Puncak Ngepoh : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Wisata alam Jogja yang menyuguhkan keindahan alam nan sejuk yaitu Puncak Ngepoh. Destinasi wisata Jogja ini terbentang di kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Wisata alam ini memiliki potensi unik seperti goa Kisgendo, puncak Suroloyo. Kawasan wisata Puncak Ngepoh ini tentunya menjadi salah satu perjalanan wisata yang menawan sekaligus menantang bagi mereka para traveler sejati.

Puncak-Ngepoh-Jogja

Meskipun tempat wisata ini dikelola dengan swadaya warga setempat namun semangat dan kerja keras para kelompok masyarakat sekitar tersebut sangatlah tinggi. Ketua kelompok yang bertanggung jawab atas tempat wisata tersebut dulunya adalah seorang buruh serta relawan. Beliau mencoba mengadu nasib bersama para warga sekitar dengan menggeluti wisata Puncak Ngepoh. Beliau berharap dengan adanya perubahan pada tempat wisata tersebut dapat mencegah pengangguran serta mampu memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar.

Destinasi wisata alam Puncak Ngepoh ini mulai babat awal hingga sekarang berkisar antara 1 ½ tahun. Pengembangan tempat wisata tersendat oleh ketersediaan dana sehingga masih belum nampak sempurna. Kebetulan ada pihak dari salah satu Universitas yang memberikan hibah serta pendampingan selama 3 tahun baik secara fisik maupun non fisik. Bantuan fisik berupa dana uang hibar sekitar 7 juta yang digunakan untuk membangun fasilitas MCK serta bantuan material peralon sepanjang 700 m beserta toren. Adapun bantuan nonfisik untuk pengabdian pada masyarakat berupa pengarahan dan lain-lain.

Dengan adanya bantuan berupa toren serta peralon tersebut akhirnya masyarakat lingkungan setempat tidak lagi mengalami kesulitan untuk memperoleh akses air. Ketua kelompok yang dikenal dengan nama Parjono tersebut juga berharap dinas pariwisata Kulon Progo maupun Desa dapat memberikan bantuan demi merealisasikan tempat wisata menjadi lebih baik dan nyaman.

Meskipun demikian, kawasan wisata alam ini sangat cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan. Hal ini karena tempat wisata Puncak Ngepoh masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Anda dapat menghabiskan akhir pekan anda bersama teman maupun keluarga untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Alasan mengapa tempat wisata alam ini belum ramai pengunjung adalah karena Puncak Ngepoh bisa terbilang masih baru. Kawasan wisata alami ini baru berkembang pada tahun 2017 silam. Pemandangan hamparan sawah yang nampak dari ketinggian akan menampilkan panorama pedesaan yang asri dan belum tersentuh wisatawan. Oleh sebab itu para pengunjung yang berdatangan kesini mengaku bahwa suasana pedesaan di kawasan wisata ini sangat indah dan mampu memberikan rasa damai.

Daya Tarik Wisata Puncak Ngepoh :

Wisata-Puncak-Ngepoh

Kawasan wisata alam Jogja yang satu ini menawarkan keindahan alam yang benar-benar asri. Puncak Ngepoh masih alami dengan banyaknya tumbuhan pohon rindang. Saat berada di ketinggian puncak anda akan disuguhi dengan pemandangan yang menyejukkan mata serta menenangkan hati.

Adapun cara terbaik yang bisa pengunjung lakukan untuk menikmati keindahan pemandangan yang disuguhkan adalah menaiki puncak Ngepoh pada pagi hari. Di waktu pagi tersebut udara masih segar dan sejuk. Selain itu, para wisatawan juga dapat menyaksikan sang cakrawala yang baru muncul dari ufuk timur bersama dengan terbitnya sang surya. Tidak bisa dibayangkan betapa indahnya melihat sunrise secara langsung di sekitar gunung Merapi dari ketinggian kota Jogja.

Di tempat wisata ini juga terdapat spot untuk berfoto. Meksipun hanya ada dua tempat yang biasanya dijadikan untuk spot selfie, namun kabarnya dalam waktu dekat akan ditambah lagi spot foto yang lebih menarik sehingga para pengunjung dapat merasa puas. Selain itu, juga akan ditanam beberapa tanaman buah untuk memperkata kesan desa yang asri.

Tanaman buah tersebut misalnya seperti jambu maupun alpukat yang dapat dipanen sendiri oleh para wisatawan. Ide ini tentunya akan membuat kawasan wisata Puncak Ngepoh menjadi lebih menyenangkan serta ramai oleh pengunjung.

Untuk lebih memperkaya suasana desa yang ada, di kawasan wisata ini juga dibangun gazebo unik dan juga jembatan dari bambu. Para pengunjung dapat beristirahat di gazebo ini sembari menikmati suasana yang damai ditambah angin sepoi-sepoi. Jembatan dari bambu yang menambah suasana desa ini juga menarik untuk dijadikan spot selfie, namun usahakan jangan menggangu jalan anda dapat mengambil foto saat pengunjung sedang sepi.

Menurut informasi, di kawasan wisata alam Jogja ini juga terdapat potensi wisata lain yaitu gua vertikal serta tanah lapang yang dapat dimanfaatkan untuk wahana perkemahan. Namun kedua lokasi tersebut masih dalam penataan dan belum bisa dinikmati.

Fasilitas Wisata Puncak Ngepoh :

  1. Spot foto
  2. Toilet
  3. Tempat parkir
  4. Gazebo

Lokasi dan Rute Wisata Puncak Ngepoh :

Kawasan wisata Puncak Ngepoh terletak di Dusun Brajan, Banjararum Kalibawang, Kulon Progo. Jika mengambil arah jalan dari pusat kota Jogja terpaut sekitar 45 km. Disarankan untuk mencari dengan kata kunci Dusun Brajan karena banyak warga yang mengenal tempat wisata ini dengan nama tersebut. Para pengunjung akan disuguhi dengan panorama pepohonan yang rimbun serta areal persawahan yang indah saat menuju lokasi wisata yang terletak di Perbukitan Menoreh.

Peta Lokasi Puncak Ngepoh :

Puncak Ngepoh merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih sangat alami di Kulon Progo, penasaran? Langsung saja segera agendakan liburan di Yogyakarta sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay Jogja agar wisata lebih ngasikkan dan menyenangkan.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)