Desa Wisata Krebet : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Desa Wisata Krebet – Sudah bukan hal baru lagi bahwa kota Yogyakarta memang sangat istimewa. Kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari wisata sejara, wisata budaya, wisata alam dan juga kerajinan. Kota Jogja memang selalu dipadati oleh para pengunjung setiap harinya. Terlebih pemerintah kota Jogja pun juga sering mengupdate desa-desa yang ada menjadi desa wisata. Terdapat banyak desa wisata Jogja yang menawarkan keunikan masing-masing.

Kesenian-Desa-Wisata-Krebet

Salah satu desa wisata di Jogja yang recommended untuk dikunjungi adalah Desa Wisata Krebet. Desa wisata ini menawarkan berbagai keunikan dibandingkan dengan wisata lain yang ada di kota Jogja. Desa ini adalah sebuah desa pengrajin batik dari bahan kayu. Batik kayu di desa ini merupakan sumber penghasilan utama bagi para warga sekaligus menjadi icon bagi Desa Wisata Krebet.

Daya Tarik :

Air-terjun-di-Desa-Wisata-Krebet

1. Pesona batik kayu

Desa wisata ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan yang lainnya. Jika pada umumnya batik digambar di atas kain maka di desa ini menggunakan alas kayu untuk menggambar batik. Tentunya hal unik ini menjadi daya tarik luar biasa karena siapa yang mendengarkan akan merasa penasaran dan ingin datang ke dusun Krebet.

Warga desa memang sangat kreatif hingga akhirnya mereka memanfaatkan kayu sebagai media untuk menggambar batik. Batik-batik hasil karya para warga di kayu ini nampak sangat cantik bahkan memiliki nilai tinggi. Banyak para wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang terpesona dengan keindahan batik kayu ini dan membelinya sebagai oleh-oleh.

Proses membatik yang dilakukan masyarakat dengan menggunakan media kayu ini pastinya sangat membutuhkan keterampilan. Pola di atas kayu akan cukup sulit karena dbuat dengan cara manual. Masyarakat yang membatik dengan kayu ini membutuhkan tingkat ketelitian yang cukup tinggi agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

Desa Wisata Krebet ini menawarkan motif kayu yang sangat beragam misalnya motif parangrusak, motif parangbarong, sidorahayu, kawung, garuda dan motif-motif unik lainnya. Berbagai motif yang dibuat disini memang nampak memiliki nilai estetika yang tinggi. Bagi anda yang mungkin pecinta seni maka karya dari Desa Wisata Krebet ini perlu anda abadikan dirumah.

Bukan hanya sekedar menawarkan kerajinan batik saja, namun Desa Wisata Krebet ini juga berhasil membuat berbagai produk kerajinan seperti wayang, topeng, aksesoris rumah tangga, almari, hiasan batik kayu, kotak perhiasan dan barang lainnya. Beragam hasil karya batik kayu ini dapat anda miliki dengan kisaran harga terjangkau hingga jutaan.

Desa Wisata Krebet ini juga menawarkan kerajinan membel kayu dan bambu, genteng kayu, tatah sungging dan kerajian lain dalam skala kecil misalnya irus, pisau dapur dan bahan tikar ayam.

Desa wisata Jogja ini sudah banyak menghasilkan karya kerajinan. Selain itu, desa  ini juga memiliki sekitar 40 sanggar yang bisa digunakan untuk berlatih membuat batik kayu. Para warga desa sangat ramah sehingga pengunjung pun akan merasa nyaman dan betah.

2. Tradisi Upacara Merti

Desa Wisata Krebet masih terkenal dengan adatnya yang unik dan kental. Mereka rutin menyelenggarakan upacara Merti Dusun Krebet. Menurut cerita, upacara ini adalah bentuk ungkapan syukur para warga pada Tuhan YME atas segala hasil bumi yang melimpah.

Upacara metri berlangsung dengan mengarak gununan berisi bahan makanan pokok sembari menyusuri jalan yang ada di dusun Krebet. Setelah gunungan tiba di pendapa selajutnya diserahkan kepada sang sesepuh dan didoakan. Gunungan tersebut akhirnya dibagikan pada para warga.

3. Seni Budaya

Desa Wisata Krebet ini sangat kental dengan budayanya. Terdapat beberapa acara seni maupun bidaya yang sering ditampilkan misalnya seperti Karawitan, Jathilan dan juga Sekat Ali Macopot yang populer di desa tersebut.

Jathilan sendiri adalah kesenian yang mempersatukan kekuatan medis dengan tarian. Para penari akan kerasukan oleh makluk/roh halus yag dapat bergerak dengan mengikuti irama musik. Dalam kasus ini pun juga ada yang menyatakan bahwa saat jathilan para jathil dapat memakan benda tajam misalnya silet kaca atau benda tajam lainnya.

Seni budaya lain yang ada di sini adalah karawitan. Karawitan adalah seni musik yang memiliki cita rasa lengkap, tinggi dan hanya terdapat di Tanah Air. Desa Wisata ini menyediakan kursus khusus bagi anda yang ingin belajar karawatan.

Ada satu lagi Sekat Ali Macopot yang merupakan lagu tradisional asal Jawa yang biasanya dimainkan saat zaman Kerajaan Demak dan Majapahit. Kesenian ini biasanya berisi tentang lagu-lagu kemudian dinyanyikan sesuai dengan kitab pada masa Mataram Baru.

Fasilitas :

  • Tempat membatik
  • Warung makan dekat pantai
  • Kerajinan batik kayu
  • Pertunjukkan seni budaya

Jam Buka dan Harga Tiket :

Desa wisata ini buka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00

Adapun harga tiket masuk wisata desa Krebet ini adalah gratis.

Akses dan Rute :

Wisata alam ini terletak di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, Yogyakarta.

Adapun akses untuk menuju lokasi wisata bisa anda gunakan Google Map dan tuliskan Desa Wisata Krebet.

Tips Berwisata :

  • Datanglah bersama rombongan dan pelajari kerajinan batik yang unik di desa ini.
  • Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh batik kayu untuk keluarga di rumah.

Langsung agendakan liburan ke v dan pesan tempat menginap dengan memilih homestay Jogja terbaik. Untuk menambah kesan liburan Anda disini, abadikan momen-momen Anda di pantai ini bersama keluarga terdekat Anda. Selamat berlibur.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)