Museum Ullen Sentalu : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Museum Ullen Sentalu bisa dikatakan menjadi salah satu museum terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Letaknya di lereng Gunung Merapi yang telah membeku dan memiliki pradaban damai di sana, daerah Jogja. Tidak ada kata bosan ketika mengunjungi museum ini, karena di sana Anda akan mendapatkan pengetahuan sejarah yang sebelumnya tidak Anda tahu.

museum-ullen-sentalu

Kebudayaan Jawa sangat dijunjung tinggi di sana, hal itu juga yang menjadi daya tarik utama mengingat kebudayaan orang Jawa itu unik-unik. Bahkan di museum tersebut, ada banyak sejarah tentang peninggalan kerajaan-kerajaan yang pernah Berjaya di tanah Jawa, seperti Mataram dan lain sebagainya. Untuk Anda pecinta wisata sejarah, Museum Ullen Sentalu ini sangat patut dikunjungi.

Wisata Museum Ullen Sentalu

wisata-museum-ullen-sentalu-1

Daya Tarik

1. Disambut Hawa Sejuk Khas Alam Jogja

Letaknya bisa dikatakan berada di area perhutanan dan dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang rindang. Dengan pohon-pohon tersebut, hari-hari di Museum Ullen Sentalu ini sangat sejuk dan jauh dari sinar matahari yang menyengat. Tentu saja ini juga menjadi alasan kenapa banyak wisatawan yang berkunjung ke sana.

2. Aristektur Bangunan yang Unik

Desain bangunan Museum Ullen Sentalu sangat unik. Perancang desain bangunan ini sangat lah cerdas memanfaatkan lokasi yang ada. Desainnya sendiri berkesan menyatu dengan alam, sekitar museum nampak menyatu dengan pepohonan seakan-akan terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Pohon tumbuh lebih besar dari museum itu sendiri, tetapi kerimbunannya seolah-olah menjadi bagian dari museum ini dan nampak unik.

Karena hal ini juga, Anda yang masuk ke museum tidak akan merasakan gerah, bahkan tanpa AC pun akan sejuk seperti menggunakan AC karena pohon lebat yang melindunginya dari sinar matahari. Tentu saja dengan banyak pohon hijau maka produksi oksigen juga semakin banyak.

3. Menambah Pengetahuan Sejarah

Tema dari museum ini memang memamerkan arsitektur prasejarah Jogja dan Jawa beserta ilmunya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, Anda bisa mengetahui hal-hal menarik ketika zaman Mataram dan lain sebagainya. Sayang sekali, isi dari museum ini dilarang untuk difoto dengan alasan privasi. Tetapi diperbolehkan berfoto di luar museum.

4. Fasilitas yang Menarik

Bukan sembarang museum, di sana tidak semata-mata hanya memberikan pengetahuan tentang sejarah, namun jangkauannya lebih luas lagi. Di sana tersedia ruang seni dan gamelan yang bisa Anda lihat pameran koleksi alat musik gamelan yang beragam. Ada juga ruang Guwo Selo Giri yang di dalamnya terdapat lukisan tokoh-tokoh besar di Zaman Mataram.

5. Disediakan Minuman Unik

Di tengah tour Anda, akan disuguh dengan berbagai minuman unik yang terbuat dari rempah-rempah special sama halnya Jamu. Tidak hanya itu, jika Anda merasa lapar di tengah perjalanan Anda mengelilingi museum, Anda bisa mengenyangkan perut karena ada restoran di sana.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di sana seperti tadi dikatakan tersedia ruang music, Guwo Selo Giri, pameran prasejarah, dan lain sebagainya. Ada juga papan informasi yang lengkap, denah museum yang komplit, toilet, area parkir, dan restoran unik bergaya gothik dengan makanan western dan tradisional nusantara. Seperti museum atau tempat wisata berkelas lainnya, di sana tersedia jasa pemandu dengan harga sudah termasuk tiket.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Museum ini buka pada selasa sampai jumat mulai 08.30 pagi sampai 16.00 sore. Sabtu dan minggu mulai 08.30 pagi hingga 17.00 sore, hari senin tutup. 30 menit sebelum tutup, pelancong tidak bisa membeli tiket. Harga tiketnya bervariasi, tergantung juga pada pengunjung.

Pengunjung dewasa harus membayar Rp 40 ribu, sedangkan anak-anak usia 5 sampai 12 tahun sebesar Rp 20 ribu. Sedangkan untuk wisatawan asing, dikenakan biaya Rp 100 ribu untuk orang dewasa, anak-anak usia 5 sampai 12 tahun sebesar Rp 60 ribu sudah termasuk pemandu berbahasa Inggris.

Akses dan Rute

Alamatnya tepat di Jalan Boyong kilometer 25, Kaliurang Barat, Sleman, Jogja. Secara umum, terletak di area Taman Wisata Kaliurang, 25 kilometer utara Pusat Jogja. Menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan Anda ke Jalan Kaliurang. Tiba di Jalan Palagan Tentara Pelajar, ikuti jalan utama ke utara kemudian belok kiri ketika di pertigaan Pulowatu. Di pertigaan pasar Pakem, belok kiri sampai ke area Kalurang, Museum Ullen Sentalu.

Sedangkan untuk kendaraan umum, gunakan rute Trans Jogja rute 2B atau 3B. turun di shelter Ring Road Utara-Kentungan. Lanjutkan dengan angkot ke Jogja-Pakem, turun di Pasar Pakem. Gunakan angkot terdekat dan turun di Taman Kanak-kanak Kaliurang. Targetkan ke barat kira-kira 300 meter.

Tips Wisata Museum Ullen Sentalu

  1. Meski di sana memiliki cuaca bersahabat, tetap lah jaga kesehatan tubuh.
  2. Bisa membawa bekal dari rumah.
  3. Jangan lupa membawa kamera dan berfoto di depan bangunan museum.
  4. Jagalah kebersihan dan buang sampah pada tempatnya.
  5. Bagi Anda yang memilih untuk menginap di Jogja dan ingin berkunjung ke lokasi wisata ini, sebaiknya memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan wisata ini.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda pecinta prasejarah dengan lokasi yang alami dan unik. Museum Ullen Sentalu menjadi tempat yang pas untuk mengetahui Jawa lebih dalam di masa lalunya. Untuk info yang lebih up to date, Anda bisa kunjungi website resminya di sini.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)