De Arca Museum: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – De Arca Museum merupakan wisata museum patung pertama di Indonesia. Museum ini menjadi destinasi wisata seru yang memiliki nilai fungsi tinggi yakni selain bagus untuk tempat berlibur juga tepat dalam mendidik para wisatawan yang datang untuk menambah pengetahuan. Tempat wisata ini mengusung konsep yang sama dengan Museum Patung Lilin Madam Tussaud yang terdapat di negara Hongkong.

de-arca-museum

Patung-patung yang terdapat di museum ini merupakan hasil karya para seniman asal Yogyakarta yaitu Dunadi. Ia membuat patung figur yang persis dengan tokoh aslinya bahkan dengan gestur yang sama pula. Patung tersebut dibuat dari bahan lilin dan memakai getah atau resin dari tumbuhan kemudian disesuaikan dengan iklim di Yogyakarta.

Wisata De Arca Museum

Daya Tarik

Nilai budaya yang kental di kota Yogyakarta menjadi unsur dari penataan ruangan sehingga membedakannya dengan berbagai museum lainnya. Terdapat berbagai macam jenis patung yang dipasang di ruangan museum ini.Salah satunya yakni patung Spiderman yang mengenakan baju adat kota Jogja yang memiliki daya tarik tersendiri di mata para pengunjung.

Selain itu, juga terdapat berbagai patung tokoh terkemuka dari Indonesia maupun asal luar negeri. Mulai dari presiden, penyanyi, pahlawan dan juga pemain bola. De Arca Museum dibagi menjadi tiga zona yakni zona presiden dunia, zona tokoh nasional dan juga zona tokoh dunia.

wisata-de-arca-museum-1
Credit Foto:
https://www.instagram.com/p/Bu6fFxqAKbn/

Pada zona tokoh presiden terdapat patung para pemimpin negara yang dibuat dengan berbagai pose. Diantaranya presiden Soekarno, Bj. Habibie, Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, Ratu Elizabeth II, dan juga presiden Barack Obama yang nampak gagah.

Adapun pada zona tokoh nasional terdapat patung Mbah Maridjan, Dahlan Iskan, Cut Nyak Dien, R.A. Kartini, Pangeran Diponegoro, serta beberapa tokoh nasional lainnya. Sedangkan pada zona ketiga terdapat patung para tokoh dunia seperti Brad Pitt, Cristiano Ronaldo, Michael Jackson, Dalai Lama, Jackir Chan dan juga Hitler. Di zona ini pun juga terdapat replika Captain Amerika, bajak laut Jack Sparrow, Thor, Hulk dan tokoh lainnya.

Daya Tarik Wisata De Arca Museum Lainnya

Daya tarik lain dari De Arca Museum ini yaitu keberadaan spot foto yang unik dan menarik untuk dicoba. Para pengunjung dapat berselfie ria di spot foto yang bertemakan tiga dimensi.

Para wisatawan yang berkunjung di museum  ini tidak hanya sekedar melihat deretan patung lilin dari para orang terkemuka saja, namun juga dapat mengambil gambar bersama patung-patung tersebut. Dengan demikian, wisatawan seolah-olah berfoto langsung dengan tokoh yang pada dasarnya hanya patung yang sangat mirip dengan tokoh asli.

Fasilitas

  • Kamar mandi/ toilet
  • Kantin
  • Mushola
  • Costum dan properti
  • Area parkir yang luas
  • Merchandise store
  • Spot foto menarik
  • Snack counter

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai pukul 15.00 atau pukul 22.00 menurut ketentuan hari.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat wisata Jogja yang satu ini maka akan dikenai tarif biaya masuk dengan rincian sebagai berikut :

  • Hari Senin – Jumat pukul 10.00 – 15.00 WIB : Rp 35.000
  • Hari Senin – Jumat pukul 15.00 – 22.00 WIB : Rp 50.000
  • Hari Sabtu – Minggu pukul 10.00 – 22.00 WIB : Rp 60.000
  • Untuk anak usia di bawah 5 tahun : gratis

Adapun tarif biaya parkir di museum ini yaitu :

  • Sepeda Motor: Rp 2.000
  • Mobil: Rp 5.000
  • Bus: Rp 15.000

Akses dan Rute

Objek wisata museum Yogyakarta ini terletak di jalan Veteran, kec.Umbul Harjo, Gedung XT Square, Yogyakarta. Aksesibilitas jalan menuju lokasi wisata mudah dijangkau karena sudah layak dan bagus.

Adapun rute menuju De Arca Museum ini bisa diambil dari arah pusat kota Yogyakarta. Dari pusat kota tersebut anda dapat menuju ke timur melewati jalan Ahmad Dahlan kemudian ambil arah jalan menuju Pangurakan. Setelah bertemu dengan pertigaan ambil arah selatan menuju jalan Batikan, dari situ anda dapat ambil jalan lurus hingga bertemu pertigaan lagi dan ambil arah ke timur menuju jalan Babaran.

Selanjutnya, anda akan menemukan sebuah perempatan dan ambil arah selatan menuju jalan Pandeyan. Lalu akan ada pertigaan dan ambil arah ke timur menuju jalan Veteran. Anda dapat mengikuti arah jalan yang ada hingga bertemu dengan lokasi De Arca Museum.

Jarak tempuh dari pusat kota Jogja menuju Museum De Arca berkisar 3,9 km dan ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit menggunakan kecepatan normal dari kendaraan bermotor.

Tips Berwisata ke De Arca Museum

  • Jangan lupa membawa kamera atau mengisi daya baterai HP dengan penuh untuk mengabadikan momen di museum.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan santai agar aktivitas eksplore museum dapat leluasa.
  • Segera agendakan liburan di Yogyakarta sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay murah di Jogja agar wisata anda lebih mengasyikkan. ^_^
Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)