Hutan Pinus Mangunan : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Hutan Pinus Mangunan – Hutan Pinus Mangunan adalah salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang terdapat di Bantul, Yogyakarta. Objek wisata Bantul ini memiliki banyak hutan pinus dan menjadikannya sangat sejuk dan asri. Selain memiliki suasana yang menentramkan, hutan pinus ini juga memiliki banyak spot foto menarik yang dapat dijadikan sebagai tempat berfoto ria bersama keluarga, teman maupun kerabat.

Hutan-Pinus-Mangunan

Salah satu spot foto yang populer di kawasan Hutan Pinus Mangunan ini adalah panggung yang dikelilingi oleh banyak kursi cantik yang dibuat dari bahan kayu. Pohon pinus di hutan ini tumbuh dengan subur dan lebat serta menjulang sangat tinggi dan membuat anda merasa sangat betah jika harus berlama-lama di kawasan wisata alam ini. Hutan pinus ini sangat recommended bagi anda yang ingin menghabiskan waktu liburan untuk sejenak melepas penat dari hiruk pikik aktivitas dunia.

Daya Tarik :

Hutan-Pinus-Mangunan-Imogiri-Bantul

Bagi para remaja milenial, kawasan wisata alam ini sangat cocok untuk menyalurkan bakat berfoto ria ala-ala instagramable. Hasil foto yang akan dihasikan di kawasan hutan pinus ini akan nampak cantik dan memukau sebab cahayanya sangat tepat serta background pemandangan hutan pinus disini sangat keren. Bagi pengunjung yang hobi mengambil foto pemandangan bisa mencoba mengambil gambar dari setiap sudut hutan yang menawan ini.

Bagi wisatawan yang menyukai kabut alam maka anda juga bisa menikmatinya disini. Pengunjung yang beruntung akan melihat kabut putih dipagi hari. Selain itu kabut putih yang sejuk dan indah biasanya juga nampak setelah turun hujan. Tidak bisa dibayangkan betapa nyamannya berada di hutan dengan suasana yang tenang, menentramkan dan juga pemandangan yang menawan.

Di Hutan Pinus Mangunan ini juga terdapat sebuah panggung menarik yang dikelilingi oleh kursi cantik dari kayu. Panggung ini mirip seperti panggung teater sungguhan. Pengunjung bisa duduk santai sembari menikmati pemandangan sekitar di kursi-kursi yang berjajar cantik ini atau bisa juga mengambil foto dengan hasil memukau.

Selain panggung unik yang indah karena dikelilingi oleh kursi kayu, tempat wisata alam ini juga memiliki spot foto menarik lainnya yang bisa dicoba. Diantaranya adalah spot segitiga akbar, spot tangan dewa, sarang burung dan juga rumah pohon yang indah.

Hutan Pinus Mangunan juga menyediakan tempat outbond yang akan menemani hari para wisatawan dengan menyenangkan. Siapa saja bisa bermain outbond di tempat ini bersama rombongan maupun keluarga. Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat warung makan sederhana yang menjajakan aneka makanan dan minuman segar. Anda bisa membeli keperluan pengisi perut dengan citarasa nikmat di berbagai warung yang tersedia.

Fasilitas :

  • Mushola
  • Tempat outbond
  • Area parkir luas
  • Toilet
  • Warung makan
  • Tempat bersantai

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk :

Jam operasional untuk tempat wisata alam ini adalah setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.30 sore. Namun bagi anda yang ingin menikmati suasana sampai petang atau malam hari juga diperbolehkan dengan catatan harus meminta izin terlebih dahulu pada pengelola tempat wisata.

Adapun harga tiket masuk tempat wisata Hutan Pinus Mangunan ini adalah gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali. Hanya saja bagi pengunjung yang datang dengan membawa kendaraan harus membayar biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua biaya parkir yang harus dibayar adalah Rp 3.000, sedangkan untuk kendaraan roda 4 adalah Rp 10.000.

Bagi anda yang datang bersama rombongan besar dan menggunakan kendaraan bus, biaya parkir untuk bus adalah Rp 20.000. Setelah itu anda bebas menikmati segala fasilitas dan spot foto menarik di kawasan wisata hutan pinus ini.

Akses dan Rute :

Lokasi wisata Hutan Pinus Mangunan ini adalah di Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jika kita mengambil jalan dari arah pusat kota, lokasi wisata dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 50 menit dan jarak tempuhnya sekitar 23 km. Untuk menghindari resiko jalan macet saat berkunjung ke wisata Hutan Pinus ini disarankan untuk berangkan di pagi hari karena biasanya jalan masih sepi.

Adapun rute menuju kawasan wisata alam ini yang paling mudah dan cepat adalah melalui Jalan Imogiri Barat. Bagi yang ingin mencoba rute lain juga bisa saja yakni dari Jalan Imogiri Tim lalu menuju jalan Parangtritis. Namun rute tersebut cukup jauh dibandingkan jika melalui jalan Imogiri Barat.

Bagi anda yang masih bingung dengan rutenya, anda bisa menggunakan bantuan Google Maps untuk mencapai lokasi wisata dengan aman dan efisien.

Tips Berwisata :

  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk memudahkan eksplor wisata hutan pinus ini dengan maksimal.
  • Bawalah bekal dan obat-obatan yang sekiranya dibutuhkan.
  • Anda dapat berkunjung di pagi hari untuk menikmati udara dengan kesejukkan maksimal yang menyegarkan.

Jadi jika Anda menginap di sebuah homestay selama berada di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata Hutan Pinus Mangunan.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)