Pantai Timang: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket - Homestay di Jogja

Pantai Timang: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Timang adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang terdapat di Gunung Kidul. Untuk menuju lokasi alam yang banyak diminati para wisatawan ini memang dibutuhkan keberanian dan penuh tantangan. Jalan menuju lokasi wisata pantai ini berbatu dan sangat terjal. Namun demikian, pemandangan yang disuguhkan di kawasan pantai ini sangat menawan.

pantai-timang

Credit Foto:

https://www.instagram.com/p/BvqDWyrB1SI/

Pantai dengan pasir putih di sepanjang pesisir membuat keindahan alami pantai semakin menyejukkan mata. Banyak sekali deretan tumbuhan pandan di sekitar kawasan pantai yang turut menambah keindahan lokasi wisata Jogja yang satu ini. Pengunjung yang datang di pantai inipun belum sebanyak pengunjung pantai yang lain sehingga suasana pantai nampak alami.

Wisata Pantai Timang

Daya Tarik

Wisata alam Jogja ini memiliki daya tarik yang cukup unik. Bukan hanya keindahan pantainya saja yang memikat hati wisatawan yang berdatangan. Namun di tempat wisata ini terdapat Gondola tradisional yang mampu memacu adrenalin para wisatawan. Gondola ini dibuat dari kayu dan digerakkan dengan memanfaatkan tenaga manusia.

wisata-pantai-timang-1

Credit Foto:

https://www.instagram.com/febbyrastanty/

Gondola ini dapat dinaiki untuk membantu menyeberang laut saat ombak sedang besar disertai angin kencang. Setiap pengunjung yang mencoba wahana ini akan berteriak histeris. Meskipun sangat mencekam namun para pengunjung mengaku penasaran dengan wahana Gondola ini dan ingin mencoba menaikinya meskipun menakutkan.

Selain pengunjung, Gondola ini juga dimanfaatkan oleh para nelayan yang merupakan penduduk sekitar tempat wisata untuk mencari ikan. Gondola tradisional ini diikat dengan menggunakan tali tambang. Hal ini karena tali tambang dianggap lebih kuat saat mengenai air laut dibandingkan dengan besi atau baja yang dibuat sling.

Daya Tarik Wisata Pantai Timang Lainnya

Selain Gondola, daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata pantai ini adalah bukit karang. Bukit ini merupakan ikon dari Pantai Timang. Bukit besar ini terletak di pulau kecil yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai. Bagi anda yang berkunjung ke pulau tersebut dan ingin berfoto ria maka anda bisa memanfaatkan beberapa spot foto yang tersedia.

Daya tarik lainnya adalah jembatan gantung. Fasilitas jembatan gantung ini dimanfaatkan sebagai alternatif bagi para wisatawan yang ingin menyeberangi laut menuju lokasi Bukit Karang.

Bagi wisatawan yang ingin menjajakan keluarga dengan oleh-oleh khas pantai maka anda dapat membeli olahan lobster yang didapatkan dari hasil nelayan di Bukit Karang.

Fasilitas

  • Gondola
  • Jembatan gantung
  • Bukit karang
  • Pusat oleh-oleh
  • Kamar mandi
  • Area parkir yang luas

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

  • Objek wisata alam Jogja ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi.
  • Bagi anda yang berkunjung di lokasi wisata ini bisa memakai fasilitas yang ada dengan tarif sebagai berikut :
  • Gondola : Rp 200.000, – dengan rute bolak balik mulai dari pantai menuju bukit karang dan dari bukit karang menuju kembali ke pantai.
  • Jembatan gantung : Rp 100.000,- dengan rute bolak-balik mulai dari pantai menuju bukit karang dan dari bukit karang menuju kembali ke pantai.

Akses dan Rute

Objek wisata Pantai Timang terdapat di dukuh Danggolo, desa Purwodadi, kec. Tepus, kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute menuju lokasi wisata Pantai Timang Jogja ini adalah dari jalur yang mengarah ke Wonosari. Setelah itu, ambil jalur menuju arah Pantai Baron. Sebelum tiba di lokasi wisata pantai Baron anda akan menemukan pertigaan kecil. Dari situ ambillah arah ke kiri menuju Pantai Siung.

Setelah tiba di pasar Dakbong anda bisa belok menuju ke Pantai Timang. Anda dapat melihat papan penunjuk jalan menuju lokasi wisata Pantai Timang.

Tips Berwisata Menuju Pantai Timang

  • Waspada saat menyusuri jalan menuju lokasi wisata karena jalan cukup terjal dan berbatu.
  • Karena fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini masih terbatas, usahakan untuk membawa perlengkapan anda. Di lokasi wisata ini masih sedikit yang menyediakan minuman atau makanan. Oleh karena itu, bawalah bekal secukupnya jika anda tidak sarapan.
  • Dengan mempertimbangkan lokasi wisata ini, jika Anda berniat untuk menginap selama di Jogja, pastikan bahwa Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata ini.
Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^