CANDI SEWU : Daya Tarik, Fasilitas, dan Tiket - Homestay di Jogja

CANDI SEWU : Daya Tarik, Fasilitas, dan Tiket

Candi Sewu – Merupakan candi Budha yang diperkirakan di bangun pada abad ke 8. Candi ini berada di dekat Candi Prambanan. Jadi apabila Anda sedang berkunjung ke Candi Prambanan, Anda bisa sekaligus berkunjung ke Candi Sewu, mengingat jaraknya sangat dekat yaitu sekitar 800 meter di sebelah Candi Prambanan.

wisata-candi-sewu-2

 Daya Tarik

  •  Jumlah Candi

Candi ini dinamakan Candi Sewu  oleh warga setempat karena dipercaya masih ada kaitannya dengan legenda Roro Jonggrang. Meskipun pada kenyataannya candi ini berjumlah 249 candi.

  •  Merupakan Candi Budha Yang Besar

Meskipun jarang ada orang yang mengetahui candi ini, namun candi ini merupakan candi Budha Terbesar kedua setelah Candi Borobudur. Candi sewu di bangun di tanah seluas 165 meter ke timur-barat dan 185 meter ke selatan-utara. Tinggi candi utama mencapai 30 meter.

  • Arca Penjaga Pintu Masuk

Pintu masuk ke candi ini terletak di sebelah timur. Uniknya, di setiap pintu masuk candi terdapat arca Dwarapala. Arca Dwarapala sendiri dipercaya sebagai pelindung dari tempat suci. Tinggai dari arca ini mencapai 2,3 meter.

Fasilitas

  1. Tempat parkir yang luas
  2. Toilet umum
  3. Mushola
  4. Panggung hiburan

 Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Candi ini buka setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB. Untuk dapat berkunjung ke museum ini, Anda cukup membayar Rp. 10.000/orang. Namun apabila Anda membawa kendaraan, tentu saja ada biaya parkir tersendiri, yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil.

Wisata-Candi-Sewu-400x267

 Akses dan Rute

Lokasi Candi Sewu berada di Jl. Raya Solo KM.16, Klurak Baru, Tlogo, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Akses menuju ke Candi Sewu cukup mudah dan jalanannya layak untuk dilewati kendaraan. Rute ke candi ini cukup mudah, dari Jl Raya Solo – Yogyakarta Anda cukup berkendara lurus ke arah timur mengikuti jalan utama sampai menemukan pertigaan besar. Di pertigaan tersebut silahkan bisa belok ke kiri ke Jl Taman Prambanan Kulon.  Anda bisa mengikuti jalan utama untuk sampai di Candi Sewu.

Tips Wisata

  1. Pastikan Anda dan kerabat dalam kondisi tubuh yang sehat.
  2. Bawalah perlengkapan traveling termasuk handphone dan kamera untuk mengabadikan foto di tempat ini.
  3. Carilah referensi yang menjelaskan tentang candi ini agar anda mendapatkan wawasan baru.
  4. Tetap jaga kebersihan dan tidak mencoret – coret dinding candi.

Dari berbagai macam lokasi yang ditawarkan oleh Yogyakarta, objek wisata Candi Sewu bisa menjadi rekomendasi ketika Anda ingin berwisata di Yogyakarta.  Untuk itu tidak perlu berlama-lama lagi yuk segera agendakan liburan Anda sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata Anda lebih menyenangkan.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^