Puri Mataram : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Berbicara mengenai destinasi wisata Yogyakarta memang tidak akan pernah ada habisnya. Kota Yogyakarta selalu menghadirkan destinasi wisata baru yang menarik hati para wisatawan. Baru-baru ini yang sedang populer dikalangan masyarakat adalah destinasi wisata yang mengusung tema budaya Kerajaan Mataram. Tempat wisata terbaru Yogyakarta ini dikenal dengan nama Puri Mataram. Di lokasi wisata ini para wisatawan dapat menikmati nuansa tradisional yang begitu kental dengan nilai budaya ditengah hiruk pikuk keramaian Kabupaten Sleman.

Puri-Mataram

Tempat wisata Puri Mataram didirikan oleh pihak Desa pada tahun 2017 dan baru bisa dibangun pada awal tahun 2018. Puri Mataram ini dibangun dengan memanfaatkan dana dari desa, sumbangan masyarakat dan juga dana dari Pemerintah Provinsi DIY. Dengan kata lain, tempat wisata ini merupakan hasil kolaborasi antara masyarakat dan juga Pemerintah.

Daya Tarik Wisata Puri Mataram :

Puri-Mataram-Yogya

Destinasi wisata yang terletak di Desa Tridadi, Sleman ini resmi dibuka pada tanggal 1 November 2018. Tempat wisata ini hadir dengan hamparan bungan Celocia serta dekorasi berbagai wahana spot foto menarik. Banyak spot foto yang bisa dicoba mulai dari jembatan bambu yang dibangun di atas hamparan sawah, gerobak sapi, miniatur tugu pal putih, hingga gubuk-gubuk yang bertemakan cinta.

Selain itu, lokasi wisata ini juga lengkap dengan berbagai titik semacam warung yang menyediakan aneka jajanan tradisional khas Sleman dan minuman yang menyegarkan. Para pengunjung akan menemukan sebuah pasar berbau budaya masa kerajaan Mataram.

Tempat wisata Puri Mataram ini juga menyuguhkan embung yang lengkap dengan permainan becak air warna-warni. Setiap perjalanan menuju tempat wisata anda akan disuguhi beragam spot foto yang sangat disayangkan jika tidak diabadikan. Oleh karena itu, sembari menikmati pemandangan jangan lupa untuk berfoto ria bersama teman, keluarga atau kerabat. Spot foto yang instragamable ini sudah banyak beredar di media sosial dan membuat para pecinta wisata pensaran dibuatnya.

Puri Mataram dibangun dengan konsep yang berbeda dengan tujuan agar mampu bersaing secara sehat dengan tempat wisata lain dan kedepannya dapat menjadi bentuk kerjasama antara satu destinasi wisata dengan destinasi wisata lain yang ada di Yogyakarta. Konsep budaya ini diharapkan dapat memberikan bentuk edukasi pada setiap pengunjung yang datang.

Karena mengusung konsep kebudayaan, maka tempat wisata ini menonjolkan suasana Mataram tempo dulu. Mulai dari bangunan hingga makanan yang dijual di lokasi wisata serta alat transaksi khusus yang ada pada hari-hari tertentu. Alat transaksi tersebu merupakan alat yang digunakan untuk pembayaran yang berlaku saat ada Pasar Ndelik. Pasar ini kabarnya hanya digelar pada hari Minggu dan juga hari libur nasional saja. Adapun pada hari-hari biasa, para pengunjung dapat membeli aneka makanan khas yang disediakan di Restoran.

Pasar Ndelik yang hadir setiap hari libur tersebut terdapat di persembunyian pohon-pohon sehingga nama tersebut diambil sebagai istilah unik dan menarik. Untuk jenis makanan yang tersedia di pasar Ndelik adalah makanan tradisional dan khas yang nikmat. Berbagai makanan yang dijual harus dibeli dengan menggunakan uang pandel yang terbuat dari bahan kayu. Pengunjung harus menukar uang tunai dengan uang pandel terlebih dahulu dengan menyesuaikan jumlah nominalnya.

Untuk wahana wisatanya, lokasi wisata ini memiliki tiga wahana wisata menarik namun rencananya akan ditambah dengan wahana wisata menarik lainnya untuk menunjang kepuasan para pengunjung.

Jam Buka Wisata Puri Mataram :

Destinasi wisata Puri Mataram Sleman ini buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Untuk restonya buka hingga pukul 21.00.

Tiket Masuk Lokasi Wisata Puri Mataram :

Biaya masuk lokasi wisata Puri Mataram ini gratis. Namun untuk memasuki taman dikenai biaya sebesar Rp 10.000,- per orang. Adapun tarif parkir kendaraan adalah Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasiitas Wisata Puri Mataram :

  1. Becak air
  2. Taman Kelinci
  3. Taman Bunga
  4. Resto

Lokasi dan Rute Wisata Puri Mataram :

Destinasi wisata Puri Mataram terletak di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, DIY.

Untuk menjangkau lokasi wisata Taman Bunga Puri Mataram ini cukup mudah. Para pengunjung dapat mengambil jalan dari arah perempatan Denggung Jalan Magelang atau Jalan PJKA menuju ke barat sekitar 3 km. Tampak dari arah pinggir jalan setapak yang disebut dengan Bukit Cinta oleh para warga sekitar.

Pengunjung yang lewat di simpang empat Lapangan Denggung dapat berbelok ke arah kiri menuju Jl. KRT Pringgodiningrat. Pengunjung selanjutnya akan melewati Kantor Dinas Perhubungan Kab. Sleman. Dari situ terus berjalan beberapa meter hingga menemukan simpang tiga. Tepat di selatan pertigaan tersebut terdapat jalan masuk menuju lokasi wisata taman bunga Puri Mataram.

Sudah terbayang bagaimana keindahan wisata Puri Mataram, bukan? Segera agendakan di sesi liburan Anda. Pengalaman wisata mengesankan akan segera Anda rasakan. Maka dari itu jika ingin berwisata ke Sleman langsung saja segera agendakan liburan anda dengan menyewa salah satu homestay jogja murah.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)