Candi Prambanan: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Candi Prambanan – Yogyakarta  sudah menjadi salah satu tempat wisata menarik baik dalam bidang budaya maupun wisata sejarah. Di kota ini kita bisa menemukan beragam candi yang menyimpan kisah rakyat yang seru. Salah satu nama candi yang populer di kalangan masyarakat adalah Candi Prambanan. Candi ini sudah dibangun sejak ratusan tahun silam dan memiliki cerita mistis tersendiri yang membuatnya terasa beraura magis.

candi-prambanan

Candi Prambanan dikenal dengan corak agama Hindu. Pesona keindahan yang dimiliki oleh candi Jogja ini semakin hari semakin dipadati oleh wisatawan seakan tidak pernah luntur oleh zaman. Candi ini memiliki tinggi sekitar 47 m. Objek wisata ini terletak di bagian timur Yogyakarta diantara dua wilayah yakni Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Wisata Candi Prambanan

Daya Tarik

Dibalik kisah sejarah yang begitu melekat di hati masyarakat karena melegenda, candi ini juga memiliki kemegahan dan keindahan yang sangat menarik. Daya tarik yang dimiliki oleh Candi Prambanan ini mampu menarik hati para wisatawan mancanegara maupun domestik. Pada saat musim berlibur tiba, candi ini seakan menjadi destinasi wisata wajib yang dikunjungi saat berada di Jogja.

Di kawasan wisata ini juga menampilkan pertunjukan yang sangat seru dan populer yakni pertunjukan Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet. Dalam pertunjukan ini mengisahkan alur cerita dari relief yang terdapat di dalam candi serta kisah Ramayana. Sayangnya untuk menikmati pertunjukkan ini pengunjung harus datang di malam hari dengan jadwal tertentu.

Selain itu, terdapat aktifitas seru yang bisa dilakukan oleh para wisatawan saat berkunjung di candi ini. Misalnya seperti hunting foto dengan berbagai macam background menarik. Pelataran yang indah dan luas mampu membuat foto dengan lanskap yang menakjubkan. Pada malam hari, lokasi wisata ini menjadi lebih menarik karena terdapat hiasan lampu sorot yang mengarah ke candi.

wisata-candi-prambanan-1-1

Para pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan komplek Candi Prambanan sembari berjalan kaki santai. Di pelataran ini nampak pemandangan yang rimbun dan asri. Ada pula taman-taman lengkap dengan bunga cantik yang sangat menyejukkan mata. Pengunjung juga dapat menyaksikan candi-candi yang tedapat di lokasi wisata.

Jika pengunjung merasa lelah untuk berjalan kaki maka bisa menyewa sepeda ataupun naik kereta yang tersedia dengan harga terjangkau.

Fasilitas

  • Gazebo
  • Mushola
  • Souvenir Shop
  • Toilet
  • Golf cart
  • Restoran
  • Papan informasi
  • Tempat parkir yang luas
  • Guide
  • Spot Foto

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata ini buka setiap hari termasuk tanggal merah nasional kecuali pada hari Nyepi. Untuk jam buka candi Prambanan adalah pukul 06.00 hingga 17.00

Harga tiket masuk objek wisata ini memang cukup menguras kantong. Namun hal ini sebanding dengan indahnya pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Bagi wisatawan domestik harga tiket masuk candi adalah Rp 40.000, sedangkan bagi wisatawan mancanegara sebesar 25 USD atau sejumlah 338.000 rupiah.

Bagi anda yang berkunjung dengan membawa kendaraan sendiri dikenai biaya parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat/ mobil.

Rute dan Akses Lokasi

Objek wisata Candi Prambanan terletak di ds. Bokoharjo, kec. Prambanan, kab. Sleman, DIY.

Rute menuju lokasi wisata candi di Yogyakarta ini bisa diambil dari pusat kota Jogja menuju jln. Jogja – Solo. Dari situ anda bisa ambil arah lurus ke timur sampai bertemu dengan gapura perbatasan antara Jogja dan Jawa Tengah. Selanjutnya lurus sampai mendapati lampu lalu lintas dan ambil jalur belok kiri. Setelah itu anda akan menemukan lokasi Candi Prambanan. Rute ini adalah rute yang biasanya diambil oleh para wisatawan karena merupakan rute termudah dibanding rute dari arah lain. Adapun jarak dari pusat kota Jogja menuju ke lokasi candi adalah sekitar 16 km. Biasanya dibutuhkan waktu tempuh normal 35 menit dengan berkendara sepeda motor.

Tips Berwisata ke Candi Prambanan

  • Pastikan anda berkunjung di cuaca yang cerah dan bawalah payung karena saat siang hari terik matahari sangat panas.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak kerepotan saat menaiki tangga-tangga menuju candi.
  • Dengan mempertimbangkan lokasi wisata ini, jika Anda berniat untuk menginap selama di Jogja, pastikan bahwa Anda memilih homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan tempat wisata ini.
Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)