Candi Kalasan: Daya Tarik dan Harga Tiket - Homestay di Jogja

Candi Kalasan: Daya Tarik dan Harga Tiket

Candi Kalasan – Merupakan salah satu candi Budha yang ada di Yogyakarta. Candi ini merupakan candi tertua yang berada di Yogyakarta. Candi ini didirikan pada tahun 777 saka atau 778 masehi, tepatnya pada zaman Dinasti Sanjaya dan pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran. Tujuan dengan di bangunnya candi ini adalah untuk saling menghormati antar pemeluk agama pada zaman itu. Namun sayangnya candi ini masih belum begitu terkenal dibandingkan candi – candi lain yang berada di Yogyakarta. Padahal candi yang satu ini memiliki banyak keunikan serta berada di lingkungan yang asri. 

CANDI-KALASAN-3-400x266

Daya Tarik

  • Arsitektur Bangunan

Candi Kalasan memiliki arsitektur perpaduan unsur Budha dan Hindu dengan bentuk bujur sangkar berukuran 45 x 34 meter. Meskipun bukan candi yang besar, namun Candi Kalasan memiliki 52 stupa.Kemudian candi ini terdiri dari 3 bagian, yaitu  mahkota, tubuh, dan kaki candi.  Atap pada candi  ini memiliki 2 tingkat berbentuk persegi delapan, pada tingkat pertama terdapat arca berbentuk manusia Budha. Sedangkan pada tingkat kedua terdapat sebuah arca Dhayani Buddha dan beberapa stupa.  Hal ini merupakan daya tarik yang dimiliki oleh candi ini. Candi Kalasan juga memiliki tiga buah candi kecil berbentuk stupa yang berada di ruang utama candi. Kemudian ada 1 kamar utama dan 4 kamar lainnya yang berada di dalam tubuh candi. 

  • Bahan Perekat Ornamen Candi

Keunikan dari Candi Kalasan yaitu terdapat pada ornamennya. Ornamen atau relief pada candi ini di tempelkan menggunakan perekat yang terbuat dari getah tumbuhan. 

  • Patung Dewa

Yang sangat menarik perhatian para wisatawan adalah adanya patung dewa. Patung dewa tersebut berdiri tegak serta membawa bunga teratai. Kemudian yang menambah keindahan dari patung tersebut adalah adanya tahta berbentuk singa. Spot ini adalah spot yang menarik perhatian wisatawan untuk berfoto.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Candi Kalasan masih sangat terbatas. Di lokasi hanya terdapat area parkir dan toilet umum. Dan disana belum ada kantin yang menjual makanan seperti yang terdapat di objek wisata pada umumnya. Oleh karena itu jika Anda berkunjung ke objek wisata ini maka dianjurkan membawa perbekalan yang cukup. 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Candi Kalasan buka setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Untuk dapat masuk ke objek wisata ini, maka Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000/orang dan untuk wisatawan asing dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000. Kemudian untuk biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan motor dan Rp. 10.000 – Rp. 20.000 untuk kendaraan roda empat. 

CANDI-KALASAN-2-400x267

Akses dan Rute

Candi Kalasan berlokasi di Jl. Raya-Solo, Suryatmajan, Danurejan, Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses ke lokasi ini sudah sangat baik dan dapat dijangkau dengan kendaraan. Rute menuju ke lokasi ini juga cukup mudah, apabila Anda dari pusat Kota Yogyakarta maka Anda perlu berkendara ke Jl Laksda Adisucipto, kemudian lurus terus mengikuti jalan utama menuju ke Jl Raya Solo – Yogyakarta, ikuti jalan tersebut maka akan sampai di lokasi. 

Tips Wisata

  • Pastikan Anda dan kerabat dalam kondisi tubuh yang sehat.
  • Bawalah perlengkapan traveling termasuk handphone dan kamera untuk mengabadikan foto di tempat ini.
  • Carilah referensi yang menjelaskan tentang candi ini agar anda mendapatkan wawasan baru.
  • Tetap jaga kebersihan dan tidak mencoret – coret dinding candi.
  • Bawalah perbekalan yang cukup.

Dari berbagai macam jenis pariwisata yang ditawarkan oleh Yogyakarta, objek wisata Candi Kalasan bisa menjadi salah satu rekomendasi wisata ketika berkunjung ke Yogyakarta. Untuk itu tidak perlu berlama-lama lagi yuk segera agendakan liburan Anda sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay di Yogyakarta agar wisata Anda lebih menyenangkan.

Tag ,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^