PANTAI PARANGENDOG : Daya Tarik, Harga Tiket - Homestay di Jogja

PANTAI PARANGENDOG : Daya Tarik, Harga Tiket

Pantai Parangendog – Yogyakarta memang terkenal dengan sektor pariwisatanya. Salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Jogja adalah wisata pantai. Anda dapat menemukan banyak sekali objek wisata pantai di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Setiap pantai yang ada di Gunungkidul selalu memiliki ciri khas tersendiri.Salah satunya yaitu Pantai Parangendog. Nama Parangendog ini diambil dari Bahasa Jawa, terdiri dari kata “Parang” yang berarti batu karang dan “Endog” yang berarti telur. Konon dahulu di kawasan pantai ini ditemukan banyak sekali bebatuan yang mirip seperti telur.

WhatsApp-Image-2020-04-25-at-13.40.43-400x250

Daya Tarik

  • Batu Berbentuk Telur

Ketika Anda  mengunjungi objek wisata ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan batu karang berukuran besar dan berbentuk seperti telur. Batuan ini tidak hanya ada satu atau dua, melainkan ada beberapa. Panorama ini sangat indah dengan perpaduan bukit hijau yang ada di sekelilingnya. Perbukitan ini masih termasuk dalam dataran tinggi Pegunungan Seribu.

  • Berenang dan Memancing

Arus ombak di pantai ini tidak seganas di Pantai Parangtritis. Jadi Anda bisa melakukan kegiatan berenang di pantai ini. Selain berenang, Anda juga bisa memancing ikan dipinggir pantai atau di antara bebatuan karang. Anda juga bisa langsung membakar ikan hasil tangkapan dan menyantapnya di pinggir pantai.

  • Paralayang

Jika Anda suka dengan kegiatan yang memacu adrenalin, maka objek wisata ini wajib Anda masukkan ke dalam list perjalanan. Di kawasan Pantai Parangendog terdapat sebuah bukit yang menawarkan kegiatan paralayang. Jajaran bukit yang menjorok ke laut ini menjadi pendukungnya. Kecepatan angin di pantai ini juga stabil, jadi aman untuk melakukan kegiatan paralayang.

  • Spot Menikmati Sunset

Siapa yang tidak menyukai sunset, proses terbenamnya matahari yang sering membuat manusia terkagum-kagum. Spot yang indah dari pantai ini untuk melihat sunset adalah Tebing Watugupit. Dari ketinggian tebing, Anda dapat menyaksikan panorama laut yang memantulkan cahaya dari matahari yang mulai tenggelam.

WhatsApp-Image-2020-04-25-at-13.40.431-e1587797888996-400x240

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Parangendog adalah sebagai berikut:

  1. Toilet
  2. Mushola
  3. Tempat parkir
  4. Warung makan

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini buka setiap hari dan buka selama 24 jam. Biaya untuk berwisata di tempat ini adalah sebesar Rp 5000/orang. Sedangkan untuk biaya parkir dikenakan tarif Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil.

Akses dan Rute

Pantai ini berlokasi di Parangrejo, Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah. Untuk rutenya, apabila Anda dari pusat kota, maka Anda harus berkendara menuju Jl Parangtritis, kemudian lurus terus menuju Jalan Parangtritis – Panggang. Anda cukup mengikuti jalan utama, sampai pertigaan ke arah timur kemudian ikuti  jalan tersebut maka Anda akan sampai di Pantai Parangendog.

Tips Wisata

  1.   Pastikan anda dan kerabat dalam kondisi tubuh fit.
  2.   Bawalah pakaian cadangan.
  3. Pastikan Anda membawa perlengkapan travelling termasuk handphone dan kamera. Karena banyak spot menarik yang bisa diabadikan dari objek wisata ini.
  4. Hindarilah berwisata di musim hujan.

Dari berbagai macam wisata yang ditawarkan oleh Yogyakarta, objek wisata Pantai Parangendog bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata di Yogyakarta. Untuk itu tidak perlu berlama-lama lagi yuk segera agendakan liburan Anda sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata Anda lebih menyenangkan.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^