Parang Wedang : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Parang Wedang – Parang Wedang adalah pemandian air panas yang berasal dari sumber air panas alami. Pemandian air panas ini terletak di dekan wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta. Sumber air Parang Wedang memiliki keunikan yakni terletak di dataran rendah bukan di lereng gunung dan juga tidak berbau belerang sebagaimana sumber air panas yang lain.

Parang-Wedang

Pemandian ini awalnya sangat tertutup namun seiring dengan berkembangnya zaman dan waktu akhirnya tempat pemandian air panas ini dimanfaatkan untuk umum. Banyak wisatawan yang berkunjung di tempat pemandian umum ini dengan tujuan untuk mengobati berbagai masalah kulit karena lokasi ini dianggap memiliki khasiat penting untuk membantu menghilangkan gatal dan masalah kulit lainnya.

Keunikan :

Parang-Wedang-Yogyakarta

Asal-usul Pemandian Air Panas Parang Wedang dibentuk dari kesaktain raja Kraton Kesultanan Jogja yakni Sri Sultan Hamengku Buwono VI. Hal ini bermula dari perjalanannya menuju Pesanggrahan Balekencur dan mandi di tempat tersebut.

Pada waktu itu beliau berniat untuk mencari sumber air panas karena airnya yang cukup dingin. Setelah beberapa waktu mencari akhirnya beliau belum juga menemukan air panas. Hingga pada akhirnya beliau membuat lubang tanah di desa Mancingan. Karena memiliki kesaktian lubang yang dibuat raja Kraton Kesultanan Jogja tersebut akhirnya mengeluarkan air panas dari tanah. Kemudian, sumber air panas tersebut dikenal dengan pemandian Parang Wedang.

Tempat pemandian air panas ini selanjutnya dimanfaatkan untuk tempat mandi keluarga serta kerabat Kraton Jogja. Seiring dengan berjalannya waktu akhirnya tempat ini jarang dimanfaatkan dan akhirnya dibuka untuk tempat pemandian umum.

Daya Tarik :

Sumber air panas dari pemandian Parang Wedang ini berasal dari bumi yang terbentuk karena adanya benturan dua lembeng kerak bumi. Suhu air panas di tempat ini terasa hangat karena bercampur dengan air tanah yang berasal dari perbukitan utara Parangtritis.

Terdapat tiga sumber mata air panas di tempat pemandian ini dengan kedalam sekitar 10 m. Kondisi air disini cukup jernih karena terjaga dari pencemaran. Yang sangat disayangkan adalah kurangnya debit atau pasokan air yang rendah sehingga penggunaannya pun terbatas.

Hal unik yang terdapat di tempat pemandian Parang Wedang ini adalah air panas yang tidak mengeluarkan bau belerang. Dari hasil riset disebutkan bahwa kandungan mineral dari sumber air panas ini didominasi oleh Na (Natrium), Mg (magnesium), dan Cl (clorida). Air panas disini sebenarnya juga mengandung belerang namun kadarnya sangat rendah.

Hampir semua pemandian air panas memiliki khasiat alami begitu juga dengan pemandian Parang Wedang ini. Tempat pemandian ini diyakini mampu membantu mengobati berbagai jenis penyakit seperti gatal-gatal, panu, kudis serta menghilangkan pegal-pegal akibat terlalu banyak beraktivitas setiap harinya. Tempat pemandian air panas ini juga dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit stroke dan reumatik.

Bagi pengunjung yang menderita sakit reumatik atau stroke bisa mandi di pemandian ini setiap hari dalam kurun waktu sebulan. Adapun untuk mengobati penyakit kulit disarankan mandi setiap hari dalam kurun waktu seminggu.

Tempat pemandian air panas ini memang masih belum sepopuler pantai Parangtritis. Jumlah pengunjung tempat pemandian ini masih sedikit namun saat musim libur tiba tempat ini menjadi ramai oleh pengunjung. Biasanya mereka yang berkunjung ke pantai Parangtritis akan mampir terlebih dahulu ke tempat pemandian ini dan merasakan sensasi rileks setelah seharian berwisata.

Fasilitas :

  • Lokasi pemandian seluas 1140 m2
  • Kolam dengan panjang 9m x 8 m sebanyak 6 kolam
  • Warung makan
  • Spot foto menarik

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk :

Tempat pemandian air panas di Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Adapun untuk tiket masuk lokasi pemandian adalah Rp 4.000 per orang. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dikenai biaya parkir sebesar 2.000 per sepeda motot dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

Tarif Rp 4.000 yang dikenakan untuk biaya masuk lokasi pemandian hanya diberikan jangka waktu berendam selama 15 menit saja. Tempat ini sangat bagus untuk pemandian semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa.

Akses dan Rute :

Tempat pemandian Parang Wedang  terletak di Jl. Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Adapun rute untuk berkunjung ke lokasi pemandian air panas ini adalah dari Jalan Parangtritis menuju gapura Makan Syekh Maulana Maghribi. Sekitar jarak 300 m dari sana anda akan menemukan lokasi pemandian air panas yang dimaksud. Lokasi pemandian air panas ini terletak di sebelah kiri jalan sehingga anda bisa mengamati bagian kiri jalan hingga menemukan lokasi pemandian.

Tips Berwisata :

  • Saat anda berkunjung ke pantai Parangtritis maka lokasi pemandian air panas ini sangat recommended untuk anda kunjungi.
  • Bawalah baju ganti secukupnya.
  • Patuhi aturan mandi di tempat pemandian ini terutama perihal durasi berendam yang ditentukan.

Jadi jika Anda menginap di sebuah homestay selama berada di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata Parang Wedang.

Tag ,,

One thought on “Parang Wedang : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

  1. Assallamualaikum…
    Q mau tanya ?
    Apakah parang wedang itu bisa untuk menyembuhkah penyakit Saraf, Yaitu saraf yg habis kena Santet, dn kadang darah tinggi dn juga sebaliknyakurang darah gitu….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)