Grojogan Lepo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Grojogan Lepo atau Air Terjun Lepo  – Bantul sepertinya memang tak pernah berhenti menghadirkan tempat wisata yang wajin untuk dikunjuni. Wisata air terjun merupakan salah satu contoh wisata alam yang recommended bagi anda para pecinta petualang karena biasanya dibutuhkan perjalanan setapak melalui sawah, perbukitan, sungai dan juga menjelajah hutan untuk bisa menuju lokasi wisata. Kota Bantul memiliki wisata air terjun yang populer yakni Grojogan Lepo

Grojokan-Lepo

Grojogan Lepo ini merupakan wisata alam yang berupa air terjun mini. Hal ini karena ketinggian air terjun tidak seperti kebanyakan air terjun yang lain. Meskipun tidak terlalu tinggi namun wisata alam Bantul ini menawarkan panorama alam yang sangat memukai. Grojogan Lepo mengalir menuju kolam yang bisa digunakan untuk berenang maupun berendam.

Daya Tarik :

Air-Terjun-Lepo

Objek wisata alam ini dibuka sejak tahun 2013 silam. Kawasan wisata ini biasanya ramai oleh pengunjung terutama pada saat weekend. Air terjun ini masih sangat lami sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Grojogan Lepo ini terdiri atas beberapa tingkatan air terjun dalam satu aliran sungai. Yang pertama terletakdi samping penarikan sumbangan. Grojogan yang pertama ini memiliki ketinggian sekitar 1 meter. Di bagian bawah air terjun terdapat cekungan alami yang memiliki bentuk seperti kolam. Biasanya kolam ini menjadi tempat yang nyaman untuk mandi ataupun berenang. Pemandangan yang ditawarkan di grojogan ini terbatas karena hanya mampu melihat aliran sungai.

Selanjutnya grojogan yang kedua, terletak di bawah air terjun pertama. Grojogan yang kedua ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, lebih tinggi dari pada grojogan pertama. Air terjun ini merupakan daya tarik bagi para pengunjung karena nampak indah dan menawan. Air terjun melebar yang dimilikinya mengalir membentuk sebuah tirai kecil akibat pengendapan kapur yang larut di dalam air.

Di bawah air terjun yang kedua terdapat kolam yang cukup menarik. Kolam ini memanjang kurang lebih sejauh 30 m dengan kedalaman kurang dari 1 m. Aliran sungai di grojogan ini sengaja dibendung agar dapat dimanfaatkan untuk berenang maupun sekedar mandi dengan nyaman.

Grojogan ketiga memiliki daya tarik sendiri yang tak kalah dari grojogan pertama maupun grojogan kedua. Grojogan ketiga ini memiliki ketinggian yang tidak jauh berbeda dengan grojogan kedua. Air terjun yang mengalir pun juga mirip dengan air yang mengalir di grojogan kedua. Yang menarik dari air terjun ini adalah adanya batuan yang terdapat pada dinding sekitar grojogan. Batuan ini memiliki bentuk seperti persegi panjang dan tersusun rata.

Di bawah grojogan ketiga tersebut juga terdapat kolam yang aman bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan waktu untuk berenang. Namun disarankan bagi mereka yang sudah pandai berenang saja dan harus selalu berhati-hati.

Fasilitas :

  • Warung makan dan minum
  • Tempat penyewaan tikar
  • Kamar mandi
  • Aula untuk acara pertemuan
  • Tempat penyewaan pelampung
  • Area parkir

Jam Buka dan Harga Tiket :

Objek wisata alam Bantul ini buka setiap hari pukul 07.00 hingga pukul 17.00

Adapun harga tiket masuk wisata air terjun ini adalah gratis. Hanya saja bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi diharapkan untuk membayar biaya parkir. Biaya jasa parkir biasanya adalah Rp 2.000 per sepeda motor dan Rp 10.000 per mobil.

Akses dan Rute :

Objek wisata Grojogan Lepo memiliki lokasi yang mudah ditemukan. Akses jalan menuju lokasi air terjun ini pun juga mudah dijangkau. Lokasi tepat wisata Grojogan Lepo adalah di dsn. Pokoh, ds. Dlingo, kec. Dlingo, kab. Bantul, DIY.

Rute untuk menuju lokasi wisata alam Grojogan Lepo ini bisa diambil dari arah pusat kota Jogjakarta. Dari pusat kota anda dapat menuju ke timur menuju jalan kolonel sugiono. Selanjutnya jalan lurus hingga menemukan pertigaan dan ambil arah selatan menunju jalan sisingamangaraja. Dari situ jalan terus menuju jalan imogiri barat. Lalu anda akan menjumpai sebuah pertigaan dan ambil arah ke timur menuju jalan makam raja.

Dari jalan tersebut anda tinggal mengikuti jalan hingga menemukan lokasi wisata Grojogan Lepo. jarak yang ditempuh untuk menuju lokasi wisata air terjun Bantul ini dari pusat kota Jogja adalah sekitar 28,9 km. Dibutuhkan waktu tempuh sekitar 59 menit dengan kendaraan normal sepeda motor atau roda dua.

Tips Berwisata ke Grojogan Lepo :

  1. Gunakan alas kaki dan juga baju yang nyaman karena dibutuhkan perjalanan setapak untuk menuju lokasi wisata.
  2. Bawalah baju ganti bagi anda yang ingin mandi atau berenang di kolam grojogan.
  3. Pastikan anda berkunjung pada saat cuaca cerah agar air terjun yang turun nampak jernih.
  4. Bawalah bekal dan obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan.

Jadi jika Anda menginap di sebuah homestay selama berada di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata Grojokan Lepo Yogyakarta

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)