Puncak Songgo Langit : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Jika anda berkunjung ke kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta tidak lengkap rasanya jika anda hanya mengunjungi wisata hutan pinusnya saja. Banyak tempat wisata disekitar hutan pinus yang bisa anda kunjungi bersama keluarga, salah satunya Puncak Songgolangit. Mungkin namanya terdengar asing namun destinasi wisata ini juga memiliki istilah lain ayitu rumah Hobbit yang lebih populer di mata masyarakat.

Puncak-Songgo-Langit

Di Puncak Songgolangit atau Seribu Batu Songgolangit terdapat rumah Hobbit yang pastinya berbeda dengan yang terdapat di New Zealand. Rumah Hobbit yang ada di kawasan wisata ini adalah tiruan dari film Hobbit yang terdapat di New Zealand.

Sejarah Puncak Songgo Langit

Nama Seribu Batu Songgolangit pun juga memiliki arti tersendiri. Dulunya, tempat wisata ini memiliki ratusan hingga ribuan batu dan juga hutan pinus. Songgolangit sendiri memiliki makna penyangga langit. Nama ini diambil karena di kawasan wisata Seribu Batu Songgolangit ada sebuat bukit yang seakan-akan menjadi tiang dari langit. Destinasi wisata ini menawarkan berbagai atraksi wisata dan juga spot foto.

Daya Tarik Puncak Songgo Langit

Puncak-Songgo-Langit-Bantul

Semua spot foto yang terdapat di kawasan wisata Puncak Songgolangit sangat aman alias anti mainstream. Pengunjung dapat menemui 4 spo foto menarik yang ada di lokasi wisata ini. Pengunjung diharuskan untuk menuruni tangga dari kayu untuk memasuki gerbang wisata dan menemui spot foto. Lokasi spot foto yang pertama ini menyuguhkan rumah dongeng yang terbuat dari kayu. Spot foto ini berbentuk rumah kecil bak rumah kurcaci yang ada di dalam cerita dongeng. Ada tujuh ruma kurcaci yang ditata mengerucut dan menciptakan angle foto menarik.

Setelah itu, pengunjung dapat duduk santai di atas panggung yang dibuat dari kayu pinus. Anda juga dapat mengambil foto sembari menikmati udara segar yang keluar dari hutan pinus. Seusai beristirahat anda dapat melanjutkan spot foto berikutnya yakni di rumah Hobbit. Spot foto ini menjadi spot paling ditunggu dan ramai pengunjung. Bentuknya yang unik menjadikan pengunjung harus bersiap mengantri jika ingin mengambil gambar.

Setelah puas mengambil gambar di spot foto rumah Hobbit, selanjutnya pengunjung dapat menuju spot puncak Songgolangit. Jarak puncak Songgolangit dari rumah Hobbit sendiri adalah sekitar 1 km. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Para wisatawan dapat mengikuti arah jalan dengan melihat papan petunjuk yang sudah disiapkan untuk menuju Puncak Songgolangit. Anda juga dapat beristirahat sejenak di tempat istirahat yang sudah di sediakan.

Setibanya di puncak Songgolangit pengunjung akan dibuat takjub dengan pemandangan yang begitu indah. Pengunjung akan merasa seperti di puncak langit. Anda dapat menyaksikan pemandangan indah dari puncak berupa sawah yang terhampar luas serta pemukian warga yang berjajar-jajar. Dari puncak Songgolangit ini anda juga dapat mengambil gambar yang indah.

Selain dapat menikmati sejuknya udara dari ketinggian puncak, pengunjung juga dapat memanfaatkan waktu dengan berfoto ria di spot foto yang tersedia. Pemandangan menarik yang bisa difoto dari puncak Songgolangit ini adalah sawah Sukarame yang luas dan diberi pagar mengelilingi sawah. Lokasi ini sangat banyak dikunjungi wisatawan karena spot sawah Sukarame yang luas ini nampak seperti pemandangan yang dilihat dengan menggunakan drone.

Waktu yang disarankan untuk mengunjungi lokasi wisata puncak Songgolangit ini adalah di pagi hari maupun sore hari. Di kedua waktu tersebut pengunjung tidak akan kepanasan akibat terik matahari. Saat anda berkunjung pada pagi hari hal ini akan menambah semangat anda dalam mendaki puncak bukit Songgolangit karena masih memiliki cukup stamina yang kuat.

Lokasi Wisata Puncak Songgo Langit

Destinasi wisata puncak Songgolangit terletak di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Ds. Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DIY 55783. Lokasi wisata ini berdekatan dengan kawasan wisata Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Mangunan.

Rute Menuju Lokasi Wisata Puncak Songgo Langit

Rute untuk menuju lokasi wisata Puncak Songgolangit cukup mudah untuk dijangkau. Jika anda mengambil arah dari pusat kota Jogja, maka anda dapat menuju ke terminal Jogja. Setelah itu ambil arah selatan dan menuju Jl. Imogiri Timur dan menjumpai pertigaan pasar Imogiri. Dari situ, anda dapat mengambil arah belok kiti dan menuju kawasan Mangunan. Jika sudah sampai di persimpangan kawasan Mangunan selanjutnya anda dapat mengambil arah kiri kurang lebih 50 m. Tengok ke sebelah kanan maka anda akan menjumpai papan puncak Songgolangit.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Wisata Puncak Songgo Langit

Harga tiket masuk wisata Puncak Songgolangit adalah Rp 2.500 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan mobil Rp 5.000, sepeda motor Rp 2.000 dan bus Rp 20.000 per bus.

Fasilitas Wisata Puncak Songgo Langit

Berbagai fasilitas yang terdapat di lokasi wisata puncak Songgolangit ini antara lain :

  • Spot Foto
  • Mushola
  • Toilet
  • Papan informasi
  • Tempat parkir kendaraan

Pesona Seribu Batu Songgo Langit sudah tidak diragukan lagi, banyak hal yang dapat dilakukan di tempat wisata ini. Anda dapat ber foto ria, jalan-jalan dan menikmati pemandangan. Rencanakan liburan anda di Seribu Batu Songgo Langit segera dengan menyewa salah satu homestay di Jogja.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)