PASAR BERINGHARJO : Daya Tarik, Fasilitas, Akses - Homestay di Jogja

PASAR BERINGHARJO : Daya Tarik, Fasilitas, Akses

Pasar Beringharjo – Pasar ini merupakan pasar tertua yang ada di kota Yogyakarta. Pasar ini telah digunakan tempat jual beli sejak tahun kisaran tahun 1758 dan pada tahun 1925 baru mempunyai bangunan permanen yang dinamakan Beringharjo. Pasar yang mempunyai nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Kraton Yogyakarta. Beringharjo sendiri mempunyai arti harfiah hutan pohon beringin dimana diharapkan dapat memberikan kesejahteraan bagi warga Yogyakarta.  Untuk struktur bangunannya juga mempunyai ciri khas yakni merupakan perpaduan antara arsitektur kolonial dan tradisional Jawa. 

Pasar-Beringharjo

Daya Tarik

Berburu Batik

Pasar Beringharjo menjual berbagai jenis koleksi batik. Mulai dari kain batik maupun batik yang sudah menjadi pakaian yang siap pakai. Bahan yang dijual di pasar ini ada bahan katun hingga bahan sutra. Sedangkan untuk harganya mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Semua tersedia di pasar Beringharjo dan kalian dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan yang dicari seperti apa. Untuk kain batik dapat kalian jumpai di los pasar bagian barat pada bagian sebelah utara. Apabila kalian mencari batik jadi maka bisa ke bagian barat sebelah utara. 

Selain kain batik di Pasar Beringharjo juga menawarkan blangkon, baju surjan, kebaya, daster batik, sarung tenun dan masih banyak lagi. Kalian juga akan menjumpai sandal dan tas yang dijual di sekitar eskalator Pasar bagian barat.

Aneka Jajanan Pasar

Selain terkenal sebagai pusat kain dan pakain batik yang murah, pasar ini juga menyediakan aneka jajanan pasar bagi para pecinta kuliner. Apabila kalian sudah merasa lelah dan butuh mengisi tenaga makan bisa bisa mampir makan di pasar ini. Beberapa rekomendasi aneka jajanan Pasar Beringharjo sebagai berikut :

  • Es Dawet Mbah Hari

Mbah Hari sendiri telah berjualan sejak usianya 12 tahun. Lokasi jualannya berada di  pintu utara Pasar Beringharjo dan buka lapak mulai pukul 09.00 hingga pukul 15.00. Semangkuk kecil es dawet milik Mbah Hari ini berisi cendol, cincau hijau, potongan nangka, lalu disiram dengan air santan dan air gula merah. Tentunya akan menciptakan cita rasa manis dari gula jawa dan gurih dari santan sehingga rasanya akan semakin nikmat. Seporsi es dawet ini hanya dibanderol harga Rp 5000 saja, dengan harga yang sangat murah sudah dapat melepas dahaga kalian.

  • Gado-gado Bu Hadi

Gado-gado milik bu Hadi merupakan salah satu warung legendaris yang ada di Pasar Beringharjo. Satu porsi gado-gado berisikan kupat, kentang rebus, tahu, kol, tauge, timun, telur rebus lalu disiram bumbu kacang yang diracik oleh Bu Hadi sendiri. Lalu kalian juga dapat semangkuk kerupuk udang  dan juga emping melinjo. Untuk minuman andalan di warung ini yakni es kopyor, kopyor sendiri merupakan daging kelapa yang buahnya tidak melekat pada tempurung dan tercampur dengan air kelapa. Satu porsi gado-gado dibanderol harga Rp 15.000 sedangkan es kopyor dibanderol harga Rp. 11.000. Warung ini buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

  • Sate Kere Pasar Beringharjo

Sate kere ini ada pinggir jalan selatan Pasar Beringharjo. Sate kere sendiri yakni terbuat dari gaji yang diberi bumbu rempah dan kecap sehingga menciptakan cita rasa gurih cenderung manis. Para penjual sate kere biasanya membuka lapak mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.30. Untuk soal harga sate kere ini dibanderol Rp 3.000 sedangkan sate daging atau hati dibanderol dengan harga Rp 4.000.

  • Burung Puyuh Bacem

Saat kalian memasuki Pasar Beringharjo dari pintu selatan, maka akan melihat salah satu penjual burung puyuh bacem yakni Bu Marzuki. Selain berjualan burung puyuh bacem Bu Marzuki juga berjualan bakmi pentil. Kalian bisa milih mau burung puyuh bacem atau burung puyuh asin. Untuk burung puyuh yang rasa asin ini dapat kalian goreng kembali lagi di rumah. Satu ekor burung puyuh bacem yang berukuran besar harganya Rp 10.000, yang kecil Rp 7.500, dan yang asin yakni Rp 8.000. 

  • Sego Pecel 

Untuk menu makan ini berjualannya di depan pintu barat Pasar Beringharjo. Disana juga terdapat beberapa penjual pecel, kalain bisa memilih dimana akan makan pecel sesuai yang diinginkan. Satu porsi pecel berisikan daun pepaya, daun kenikir, selada air, bayam, bunga turi, kecambah, kol, cipir, wortel, lalu disiram dengan bumbu kacang. Satu porsi pecel ini dibanderol dengan harga Rp10.000 dan biasanya buka mulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB.

 Aneka Rempah-Rempah

Untuk aneka rempah-rempah bisa kalian dapatkan di lantai dua pasar bagian timur. Tempat itu adalah pusat penjualan bahan dasar jamu Jawa dan rempah-rempah. Rempah-rempah yang ditawarkan adalah jahe, kayu manis, cengkeh dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk bahan dasar jamu ada kunyit, beras kencur, temulawak dan lainnya. 

Aneka Barang Antik 

Sentra penjualan barang antik ini berada di lantai tiga Pasar Beringharjo di bagian timur. Di tempat ini kalian dapat melihat barang-barang kuno tempo dulu antara lain ada mesin ketik tua, helm tahun 60-an, ada juga barang bekas impor lainnya.

Fasilitas 

  1. Area parkir
  2. Toilet
  3. Mushola
  4. Tempat sampah
  5. Petugas informasi
  6. Area penjualan bahan dan kain batik
  7. Area penjualan pakaian tradisional jawa
  8. Area penjualan tas, baju, sepatu
  9. Area penjualan makanan
  10. Area penjualan bahan dasar jamu
  11. Area penjualan barang antik

Jam Buka 

Pasar Beringharjo buka setiap hari mulai pukul 08.30 hingga pukul 21.00 WIB.

Akses dan Rute

Pasar Beringharjo berada di Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pasar ini sangat mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan dikarenakan berada di selatan Jalan Malioboro. Apabila kalian menginap di kawasan Malioboro maka dapat ditempuh dengan berjalan kaki sambil menyusuri  jalan Malioboro ke arah selatan dan pasar ini berada di timur jalan.

Berburu-kain-batik-di-pasar-beringharjo

Tips Wisata 

  1. Pastikan diri anda sedang dalam keadaan bugar dan sehat.
  2. Jangan membawa barang berharga yang berlebihan.
  3. Jagalah barang yang anda bawa.
  4. Bagi orangtua yang membawa anak kecil, perhatikan buah hati anda.
  5. Pastikan anda datang saat kondisi cuaca sedang cerah.

Langsung agendakan liburan ke Yogyakarta dan pesan tempat menginap dengan memilih homestay di Jogja terbaik. Untuk menambah kesan liburan Anda disini, abadikan momen-momen Anda bersama keluarga terdekat Anda. Selamat berlibur.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^