Desa Wisata Kalibiru: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Ada banyak lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi di daerah Kulonprogo, Jogja. Mulai dari wisata pantai yang indah, wisata alam yang menakjubkan, sampai wisata kuliner pun juga tersedia. Berbagai macam wisata ada di sana seperti gua, air terjun, puncak atau bukit, waduk, dan lain sebagainya. Salah satu destinasi wisata alam terbaik yang ada di sana adalah Desa Wisata Kalibiru yang terkenal dengan nuansa alamnya yang menakjubkan.

Desa-Wisata-Kalibiru

Credit Foto:

https://www.instagram.com/p/BmCh9tKBfnJ/

Kalibiru dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup terkenal jika Anda sedang berada di Kab. Kulonprogo. Wisata hutan yang ada di sana cukup menarik karena memiliki kesan alami yang sangat natural. Meski memiliki pengunjung yang terbilang cukup banyak, namun tidak mengubah suasana alami hutan yang ada di sana.

Desa Wisata Kalibiru

Daya Tarik

1. Tanah Bergelombang Dikeliling Perbukitan

Lokasi Desa Wisata Kalibiru memang cukup unik dan menarik. Tanahnya bergelombang atau tidak merata dan ini membuat pemandangan menarik karena terbentuknya banyak perbukitan di sana, baik bukit tinggi maupun rendah. Perbukitan ini termasuk dalam area hutang lindung.

2. Cocok Untuk Pecinta Ketinggian

Salah satu hal yang menarik dari perbukitan yang ada di Desa Wisata Kalibiru adalah bukitnya yang tinggi. Ketinggiannya bisa mencapai 450 meter dari permukaan laut dan ini sudah termasuk dalam kategori cukup tinggi. Bahkan membuat Anda bisa merasakan hawa sejuk pegunungan dan awan rendah yang menawan. Di sana juga terdapat sebuah jembatan kayu yang sangat tinggi dengan panjang jalur mencapai 50 meter dan 85 meter. Tempat wisata ini sangat cocok untuk memacu adrenalin pecinta ketinggian.

3. Pemandangan Alam yang Memukau

Wisata-Desa-Wisata-Kalibiru-1

Dari bawah mungkin tidak terlalu mempesona karena hanya akan melihat hutan di mana-mana, tetapi ketika Anda bera di puncak bukit, maka akan terlihat pemandangan yang luar biasa. Hamparan hutan hijau terlihat membentang bergelombang karena tanahnya yang tidak rata. Terdapat juga pemandangan waduk Sermo di tengah-tengah yang menambah keindahan pemandangan di sana.

4. Spot Foto dan Objek-Objek Wisata yang Menarik

Di sana disediakan beberapa spot foto untuk Anda yang suka berfoto-foto. Terdapat pohon pinus yang tinggi dan uniknya, pohon tersebut berada di tepi jurang yang batangnya dipasang papan kayu dengan tangga gantung. Di sana juga terdapat wahana-wahana menarik yang bisa Anda coba seperti Flying Fox dan High Rope.

5. Tidak Suka Ketinggian? Masih ada Hal Seru yang Bisa Dicoba

Untuk Anda yang tidak suka dengan ketinggian mengingat wahana yang dan tempat yang disediakan di sana identik dengan tinggi, maka Anda bisa mencoba jalur tracking khusus. Terdapat beberapa pilihan untuk menyelusuri track ini, mau memilih track pendek atau panjang yang bisa disesuaikan. Tentu saja Anda masih bisa merasakan udara sejuk di bagian bawah karena masih sangat terjaga dari populasi udara.

Fasilitas

Untuk sebuah tempat wisata yang cukup luas, fasilitas yang disediakan sangat memadai. Di sana terdapat pondok, aula joglo, gardu pandang, toilet, mushola, dan warung makan. Di sana juga tersedia penginapan-penginapan untuk Anda yang ingin bermalam dengan warga setempat yang ramah. Untuk fasilitas wahananya sendiri dijaga dengan baik yaitu perlengkapan Flying Fox dan juga High Rope. Untuk yang suka berinternet ria juga tidak perlu khawatir, di sana juga tersedia area khusus dengan Hotspot gratis.

Jam Buka dan Harga Tiket

Ada banyak hal yang mesti dibayar ketika menargetkan Desa Wisata Kalibiru sebagai tempat berwisata Anda, tetapi semuanya tidaklah mahal. Untuk masuk ke area Desa Wisata Kalibiru, Anda harus membayar tiket masuk Rp 5 ribu per orang untuk hari biasa dan di hari akhir pekan mencapai Rp 10 ribu per orang. Biaya parkirnya sendiri cukup Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Ketika berada di dalam dan tertarik untuk mencoba wahana dan fiturnya, Anda harus mengeluarkan uang. Untuk Spot High Rope Rp 30 ribu dan spot foto sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu.

Akses dan Rute

Rutenya bisa Anda temukan di Google Maps. Dari pusat Jogja, menuju ke Jalan Mayor Suryotomo, kemudian ke arah barat ketika perempatan melalui Jalan Panembahan Senopati. Terus sampai ke Jalan Jogja-Wates. Menemui perempatan, pergi ke Jembatan Gamping di selatan. Ke barat melalui Jalan Ringroad Barat. Lanjut ke Jalan Jogja-Wates, ambil selatan Jalan Wates-Purwerejo, ambil barat ke Jalan Sentolo-Brosot. Terus k eke pertigaan dan ambil arah barat ke Jalan Pengasih. Ikuti jalan sampai ke Jalan Lkr. Sermo, sampai ke Jalan Kalibiru-Clapar. Ikut terus jalan yang ada hingga sampai ke lokasi.

Dengan mempertimbangkan lokasi wisata ini, jika Anda berniat untuk menginap selama di Jogja, pastikan bahwa Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata ini.

Tips Wisata Desa Wisata Kalibiru

  1. Jagalah kesehatan.
  2. Pergi di waktu pagi dan sore hari.
  3. Jangan lupa membawa kamera.
  4. Pergi bersama rombongan lebih seru.
  5. Jangan membuang sampah sembarangan.

Jika Anda pecinta alam yang menyukai pemandangan indah dari ketinggian serta mencoba wahana yang identik dengan ketinggian, maka cobalah untuk pergi ke destinasi wisata Kalibiru ini ketika sedang berada di Jogja.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)