Jurang Tembelan : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Bantul menjadi salah satu wilayah kabupaten yang ada di Jogja dan menjadi tempat yang memiliki destinasi wisata paling banyak. Karena itulah, daerah Bantul sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun asing ketika berada di Jogja. Untuk Anda yang memiliki kecintaan pada wisata jurang atau tebing, maka tempat wisata bernama Jurang Tembelan yang berada di Bantul ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

jurang-tembelan

Jurang Tembelan menjadi tempat yang sangat disukai para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam yang memukau. Destinasi wisata tersebut bahkan bisa disetarakan dengan tempat wisata terkenal lain di Bantul seperti Hutan Pinus Mangunan, Puncak Mangunan, Becici, dan lainnya. Pemandangan yang ada di sana menjadi daya tarik paling utama.

Wisata Jurang Tembelan

wisata-jurang-tembelan-1

Daya Tarik

1. Pemandangan yang Indah

Tempatnya yang tinggi menjadikan wisata Jurang Tembelan sebagai tempat yang sangat pas untuk menikmati keindahan alam di Jogja. Dari jurang tersebut, Anda akan melihat pemandangan alam seperti pegunungan Sewu dan sungai Oyo yang sangat indah.

Tidak hanya itu, lokasinya yang tinggi membuat Anda bisa melihat hamparan bukit dari kejauhan. Pemandangannya semakin bagus ketika awan rendah karena awan pada perbukitan akan menutupi puncak bukit.

2. Udara yang Sejuk

Salah satu kelebihan dari wisata puncak atau jurang, udara di sana sangat segar sehingga menjadi tempat yang pas untuk merelaksasi pikiran sembari melihat pemandangan yang indah. Karena itu juga, banyak anak muda yang menjadikan Jurang Tembelan ini sebagai tempat hangout mereka.

3. Spot-Spot Unik

Untuk Anda yang suka berfoto-foto atau berselfie, Anda bisa menikmati spot-spot foto yang unik di sana. Latar foto nya sendiri hampir sama dengan latar Puncak Mangunan karena lokasinya yang sangat berdekatan. Tapi tentu saja ada beberapa hal pembeda antara dua tempat ini.

Spot-spot yang ada di sana cukup unik dan menjadi tujuan utama wisatawan untuk berkunjung ke sana. Beberapa spot yang disajikan adalah spot atau gardu mirip perahu, sayap kupu-kupu, pesawat, dan lain sebagainya.

4. Sunset dan Sunrise yang Menawan

Tidak hanya spot yang ada di sana yang bisa dijadikan sebagai objek foto, tetapi pemandangan sunrise dan sunset yang ada di sana juga sangat menawan. Tentu saja, Jurang Tembelan menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat untuk Anda pecinta selfie karena pemandangan sunset dan sunrise yang indah. Untuk bisa mendapatkan kedua moment ini, Anda harus pergi ke lokasi wisata pada pagi hari di mana matahari terbit, dan petang ketika matahari mulai terbenam.

Fasilitas

Berbicara fasilitas, di sana cukup tersedia fasilitas yang sangat mendukung bagi para turis atau wisatawan lokal yang datang. Bangunan fasilitas yang ada di sana cukup bagus, seperti hadirnya gazebo, musholla untuk muslim, warung makan, dan kamar mandi.

Sedangkan untuk hiburannya juga ada spot foto, area camping, tempat untuk beristirahat, dan gardu pandang. Fasilitas yang ada di sana akan terus dikembangkan mengingat fasilitas di sana baru saja dibangun secara serius pada tahun 2017 lalu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa menikmati pemandangan yang ada di Jurang Tembelan kapan pun, tentu saja yang paling direkomendasikan adalah siang hari. Karena jika malam, tidak ada yang bisa dilihat kecuali pemandangan langit. Berbeda dengan wisata puncak dengan pemandangan utama perkotaan seperti Bukit Bintang yang memperlihatkan gemerlap malam kota Jogja.

Sedangkan untuk biaya tidak dikenakan apapun, alias gratis, atau Anda bisa memberikan bantuan dana seikhlasnya kepada pemgelola wisata untuk mengembangkan Jurang Tembelan. Namun, untuk biaya parkir akan terkena biaya sesuai dengan jenis kendaraan. Rp 3 ribu untuk roda dua, Rp 5 ribu untuk roda empat, Rp 10 ribu untuk elf, dan untuk bus dikenakan biaya Rp 10 ribu dengan catatan, tarif bisa berubah tergantung pengelola wisata.

Akses dan Rute

Untuk bisa ke sana, rutenya cukup mudah dilalu, bahkan kendaraan besar seperti mobil dan bus. Lokasinya tepat berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DIY. Dari Jogja, arahkan kendaraan ke timur menuju Jalan Pangurakan, kemudian ke selatan melalui Jalan Brigjend Katamso. Lurus terus sampai ke perempatan, kemudian ke Jalan Kolonel Sugiyono di arah timur.

Bertemu pertigaan, ambil selatan melalui Jalan Sisingamangaraja, lurus sampai Jalan Imogiri Barat. Ketika ada pertigaan, ambil arah timur melalui Jalan Bakulan Imogiri sampai akhirnya tiba di Jalan Makan Raja. Menemukan pertigaan lagi, belok ke selatan sampai di Jalan Imogiri – Dlingo. Lurus terus sampai ke Perempatan kebun Buah Mangunan, kemudian ke selatan. Lurus sampai akhirnya tiba di Jurang Tembelan.

Tips Wisata Jurang Tembelan

  1. Pastikan kesehatan tetap terjaga.
  2. Jangan lupa membawa smartphone atau kamera untuk berfoto.
  3. Disarankan untuk pergi pada pagi dan sore hari.
  4. Jagalah kebersihan Jurang Tembelan.
  5. Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan akan menginap di homestay, pastikan Anda memilih homestay di Jogja yang berdekatan secara lokasi dengan wisata ini.

Jurang Tembelan menjadi salah satu tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat indah. Jika sedang berada di Jogja, sempatkan diri Anda untuk singgah di sana dan nikmati keindahan alam Yogyakarta.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)