Mangrove Jembatan Api-Api : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Yogyakarta seperti tidak akan pernah kehabisan tempat wisata untuk didatangi. Tempat wisata terbaru kali ini yang bisa Anda datangi yaitu hutan mangrove yang berada di daerah Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, kulon Progo Yogyakarta. Mangrove jembatan api-api ini, awal mulanya dijadikan sebagai sebuah tempat budidaya tanaman mangrove yang ada di Kulon Progo.

Mangrove-Jembatan-Api-Api

Seiring dengan berjalannya waktu, untuk menarik tempat ini semakin direnovasi dan dibangun lebih bagus serta ditambahkan beberapa fasilitas penunjang wisata. Untuk itu, Anda yang sedang berada di Yogyakarta langsung saja nikmati beragam keseruan di hutan mangrove ini.

Daya Tarik Wisata mangrove jembatan api-api

Mangrove-Jembatan-Api-Api-kulon-Progo

 

1. Spot foto yang menarik

Kreativitas memang tanpa batas, hal tersebut ditunjukkan oleh pengelola wisata jembatan api yang ada di hutan mangrove Kulon Progo ini. Di mana awalnya jembatan kayu hanya digunakan sebagai sarana oleh penduduk setempat untuk bisa menuju ke pantai, akhirnya dibangun sedemikian rupa dan saat ini menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk berselfie Ria.

Tidak heran, jika jembatan ini menjadi sangat hits di kalangan para anak muda kekinian. Di jembatan api-api Kulonprogo ini sudah banyak sekali spot foto yang cantik dan menarik. Pengunjung  bisa menikmati foto di jembatan dengan bentuk cincin atau Spot foto lain yang tentunya cocok untuk para pasangan muda.

Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, mengingat saat ini foto menarik di sosial media menjadi salah satu kebutuhan.

2. Menikmati keindahan tanaman mangrove di sepanjang jalan

Yang namanya hutan mangrove tentu terdapat banyak sekali tumbuhan mangrove nya. Sambil berfoto-foto, Anda bisa Menikmati keindahan tanaman mangrove di sepanjang jalan. Hal ini tentu menambah pengalaman tersendiri yang tidak terlupakan bagi Anda nantinya. Pengembangan hutan mangrove ini semuanya dilakukan Swadaya dari masyarakat atau warga setempat.

3. Mengelilingi kawasan mangrove menggunakan perahu

Jika Anda datang dan membawa uang lebih, kami sarankan Untuk naik perahu keliling area hutan mangrove. Keliling  dimulai dari samping jembatan utama. Tenang saja, untuk bisa naik ke perahu ini harganya sangat murah, setiap orang hanya dikenakan biaya sebesar Rp5.000, selain itu,  berangkatnya tidak perlu menunggu perahunya penuh.

Jika Anda ingin menikmati suasana yang agak santai dan tenang. sebaiknya Anda berkunjung ketika pagi hari. Di pagi hari belum banyak pengunjung sehingga Anda bisa menikmati pemandangan dengan lebih tenang pastinya.Dari atas perahu ini anda semua bisa melihat pemandangan hutan mangrove dari ujung ke ujung.

4. Menikmati keindahan pantai dengan fasilitas foto yang fotogenik

Di dekat wisata alam hutan mangrove ini terdapat pantai. Di pantainya ternyata juga sudah dibuatkan fasilitas yang fotogenik berupa ayunan. Tapi ayunan ini bukanlah ayunan beneran, ayunan ini memang secara sengaja dibuat untuk fasilitas foto saja.

Fasilitas Mangrove Jembatan Api-Api

Sudah terdapat fasilitas lengkap di tempat wisata satu ini. Fasilitas tersebut daintaranya adalah lahan parkir yag luas, MCK, mushola serta warung makan di sekitar tempat wisata.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Mangrove Jembatan Api-Api

Wisata hutan mangrove ini pada umumnya , buka setiap hari dari jam 06.00 pagi hingga jam 19.00 malam. Akan tetapi, waktu terbaik untuk bisa menikmati yaitu ketika pagi atau sore setelah jam 15.00. Mengingat ketika siang hari cuacanya sangat panas. Cuaca yang panas ini tentu mengurangi kenyamanan di dalam menyaksikan indahnya pemandangan di hutan mangrove..

Kemudian, terkait dengan harga tiketnya, untuk bisa masuk ke tempat wisata ini anda cukup membayar biaya sebesar Rp4.000 saja untuk setiap orangnya. Selanjutnya, untuk biaya parkir motor hanya sebesar Rp2.000 dan mobil Rp5.000 saja.

Namun, jika pengunjung masih ingin masuk ke objek wisata lain seperti pantai pasir kadilangu, maka pengunjung harus membayar tiket lagi. Hal tersebut dikarenakan antara pantai pasir kadilangu dan hutan mangrove ini beda pengelolaannya.

Akses dan Rute Mangrove Jembatan Api-Api

Untuk bisa sampai di kawasan lokasi hutan mangrove ini anda bisa menempuh dari dua jalur. Anda bisa melewati jalur Utara dan jalur selatan. Jika berangkat dari Jogja menuju ke hutan mangrove Kulonprogo cukup mengambil arah ke Jalan Wates.

Kemudian, silakan lurus lurus terus hingga sampai di pertigaan patung kuda. Jika sudah sampai di pertigaan patung kuda, silakan ambil arah ke kiri atau dari Purworejo, kemudian Lurus terus sampai pada Terminal Wates.

Ya, di sini Anda sudah bisa melanjutkan perjalanan ke barat sampai menjumpai Rumah Makan Padang Sederhana, di sebelahnya terdapat pertigaan dan ambillah jalur kiri. Terdapat beberapa jalur seperti arah Pantai congot.

Jika sudah sampai di pertigaan, Anda bisa lurus ke barat hingga melewati jembatan. Kemudian belok kiri menuju arah desa jangkaran, di situ Anda sudah bisa melihat petunjuk arah ke hutan mangrove.

Peta Google Map Mangrove Jembatan Api-Api

Tips Wisata Mangrove Jembatan Api-Api

  • Datanglah pada pagi atau sore hari
  • Datanglah bersama dengan teman-teman atau keluarga
  • Pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat
  • Bawalah kamera

Bagaimana semua sudah siap untuk menikmati indahnya mangrove jembatan api-api Kulonprogo?  langsung saja, agendakan liburan Anda sekarang. Jika anda penasaran dengan wisata ini maka segera agendakan liburan dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata lebih nyaman.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)