Gua Jomblang: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Gua Jomblang atau Goa Jomblang terletak di dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kab. Gunung Kidul.  Di Daerah Istimewa Yogyakarta, memang ada banyak sekali tempat wisata yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata buatan, wisata air, wahana menantang, dan lain sebagainya. Salah satu tempat yang kental dengan wisata adalah Gunung Kidul yang terdapat di Jogja.

gua-jomblang

Di kawasan gunung ini, terdapat beberapa destinasi wisata alam seperti goa. Di antara banyaknya wisata goa di sana, ada satu yang menarik perhatian yaitu Gua Jomblang atau Goa Jomblang. Gua Jomblang sendiri menjadi ikon geopark di Gunung Sewu setelah ditetapkan secara resmi sebagai bagian dari Geopark Network. Pada tahun 2011, destinasi wisata yang satu ini bahkan pernah dipakai sebagai lokasi syuting TV game show asal Amerika.

Wisata Gua Jomblang

wisata-gua-jomblang-1

Daya Tarik

1. Bentuk Goa yang Unik

Bentuk dari goa ini berbentuk vertikal karena permukaan yang dulunya tanah telah runtuh. Tanah yang runtuh pada area tersebut kemudian membuat tanaman di atasnya jatuh. Namun di bawah telah tumbuh dengan subur dan membentuk kesan hutan di dalam goa.

2. Hutan di Dalam Goa

Salah satu keunikan dari goa ini adalah terdapat hutan lebat di dalamnya. Hutan ini disebut warga sekitar dan terkenal secara luas dengan nama Hutan Purba. Hutan ini merupakan bekas tanaman yang tumbuh subur dari atas, namun karena terjadi tanah runtuh, maka tanaman tersebut jatuh dan tumbuh subur di dalam goa. Sesuai namanya, ketika Anda tiba di dasar goa, Anda akan melihat berbagai macam tumbuhan besar nampak seperti tanaman purba.

3. Sinar Matahari yang Menawan

Selain hutan yang lebat dan indah dipandang, terdapat juga momen di mana sinar matahari masuk melalui cela-cela hutan yang membuat indah dari bawah. Bahkan di momen tersebut dinamai sebagai “Cahaya dari surga” oleh wisatawan yang berkunjung.

4. Mengukir Cerita Petualangan di Dalam Goa

Ketika Anda sedang berada di wisata Gua Jomblang, Anda bisa melakukan kegiatan menyelusuri area goa yang aman dengan pemandangan indah. Namun untuk bisa menikmati fitur ini, Anda harus memilih beberapa paket. Mulai dari akses VIP, A, B, dan C.

Akses VIP memungkinkan Anda untuk menyelusuri dengan berjalan kaki dan turun dari ketinggian 20 meter, paket C setinggi 40 meter, sedangkan B setinggi 60 meter, serta yang terakhir paket A dengan tinggi 80 meter. Di sana juga terdapat lorong sekitar panjang 300 meter yang dihiasi dengan Kristal, stalaktit, dan stalagmite.

Fasilitas

Meski berbasis wisata alam yang berkesan “Terlalu alami”, banyak orang yang berpikir fasilitas yang ada di sana kurang memadai. Tapi faktanya tidak, di sana ada kamar mandi atau toilet, tersedia juga resor, musholla, penitipan barang, dan lokasi parkir yang cukup luas. Tidak usah bingun ketika ingin menyelusuri goa karena di sana juga terdapat pemandu yang ahli dan aman dengan peralatan Single Rope Tehnique.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Gua Jomblang

Anda bisa mengunjungi Gua Jomblang setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi sampai 14.00 sore. Untuk harganya sendiri bisa dikatakan setimpal dengan fasilitas dan pengalaman yang dirasakan, beberapa orang mungkin berpikir sedikit mahal. Yakni sekitar Rp 450 ribu sampai 1 juta per orang.

Sebenarnya biaya masuknya sendiri tidak perlu membayar, namun perlu izin terlebih dahulu pada Kepala Dukuh dengan catatan memiliki alat perlengkapan tersendiri. Untuk biaya parkir sebesar Rp 3 ribu untuk roda dua, sedangkan untuk mobil sebesar Rp 5 ribu. Info di atas bisa berubah tergantung pengelola wisata.

Akses dan Rute Gua Jomblang

Tidak perlu khawatir tersesat ketika hendak ke Gua Jomblang karena di Google Maps sudah tersedia peta dan rutenya. Lokasi lengkapnya adalah Dusun Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kab. Gunung Kidul, DIY. Rute dari Joga sendiri cukup terjangkau, namun penuh belokan.

Dari pusat 0 kilometer Jogja, arahkan kendaraan ke timur melalui Jalan Panembahan Senopati, lurus sampai ke Jalan Kusumanegara. Sampai menemukan perempatan, arahkan ke selatan melalui Jalan Gedong Kuning. Bertemu perempatan lagi, belok ke timur melalui Jalan Wonosari. Terus sampai ke Jalan National RTE 3 serta Jalan Jogja-Wonosari.

Lurus sampai menemukan pertigaan, kemudian arahkan ke Jalan Kyai Legi. Lewati Jalan KRT Judodiningrat, kemudian ikuti jalan yang ada sampai menemukan papan nama Gua Jomblang. Jarak dari 0 Kilomoter kota Jogja sendiri sampai ke Gua Jomblang ini sejauh kurang lebih 49 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit.

Dengan mempertimbangkan lokasi wisata ini, jika Anda berniat untuk menginap selama di Jogja, pastikan bahwa Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata ini.

Tips Wisata Gua Jomblang

  1. Pastikan kesehatan tubuh tetap terjaga.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera, disarankan membawa yang berkualitas karena di sana akan bermain dengan cahaya.
  3. Pastikan peralatan keamanan benar-benar baik dengan pemandu yang berkualitas.
  4. Jangan lupa untuk berfoto di bawah cahaya surga khas Gua Jomblang.
  5. Datanglah ketika cuaca sedang cerah.
  6. Jangan membuang sampah sembarangan, khususnya di dalam goa.

Gua Jomblang menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda pecinta goa dan alam. Penampakan alam yang ada di dalam goa ini juga sangat indah. Ketika sedang berada di Jogja, jangan lupa untuk mampir ke Gua Jomblang.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)