Candi Ijo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Yogyakarta adalah kota yang dikenal sebagai tempat nomor dua tujuan para wisatawan setelah Bali. Tidak heran di kota ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Candi Ijo, wisata prasejarah yang ada di Jogja dan menjadi primadona wisatawan yang berkunjung untuk menikmati pemandangan candi yang menakjubkan.

candi-ijo

Candi ini terletak di daratan tertinggi dan berada di puncak perbukitan yang terletak di sisi timur kota pusat Jogja. Tidak hanya wisatawan lokal, tempat ini juga terkenal memiliki wisatawan asing yang banyak. Di sana, terdapat beberapa candi kuno prasejarah yang bisa Anda lihat dan berfoto di sana.

Daya Tarik Wisata Candi Ijo

wisata-candi-ijo-1

1. Berlokasi di Perbukitan Tinggi

Candi Ijo dikenal sebagai candi yang berada di perbukitan paling tinggi di Jogja. Tingginya tercatat 375 meter di atas permukaan laut dan ini yang menjadi salah satu daya tarik Candi Ijo. Hal ini yang membedakan candi ini dengan wisata candi lain yang ada di Jogja. Tempatnya yang berada di perbukitan membuat pengunjung nyaman karena memiliki atmosfer yang berbeda.

2. Pemandangan Indah dan Udara Sejuk

Karena lokasinya yang tinggi, Anda bisa melihat pemandangan nan jauh ke bawah. Saking tingginya, dari sana Anda bisa melihat runaway atau landasan pacu Bandara Adisucipto dan melihat kapal terbang take-off atau akan landing. Tidak hanya itu, lokasi perbukitan membuat udara yang ada di sana menjadi sejuk dan menjadi tempat yang pas untuk hangout bersama teman-teman.

3. Panorama Sunset yang Indah

Ini lah yang menjadikan Candi Ijo sebagai buruan para wisatawan local maupun asing karena di sana, Anda bisa menikmati sunset yang indah di sore hari. Lokasinya yang tinggi membuat paparan sinar matahari sore sangat jelas dan matahari terlihat lebih besar. Suasana sunset akhirnya muncul yang dipadukan dengan bayangan-bayangan candi sehingga membuat pemandangan yang indah.

4. Bangunan Candi yang Gagah dan Unik

Candi di sana tersusun dengan baik dan dikelola dengan baik oleh pengelola wisata di sana. Candinya terlihat gagah berdiri dan indah dipandang mata. Lokasinya memang bisa dikatakan dekat dengan wisata candi yang lain seperti Ratu Boko, Candi Prambanan, dan Banyunibo. Namun berbicara yang tertinggi, Candi Ijo lah pemenangnya.

Fasilitas Candi Ijo

Candi yang ada di sana benar-benar dijaga kebersihannya dengan baik. Selain itu, ada beberapa peningkatan fasilitas dari waktu ke waktu mengingat fasilitas Candi Ijo memang tidak mumpuni waktu dulu. Namun sekarang berbeda, sudah tersedia fasilitas umum seperti area parkir, toilet, beberapa spot foto, gazebo, dan juga papan informasi bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah dari candi ini. Meski begitu, fasilitas yang ada di candi ini akan terus dikembangkan.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Anda bisa mengunjungi tempat ini pada pagi, siang, dan sore hari. Untuk harga tiketnya sendiri masih sangat terjangkau untuk semua kalangan pengunjung. Untuk bisa masuk, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 5 ribu saja. Ini juga yang menjadi alasan kenapa tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi.

Untuk biaya parkirnya beda lagi, untuk sepeda motor, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2 ribu dan untuk mobil cukup membayar sebesar Rp 5 ribu saja. Memang harga yang terlalu murah untuk menikmati indahnya wisata Candi Ijo dengan sejarahnya yang kental ini.

Akses dan Rute Candi Ijo

Lokasinya berada di perbukitan timur Jogja. Lebih tepatnya, berada di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa ke sana terbilang cukup menantang karena lokasinya yang ada di perbukitan. Jalan untuk ke sana kebanyakan tanjakan dan curam di beberapa lokasi, meski kendaraan roda empat pun sudah bisa melaluinya dengan baik.

Dari Jogja, Anda harus melewati jalur Jogja-Solo hingga sampai ke pertigaan Candi Prambanan kemudian belok kiri atau ke timur melalui Jalan Prambanan Piyungan. Terus arahkan kendaraan Anda sampai menemukan papan petunjuk “Candi Ijo” dan belok kiri. Terus saja sampai jalanan mulai terasa menanjak dan akhirnya sampai ke lokasi Candi ini.

Tips Wisata Candi Ijo

  1. Pastikan kesehatan tubuh sedang dalam keadaan baik agar waktu liburan Anda tidak terhalang oleh penyakit.
  2. Waktu yang paling disarankan untuk berkunjung adalah sore hari agar bisa menyaksikan sunset indah. Pastikan juga cuaca pada hari Anda berangkat tidak berawan.
  3. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah bersama keluarga di Candi Ijo.
  4. Jangan membuang sampah sembarangan di lokasi ini, merusak candi, dan lain sebagainya yang tidak baik itu lingkungan wisata.
  5. Bagi Anda yang berasal dari luar kota dan ingin berwisata ke tempat ini, pastikan untuk memilih lokasi homestay di Jogja yang berdekatan dengan candi yang satu ini.

Candi Ijo terkenal dengan wisata candinya yang memiliki pemandangan indah. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan beberapa subjek wisata lain yang bisa Anda temukan di satu tempat yang saling berdekatan. Ketika Anda sedang berada di Jogja, jangan lupa untuk mampir ke destinasi wisata Candi Ijo.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)