Desa Kedung Miri: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Anda berencana liburan di mana kali ini? Kami sarankan untuk datang ke Desa Wisata Kedung Miri yang terkenal dengan spot-spot alam yang menakjubkan. Lokasinya yang luas membuat wisatawan yang datang berkunjung bebas untuk menjelajah lebih jauh. Lokasinya berada di Bantul, sebelah selatan Jogja.

kedung-miri

Suasana yang ada di sana benar-benar berbeda dari tempat wisata alam lainnya karena menyajikan pemandangan yang indah. Biasanya para pelancong singgah ke sini setelah mengunjungi makam para Raja Jogja yang tidak jauh dari Desa Kedung Miri. Lokasinya sangat strategis dengan pemandangan indah karena berdekatan dengan sungai Oyo yang memiliki air jernih dan pemandangan indah.

Sejarah dari desa ini cukup unik, warga sekitar dulu menggunakan lahannya sebagai tempat menggembala yang cukup subur. Datanglah seorang pengikut dari Bangsawan Ki Rajek Wesi yang memilih untuk membangun tempat tinggal di sana daripada pulang ke asalnya.

Desa Kedung Miri

wisata-kedung-miri-1

Daya Tarik

1. Memiliki Jembatan yang Unik

Ada jembatan yang dikenal sebagai jembatan kayu yang menghubungkan antara desa Selopamioro dan Sriharjo. Jembatan ini disebut sebagai Jembatang Kuning Imogiri yang memiliki panjang 70 meter dan membentang dari ujung ke ujung Sungai Oyo. Di jembatan ini lah yang menjadi salah satu daya tarik untul berselfie karena memiliki latar sungai Oyo dengan keindahan alamnya yang sudah sangat terkenal.

2. Goa atau Song Dengan Satwa Liar

Di sana terdapat goa atau disebut juga sebagai song. Goa atau song ini biasanya ditempati oleh satwa liar. Demi keamanan pengunjung, tidak dibenarkan untuk menjelajah goa mengingat terdapat hewan liar di dalamnya. Goa ini banyak di Desa Kedung Miri, ada yang disebut Song Landak, Song Compleng, Song Gogor, Song Watu Lawang, dan lain sebagianya.

3. Dua Bukit yang Menawan

Di sana, Anda bisa menyaksikan keindahan Bukit Manjlung dan juga Bukit Sangupati dari kejauhan. Eksotis alamnya yang menawan membuat kedua bukit ini banyak disukai oleh pelancong yang datang. Anda bisa naik ke atas bukit dan menikmati pemandangan dari ketinggian. Panorama alamnya yang memukau menjadi tujuan utama para pendaki bukit.

4. Curug Pancuran

Desa Kedung Miri memang merupakan tempat yang memiliki jenis-jenis wisata yang banyak. Tidak hanya goa dan bukit, namun Anda juga bisa menikmati air terjun menawan. Air terjun ini terletak di Selopamioro.

5. Memiliki Wahana yang Menantang dan Menarik

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini, apalagi bersama teman ramai-ramai. Salah satunya adalah aktivitas arung jeram yang bisa dicoba bagi yang suka wahana menantang adrenalin. Wahana yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualangan tinggi karena debit air di Desa Kedung Miri juga cukup deras. Selain itu, Anda juga bisa mencoba aktivitas memancing di Sungai Oyo.

Fasilitas

Desa Kedung Miri sendiri memiliki fasilitas yang sangat memadai mengingat di sana terdapat banyak wisata-wisata bagian yang dikunjungi wisatawan. Di sana terdapat penginapan bagi Anda yang ingin bermalam. Uniknya, penginapan ini adalah rumah para warga di sana yang ramah.

Karena terletak di tengah-tengah pemukiman warga Desa Kedung Miri, tentu saja fasilitas di sana sama dengan apa yang ada di desa-desa pada umumnya. Ada WC, kamar mandi, musholla, area parkir, dan lain sebagainya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Anda bisa menikmati wisata-wisata yang ada Desa Kedung Miri kapanpun Anda mau karena terbuka selama 24 jam. Untuk bisa masuk ke wilayah Desa Kedung Miri sebenarnya tidak perlu membayar, namun beberapa fasilitas yang ada di dalamnya beserta wisata di sana ada beberapa yang mengharuskan dibayar. Seperti misalnya wisata edukasi Gamelan Jogja yang mengharuskan membayar Rp 35 ribu per orang.

Akses dan Rute

Untuk bisa mengunjungi desa ini, Anda bisa mengunjunginya dengan alamat lengkap yakni Dusun Kedungmiri Wunut, Desa Kedungmiri, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, DIY. Rutenya tidak susah untuk ditempuh dan sangat mudah untuk sampai ke sana. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan tempat wisata-wisata terkenal lainnya di Imogiri.

Dari pusat Jogja, cukup arahkan kendaraan Anda ke Jalan Ring Road Selatan sampai memasuki wilayah Desa Panggang atau dikenal juga sebgai Desa Siluk. Dari sini, lokasinya berdekatan dengan Desa Kedung Miri yang bisa Anda tanyakan pada warga sekitar.

Dengan mempertimbangkan lokasi wisata ini, jika Anda berniat untuk menginap selama di Jogja, pastikan bahwa Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata ini.

Tips Wisata Desa Kedung Miri

  1. Pastikan kesehatan Anda benar-benar maksimal karena berkunjung di sana memerlukan banyak waktu mengingat destinasi wisata yang banyak.
  2. Jangan lupa membawa peralatan yang diperlukan, seperti charge, pakaian ganti, dan lainnya apalagi jika berminat untuk menginap.
  3. Jangan lupa membawa kamera untuk berfoto bersama.
  4. Lebih seru berpegian bersama teman-teman, pasangan, atau keluarga.
  5. Pastikan cuaca ketika Anda hendak pergi sedang cerah agar perjalanan wisata Anda tidak terganggu.
  6. Bisa membawa bekal sendiri, atau membeli jajanan di sana atau bisa juga memasak sendiri.
  7. Jangan membuang sampah sembarangan.

Desa Kedung Miri merupakan salah satu tempat destinasi yang di dalamnya memiliki banyak wahana-wahanan dan wisata bagian yang bisa Anda coba. Untuk Anda pecinta wisata alam, jangan lupa untuk berkunjung ke sana ketika sedang berada di Jogja.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)