Pantai Baros : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Pantai Baros – Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan banyak destinasi wisata. Terdapat banyak objek wisata pantai hingga goa yang memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. Selain indah, setiap pantai yang terdapat di kabupaten bantul ini memiliki ciri khas unik. Salah satu objek wisata pantai di Bantul yaitu Pantai Baros.

Pantai-Baros-Bantul

Objek wisata pantai ini menyuguhkan kesatupaduan antara wisata hutan mangrove dengan pantai yang menawan. Pantai yang terletak di tepian sungai opak ini dikenal memiliki udara yang segar. Objek wisata ini menawarkan panorama air laut serta pasir putih yang memukai. Selain itu, juga terdapat hutan mangrove yang semakin menambah indahnya lokasi wisata ini.

Daya Tarik :

Pantai-Baros-Yogyakarta

Pantai sekaligus hutan mangrove ini menjadi kawasan ekowisata yang padat pengunjung terutama pada hari libur. Hal ini karena adanya daya tarik tersendiri seperti udara segar dan pemandangan di sekitar lokasi pantai yang memukau. Pantai Baros juga ramai dikunjung wisatawan pada sore hari karena memiliki udara yang sejuk. Sembari menikmati suasana pantai, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan sunset di pantai ini.

Saat cuaca sedang cerah, maka inilah waktu yang tepat untuk menyaksikan keindahan alam berupa aliran sungai opak yang terpancar oleh sinar matahari terbenam. Selain itu, juga terdapat pemandangan lain yang tidak kalah menarik seperti burung-burung yang bertengger di ranting pohon bakau. Para wisatawan dapat mengabadikan momen alami yang tidak bisa ditemukan di tempat lain tersebut.

Daya tarik lain dari Pantai Baros ini adalah keberadaan gardu pandang yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat sembari menikmati keindahan alam sekitar yang disuguhkan. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan bersantai ria menikmati segarnya angin pantai.

Di lokasi wisata pantai ini para wisatawan juga dapat menikmati sekeliling pantai berupa pemandangan hutan mangrove yang inda. Spot ini mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang hobi berfoto ria. Tidak hanya menghasilkan pemandangan yang sejuk namun onjek wisata pantai ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat sesi foto prewedding. Keindahan pohon bakau mangrove yang hijau dan rimbun menjadi latar belakang yang menarik untuk berfoto.

Di samping menikmati suasana pantai dan juga hutan mangrove, wisatawan juga dapat menyaksikan tata cara tanam pohon bakau. Di kawasan wisata ini terdapat hamparan lahan hijau yang dapat dimanfaatkan untuk acara camping. Di kawasan ini wisatawan juga dapat menyalurkan hobi memancing ikan lalu memasaknya sendiri berteman api unggun bersama teman maupun keluarga.

Fasilitas :

  • Area parkir yang luas
  • Warung makan dan minum
  • Toilet umum
  • Area camping
  • Gardu pandang

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk :

Objek wisata pantai Bantul ini buka setiap hari pada pukul 07.00 – malam. Bagi anda yang ingin menggelar acar camping diharapkan untuk memberitahu pengelola wisata terlebih dahulu.

Adapun harga tiket masuk wisata Pantai Baros adalah Rp 10.000/ orang.

Sedangkan biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi adalah Rp 3.000/ sepeda motor dan Rp 5.000/mobil.

Akses dan Rute :

Alamat objek wisata pantai ini terletak di dsn. Baros, ds. Tirtohargo, kec. Kretek, kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Aksesbilitas jalan menuju lokasi wisata cukup mudah ditempuh karena sudah layak dan bagus. Namun diharapkan untuk selalu berhati-hati terutama pada beberapa km sebelum lokasi pantai anda akan menemukan jalanan yang sempit.

Rute menuju lokasi wisata ini dapat dijangkau dari pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota tersebut anda dapat menuju ke arah timur melalui jalan KH. Ahmad Dahlan. Kemudian lewat jalan Pangurakan hingga bertemu dengan perempatan ambil arah selatan menuju Jalan Bridgen Katamso. Setelah bertemu dengan perempatan ambil jalan lurus menuju Jalan Parangtritis.

Dari situ jalan lurus hingga bertemu pertigaan dan ambil arah barat menuju jalan Samas Kretek. Ikuti jalan hingga perempatan lalu ambil arah ke selatan melewati jalan Tirtohargo. Setelah itu, anda akan menemukan pertigaan dan ambil arah ke timur menuju jalan Utama Baros. Sesampainya di pertigaan ambil arah barat menuju jalan Kandang Sapi. Ikuti jalan tersebut hingga anda bertemu dengan lokasi Pantai Baros.

Jarak tempuh lokasi wisata pantai dari pusat kota sekitar 28,6 km dan dapat ditempuh dengan durasi waktu sekitar 50 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Tips Berwisata ke Pantai Baros :

  • Gunakan alas kaki dan baju yang nyaman saat berkunjung ke pantai agar eksplor pantai tidak terganggu.
  • Bawalah baju ganti bagi anda yang ingin bermain air disekitar pinggiran pantai.
  • Bagi yang ingin camping bawalah perlengkapan dari rumah agar acar berjalan lancar.

Jadi jika Anda menginap di sebuah homestay selama berada di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata Pantai Baros Yogyakarta

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)