayar biaya parkir sebesar Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 5 ribu untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Untuk Anda yang ingin menyewa Stonehenge Jogja untuk dijadikan lokasi foto prewedding, Anda bisa menyewanya dengan cukup Rp 150 ribu saja.

Akses dan Rute Stonehenge Jogja

Lokasinya sendiri dari pusat kota Jogja sangat mudah untuk dijangkau. Anda bisa juga mengaksesnya lewat Google Maps untuk lebih mudahnya. Dari Yogyakarta, ambil arah ke Jalan Kaliurang. Ketika pertigaan di sana, pergi ke Kaliadem atau Cangkringan kemudian belok kanan. Ada pertigaan lagi untuk pergi ke Merapi Golf atau The Lost World Castle. Dari sini, Anda bisa bertanya pada orang setempat karena lokasinya cukup dekat dengan The Lost World Castle.

Tips Wisata Stonehenge Jogja

  1. Pastikan kondisi kesehatan Anda sedang baik, khususnya jika Anda bepergian di siang hari dengan terik matahari menyengat karena lokasinya jarang pohon lindung.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa berfoto dengan latar batu-batu unik di sana. Di sarankan berfoto sendiri di tengah kerumunan batu, atau bisa berfoto bersama teman dengan latar satu susun batu tegak agar lebih professional.
  3. Waktu yang pas untuk berkunjung adalah siang dan sore hari karena pencayahannya yang lebih baik dan jika Anda berkunjung di sore hari, Anda bisa mendapatkan foto sunset dengan latar batu unik di sana.
  4. Meski biasanya orang-orang berkunjung tidak terlalu lama, tapi Anda bisa membawa bekal dari rumah.
  5. Terakhir, jangan membuang sampah sembarangan untuk tetap menjaga dan mendukung pengelola setempat menjaga keasrian Stonehenge Jogja.
  6. Bagi Anda yang berasal dari luar kota, jangan lupa untuk memesan rental mobil atau memilih homestay di Jogja yang sesuai dengan selera dan menjamin kenyamanan Anda.

Stonehenge Jogja ini merupakan destinasi wisata dengan objek berfoto yang sangat unik. Cocok untuk Anda, seorang wisatawan yang suka berfoto dengan spot-spot unik yang berbau prasejarah.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)