Museum Monumen Yogya Kembali : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Museum Monumen Yogya Kembali – Museum Monumen Yogya Kembali merupakan monumen sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia yang bertempat di Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum Monumen Yogya Kembali lebih sering disebut “Monjali” oleh warga Jogja. Tempat wisata sejarah di Jogja ini dibangun pada tanggal 29 Juni 1985.

Museum-Monumen-Yogya-Kembali

Monumen Jogja Kembali merupakan salah satu wisata yang masih eksis diantara wisata sejarah di Yogyakarta lainnya. Sebenarnya jika kita lihat dan tinjau dari segi manfaat maupun fungsi yang bisa didapatkan, berkunjung ke museum di Jogja tersebut tidak hanya membuat pengunjung terhibur dengan miniatur dan aneka barang koleksi namun juga menambah wawasan mereka.

Daya Tarik

Monjali

Tempat wisata Museum Monument Yogya Kembali berada di Ngaglik Sleman Yogyakarta adalah objek wisata sejarah dan edukasi yang memberikan wawasan para pengunjung tentang berbagai sejarah. Selain menambah wawasan wisata edukasi di Jogja ini juga menjadi incaran wisatawan lokal maupun manca negara.

Jika kita melihat bagian arsitektur pada bangunannya, Monumen Monjali memiliki berbentuk kerucut yang terbagi menjadi 3 lantai. Pada bagian lantai paling dasar terbagi lagi menjadi empat museum antara lain ruang pertama menyimpan benda bersejarah seperti senjata api, telepon jadul, mesin ketik dan sebagainya. Sedangkan pada bagian  ruang lainnya digunakan sebagai ruang pemandu, perpustakaan dan ruang pengelolaan.

Di dalam Museum Yogya Kembali terdapat bentuk Diaroma atau sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau suatu adegan yang sama seperti di Monas. Miniatur tersebut berupa gambaran tenang perjuangan bangsa Indonesia ketika mengusir penjajah Belanda. Contoh salah satu diarroma yang ada di Monumen Jogja Kembali yaitu “Peristiwa Serangan Umum 1 Maret”. Selain itu anda juga dapat melihat relief pada dinding museum yang terdapat pada lantai dua.

Selain ada berbagai miniatur, pada bagian lantai terdapat sebuah ruangan yang di gunakan untuk mendoakan serta mengenang para pahlawan gugur. Di Museum Monumen Yogya Kembali para pengunjung juga bisa menikmati keindahan replika pesawat Cureng juga dipajang di halamannya.

Lokasi dan Rute

Lokasi Museum Monumen Yogya Kembali letaknya tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Untuk letak tepatnya berada di Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk rute menuju Monumen Yogya Kembali sangatlah mudah. Jika posisi anda berada di pusat kota Yogjakarta, sebaiknya anda mengabil jalur ke barat menuju Jl KH Ahmad Dahlan. Jika sudah menemui perempatan anda dapat menuju ke utara menuju Jl Letjen Suprapto ikuti jalan tersebut, nantinya anda akan menuju Jl Magelang. Ketika suda sampai di perempatan Jl Magelang anda dapat mengambil arah ke timur. Ikuti jalur tersebut hingga sampai kiri jalan anda akan  menemui wisata Monumen Jogja Kembali.

Fasiitas

Fasilitas yang ada di tempat wisata Museum Monumen Yogya Kembali belum begitu lengkap, akan tetapi sudah cukup membuat para pengunjung nyaman. Fasilitas tersebut antara lain:

  1. Auditorium
  2. Area bermain anak-anak
  3. Kafetaria
  4. Tempat parkir
  5. Kamar mandi
  6. Telepon umum

Jam Buka dan Harga Tiket

Untuk anda yang ingin berwisata ke Monjali anda bisa berkunjung setiap hari Selasa sampai Minggu mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00. Namun perlu anda ingat, jangan berunjung hari Senin karena libur.

Sedangkan untuk biaya masuk ke Museum Monumen Yogya Kembali ini cukup murah karena setiap orang hanya di kenakan biaya Rp.15.000. Nah bagi anda yang datang bersama keluarga besar atau rombongan jumlahnya lebih dari 30 orang diberi diskon 10%. Untuk rombongan TK atau dari Panti Asuhan akan diberi diskon lumayan banyayk yaitu sebesar 50%.

Biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp.2.000 sedangkan kendaran roda empat Rp.5000.

Tips Berwisata

Monumen Yogya Kembali selalu menjadi incaran wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Berikut ini adalah tips dan trik sederhana bagi Anda yang ingin berkunjung ke Monjali dengan nyaman.

  1. Carilah waktu yang tepat.
  2. Harus paham rute menuju lokasi tempat wisata.
  3. Bawa buku untuk mencatat hal-hal yang baru dan anda ingin tahu.
  4. Bawa smartphone untuk mengabadikan momen atau berselfi.

Museum Monumen Yogya Kembali menyajikan wisata edukasi dan sejarah yang bagus untuk anak-anak. Bayangkan saja banyak sekali ilmu yang dapat kalian ambil setelah berwisata ke museum ini? Bukan hanya ilmu, mengunjungi museum juga menjadi salah satu bentuk penghormatan kita pada para pahlawan sekaligus menjadikan kita bangsa yang besar karena tidak melupakan jasa para pahlawannya. Maka dari itu langsung saja segera agendakan liburan di Yogyakarta sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay murah di Jogja agar wisata anda lebih mengasyikkan.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)