Gumuk Pasir Parangkusumo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Gumuk Pasir Parangkusumo – Yogyakarta merupakan suatu kota dengan keunikan dan ciri khas tersendiri. Mulai dari masyarakatnya, budaya hingga destinasi wisata yang tersimpan di dalamnya. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata Jogja yang bahkan hanya satu di Indonesia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata ini memiliki fenomena alam yang langka dan menakjubkan hingga menjadikannya sebagai tempat favorit para wisatawan.

Gumuk-Pasir-Parang-Kusumo-Bantul

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan gundukan pasir yang terdapat di dekat pantai. Gundukan pasir ini terbentuk secara alami dalam waktu yang cukup lama. Tempat wisata ini menjadi istimewa karena hanya terdapat dua saja di dunia yakni di Mexico dan juga di Pantai Parangkusumo Bantul. Jika anda berkunjung ke tempat wisata ini maka anda akan merasakan seperti berada di padang pasir yang luas.

Daya Tarik :

Gumuk-Pasir-Parangkusumo-Yogyakarta

Keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo konon dikatakan berkaitan dengan keberadaan Gunung Merapi yang terletak di utara kota Jogja. Gundukan pasir ini terjadi akibat Gunung Merapi yang meletus dengan kekuatan dahsyat dan menjadikan muatan vulkanik berupa debu maupun pasir bertebaran hingga tersebar di seluruh pelosok wilayah Jogja.

Karena Gunung Merapi tersebut terletak di sebelah utara dengan keadaan tanah memiliki muatan vulkanik lebih tinggi tersebut akhirnya lambat laun terbawa oleh aliran sungai dan hujan hingga bermuara di Pantai Selatan. Sesampainya di pantai tersebut muatan vulkanik beradu dengan ombak yang ganas sehingga berubah menjadi partikel-partikel kecil.

Keunikan :

Partikel kecil yang berhamburan tersebut akhirnya menuju ke daerah Gumuk Pasir Parangkusumo berada. Fenomena alam ini memang berlangsung dalam waktu yang sangat lama bahkan sampai sekarang.

Dulunya wisata Gumuk Pasir Parangkusumo hanya dipandang sebagai gundukan pasir yang tidak berguna. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tumpukan pasir ini menjelma menjadi destinasi wisata yang populer di kota Jogja. Di kawasan wisata ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik sesuai keinginan.

Salah satu aktivitas menarik dan kekinian yang mulai menjadi buruan para wisatawan adalah kegiatan meluncur di gundukan pasir dengan memakai papan atau yang sering disebut dengan istilah sand boarding. Olahraga atau permainan ini mirip seperti kegiatan meluncur di salju atau snow boarding hanya saja media di kawasan wisata ini adalah pasir.

Selain kegiatan sand boarding, pengunjung yang memiliki hobi fotografi bisa mengambil gambar-gambar menarik di Gumuk Pasir Parangkusumo. Pemandangan yang indah dapat diambil terutama pada sore hari dengan memburu sunset yang memukau. Tak jarang dijumpai para pasangan yang memilih tempat indah ini sebagai lokasi pre-wedding karena keunikan yang dimilikinya.

Pemandangan padang pasir yang indah ini juga semakin menarik dengan adanya lokasi wisata lain yang terletak tidak jauh dengan lokasi wisata ini. Bagi anda yang sudah merasa cukup mengeksplor kawasan wisata ini, anda bisa menikmati wisata lain seperti Pantai Parangtritis maupun Pantai Depok yang mudah dijangkau dari lokasi wisata Gumuk Pasir ini.

Fasilitas :

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Toilet
  • Spot foto menarik

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk :

Kawasan wisata Gumuk Pasir Parangkusumo buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00. Bagi anda yang ingin menikmati waktu sampai petang juga diperbolehkan asalkan anda meminta izin terlebih dahulu dengan pengelola tempat wisata.

Adapun untuk harga tiket masuk kawasan wisata gurun pasir ini sangatlah terjangkau. Biaya tiket masuk yang harus dibayar oleh masing-masing pengunjung adalah Rp 5.000. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tarif parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Akses dan Rute :

Alalat tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini adalah di desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Adapun rute menuju lokasi wisata adalah dari kota Jogja menuju jln. Parangtritis dengan menuju arah selatan. Saat sudah melaluo jln. Parangtritis anda tinggal mengikuti jalan ke sebelah selatan sampai menemui jembatan yang panjang.

Selanjutnya, anda akan menemukan pos retribusi atau loket untuk retribusi pembayaran pantai Parangtritis. Sebelum pos tersebut ambillah arah belok kanan dan anda akan menemukan papan nama wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Setelah itu, ikuti jalan lurus hingga menemukan lokasi wisata gumuk pasir yang dituju.

Jarak lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo dari kota Jogja kurang lebih 28 km dan dapat ditempuh dengan kendaraan normal bermotor kurang lebih selama 54 menit atau durasi 1 jam.

Tips Berwisata :

  • Gunakan alas kaki yang nyaman karena lokasi berpasir memungkinkan alas kaki yang lancip susah untuk dipakai berjalan.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal karena suasana di sekitar gumuk pasir terasa sedikit panas.
  • Bawalah bekal makanan, minuman dan obat-obatan yang sekiranya anda butuhkan.
  • Datanglah di cuaca cerah agar lokasi wisata dapat anda eksplor dengan mudah.

Jadi jika Anda menginap di sebuah homestay selama berada di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)