Curug Sidoharjo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Wisata di Jogja memang tidak pernah ada habisnya. Jogja bukan hanya memiliki destinasi wisata budaya, ataupun kuliner, tetapi Jogja juga memiliki destinasi wisata alam seperti Air Terjun Sidoharjo atau Curug Sidoharjo ini misalnya. Curug ini berada di Kabupaten Kulon Progo, letaknya tidak jauh dari wisata alam Kalibiru.

Curug-Sidoharjo

Curug Sidoharjo adalah terjun yang berada di desa Sidoarjo, samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. Dalam bahasa Jawa, Curug memiliki arti air terjun. Berbeda dengan objek wisata lain yang bisa dikunjungi serta dinikmati sepanjang tahun, curug satu ini hanya ramai pengunjung ketika musim hujan saja.

Daya Tarik Wisata Curug Sidoharjo

Air-Terjun-Sidoharjo

1. Menikmati indahnya air terjun sangat tinggi

Curug ini merupakan Curug paling tinggi di Kulon Progo. Dengan kenyataan seperti itu, bagi Anda semua yang sedang berkunjung langsung dihadapkan pemandangan air terjun yang jatuh dengan aliran yang menenangkan. Selain it, airnya yang bersih  bersih juga bisa menyegarkan pikiran anda.

2. Bermain air di sekitar air terjun

Daya tarik yang kedua yang dihadirkan dari Curug satu ini yaitu Anda bisa bermain sepuasnya di sekitaran Curug. Air yang mengalir dengan deras, dan sangat jernih tersebut bisa Anda manfaatkan untuk bermain bersama dengan teman-teman. Hal  ini tentu akan menghadirkan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan bagi Anda dan teman-teman semua.

3. Menikmati pemandangan yang indah

Datang ke sebuah tempat wisata satunya yaitu supaya bisa menikmati pemandangan yang indah. Pemandangan yang indah, bisa membuat pikiran kita semakin segar. Untuk itu, bagi Anda semua yang sedang berkunjung ke Curug ini, manfaatkan momen sebaik mungkin untuk menikmati hamparan pemandangan yang  masih sangat Asri dengan air terjun di tengahnya.

Curug ini memiliki panorama yang mengagumkan. Lokasi ini belum dikembangkan sepenuhnya sebagai tempat wisata. Air terjun dari Curug yang setinggi 75 m dengan kemiringan  90° tentu akan menghasilkan sensasi yang berbeda.

Warna airnya yang biru, jernih serta suasana yang sangat alami menjadikan setiap pengunjung betah untuk berlama-lama di Curug ini. Di sekitaran Curug, tampak pepohonan hijau dan aneka jenis bunga yang turut menghiasi kawasan ini

4. Masih banyak satwa liar

Selain banyaknya tumbuhan, ternyata banyak juga satwa yang menghuni tempat ini masih sangat sering terlihat kera panjang dan anjing. Spot paling indah menikmati keindahan Curug ini yaitu di atas tebing.

Tentu, untuk bisa mencapai puncak Anda semua harus menaklukkan medan yang terjal serta licin. Jika anda merupakan orang yang kurang berani, sebaiknya Anda tidak usah naik ke atas puncak cukup menikmati pemandangannya dari bawah saja.

 Fasilitas Curug Sidoharjo

Meskipun tempat wisata satu ini masih dalam pengelolaan oleh Dinas Pariwisata Kulon Progo. Namun,  sudah ada beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Curug Sidoharjo. Seperti tempat wisata pada umumnya, curug Sidoharjo ini juga menghadirkan beberapa fasilitas diantaranya, lahan untuk parkir kendaraan, toilet atau MCK.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Curug Sidoharjo

Setiap tempat wisata tentu memiliki peraturan atau regulasi terkait dengan jam buka dan harga tiket masuknya. Hal ini juga berlaku, ketika Anda semua berkunjung ke Curug satu ini. Curug yang terletak di kabupaten Kulonprogo ini menetapkan jam buka setiap hari dimulai dari jam 09.00 Hingga jam 05.00 sore.

Anda bisa datang ke sana dengan teman-teman, keluarga serta orang-orang tersayang Anda lainnya. Ajaklah mereka semua untuk menikmati indahnya lukisan alam dari Kulon Progo. Setelah mengetahui jam bukanya, beralih kita mengetahui harga tiket masuk.

Untuk bisa menikmati indahnya panorama dari Curug ini, anda tenang saja, harga tiket masuknya sangatlah terjangkau. Harga tiket masuk yang dikenakan untuk setiap pengunjung yaitu tidak lebih dari Rp10.000. Jika Anda menggunakan kendaraan bermotor roda dua, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp2.000.

Kemudian jika Anda menggunakan mobil atau kendaraan roda empat, maka Anda dikenakan biaya sebesar Rp5.000. Curug ini masih dalam tahap pengelolaan, sehingga belum ada harga tiket masuknya.

Akses dan Rute Curug Sidoharjo

Curug Sidoarjo adalah salah satu Curug yang bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Jika Anda berkunjung, sesampainya di perempatan pasar Dekso lanjutkan perjalanan menuju arah barat kemudian masuk ke jalan kecil yang berada di sebelah kiri, menuju arah MTSN 4 Samigaluh.

Tepat berada di sebelah MTSN 4 Samigaluh terdapat sebuah jalan menanjak ke arah kiri. Di jalan ini, silakan lanjutkan perjalanan sekitar 500 m ke rumah kepala dusun setempat  yang lahan rumahnya biasanya digunakan sebagai lokasi parkir kendaraan para wisatawan.

Peta Google Map

Tips Wisata Curug Sidoharjo

  • Cek kondisi kendaraan
  • Datanglah ketika musim hujan
  • Berhati-hatilah dengan akses Medannya
  • Bawalah bekal makanan ringan
  • Jangan lupa membuang sampah

Curug Sidoharjo menghadirkan panorama keindahan alam yang cukup memukau, sebagai traveller sebaiknya tempat ini segera Anda kunjungi dalam waktu yang dekat. Yuk segera agendakan liburan di Yogyakarta sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata anda lebih menyenangkan.

Tag ,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)