Pintu Langit Dahromo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Wisata puncak ada banyak di Jogja, salah satunya adalah Pintu Langit Dahromo yang menjadi primadona netizen Indonesia karena menjadi salah satu tempat yang menyediakan spot foto yang memukau. Hal ini membuat destinasi Pintu Langit Dahromo menjadi hits di Instagram dan media sosial lainnya.

pintu-langit-dahromo

Tempat ini menjadi idaman para pelancong karena memiliki spot foto menarik dengan latar belakang yang indah sekali. Banyak latar yang diberikan oleh Pintu Langit Dahromo ini, seperti pemandangan alam yang indah dan sudut kota Jogja yang keren. Dan lagi-lagi, lokasinya berada di Bantul yang memang terkenal sebagai kabupaten yang ada di Jogja dengan banyak wisata-wisata unik.

Wisata Pintu Langit Dahromo

wisata-pintu-langit-dahromo-1

Daya Tarik

1. Spot-Spot Foto yang Keren

Ada banyak spot foto yang disediakan di sana karena memang yang menjadi daya tarik utama setelah pemandangannya adalah spot-spot fotonya. Spot foto yang ada di Pintu Langit Dahromo terbilang cukup unik dan beda dari yang lain, terkesan lebih sederhana dan minimalis. Meski begitu, banyak yang berminat untuk berfoto dengan spot tersebut.

Ada beberapa spot foto di sana, seperti model rumah dengan pagar, capung warna warni, vintage garden, dan masih banyak lainnya. Spot yang paling populer adalah pintu langit, dan ini juga yang mewakili nama destinasi wisata ini. Spot tersebut berbentuk kerangka pintu yang berdiri tegak tanpa tembok dan mengarah ke bibir jurang dengan pemandangan yang sangat memukau seakan-akan kita membuka pintu yang menuju ke langit.

2. Pemandangan yang Luar Biasa

Pemandangan yang disuguhkan di sana sangat indah. Pada siang hari, Anda akan melihat hamparan hutan hijau dengan sedikit perumahan yang tidak terlalu terlihat. Tetapi ketika malam hari tiba, lampu gemerlap para penghuni perumahan tersebut akan menyala dan menciptakan pemandangan gemerlap cahaya bagaikan pantulan bintang dari langit. Karena lokasinya di puncak, di sana juga memiliki udara yang sejuk.

3. Surga Bagi Pecinta Panorama Sunrise dan Sunset

Bagi Anda traveler yang suka dengan panorama alam matahari terbit dan terbenam, maka Pintu Langit Dahromo ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat direkomendasikan. Tempatnya yang tinggi membuat Anda dapat menyaksikan dengan jelas pemandangan sunrise pada pagi hari dan sunset pada petang hari. Tapi plusnya, ternyata pemandangan malam hari di Pintu Langit Dahromo juga tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Fasilitas

Tempat wisata ini bisa dibilang masih berumur jagung, fasilitas yang disediakan pun cukup terbatas tetapi secara umum, bisa memenuhi kebutuhan para pengunjung. Di sana ada beberapa spot foto yang tentunya akan ditambahkan lagi, kebersihannya juga tetap dijaga oleh pengelola wisata. Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan Anda. Ke depannya, mengingat banyak yang tertarik dengan Pintu Langit Dahromo ini, fasilitas yang ada di sana akan dikembangkan terus.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan mudah dan tanpa biaya mahal. Jam bukanya sendiri setiap hari mulai dari pukul 05.00 pagi sampai 22.00 malam. Tiket masuknya cukup murah yakni Rp 5 ribu untuk satu orang. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp 2 ribu per motor dengan catatan, biaya bisa berubah tergantung pengelola wisata.

Akses dan Rute

Lokasinya tepat berada di jalur wisata perbukitan yang ada di selatan Lintang Sewu, Muntuk Dlingo. Karena searah dengan wisata lain, jalurnya tidak terlalu sulit untuk ditempuh. Dari Kota Jogja, arahkan kendaraan Anda masuk ke daerah Bantul, kemudian ke Kecamatan Dlingo. Tergetkan ke Dahromo, tepatnya di Jalan Hutan Pinus Nganjir. Lokasinya tetap satu desa dengan Hutan Pinus Karangasem. Jika kebetulan mengunjungi Hutan Pinus ini, sekalian mampir ke Pintu Langit Dahromo.

Sekedar tips, bagi Anda yang datang dari luar kota dan berencana menginap, pastikan Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan wisata ini.

Tips Wisata Pintu Langit Dahromo

  1. Sebelum berangkat, pastikan tubuh Anda sedang dalam keadaan yang prima dan sehat. Hal ini sangat penting mengingat Anda akan menaiki puncak yang memiliki cuaca dan atmosfer yang sedikit berbeda.
  2. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera beserta perlengkapannya. Biasanya untuk para traveler memiliki kamera yang berkualitas untuk mendapatkan gambar yang bagus.
  3. Pastikan untuk membawa baterai kamera cadangan dan tripod untuk Anda yang ingin berlama-lama di Pintu Langit Dahromo.
  4. Kurangnya jajanan warung di sana menyebabkan Anda harus membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Suasananya juga pas jika Anda pergi bersama dengan keluarga.
  5. Pergi sendirian sudah pasti tidak asik, cobalah untuk mengajak teman, pasangan, atau keluarga besar.
  6. Untuk mendapatkan hasil gambar bagus dan liburan tidak hambar, pastikan cuaca di mana Anda berangkat benar-benar cerah. Sedikit awan atau bahkan tidak ada awan lebih baik daripada pergi dengan keadaan mendung.
  7. Waktu yang disarankan adalah pagi hari karena udara sejuk, sore hari dengan sunset yang indah, atau malam hari yang memiliki gemerlap cahaya yang menawan.
  8. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Jika Anda termasuk pelancong yang suka berfoto-foto dengan pemandangan indah, pastikan untuk datang ke Pintu Langit Dahromo selagi Anda berada di Jogja.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)