CANDI BARONG : Daya Tarik dan Harga Tiket - Homestay di Jogja

CANDI BARONG : Daya Tarik dan Harga Tiket

Candi Barong – Yogyakarta memiliki banyak sekali bangunan bersejarah, salah satunya adalah candi. Beberapa peninggalan bersejarah berupa candi sudah banyak dikenal orang. Contohnya seperti candi Ratu Boko dan Candi Prambanan.  Namun siapa tau, di Yogyakarta juga banyak candi –candi kecil yang mungkin belum banyak yang mengetahuinya. Salah satunya adalah Candi Barong.

Candi Barong adalah candi bercorak agama Hindu. Candi ini memiliki nama lain yaitu Candi Sari Suragedug. Hal tersebut berkaitan dengan prasasti yang ada di kawasan Ratu Boko yang menyebutkan deskripsi dari sebuah bangunan yang berkaitan dengan Candi Barong.

Candi-Barong-1-400x267

Daya Tarik

  • Terletak di Kawasan Perbukitan

Wisata Candi Barong terletak di perbukitan Batur Agung, tentu saja hal ini menjadikan suasana di kawasan candi menjadi sejuk dan semilir.

  • Hiasan Kerang Bersayap

Keunikan dari candi ini adalah adanya hiasan kerang bersayap atau yang disebut sebagai Sankha. Hiasan ini merupakan simbol Dewa Wisnu. Kemudian bagian puncak bangunan berbentuk permata atau yang disebut Ratna.

  • Tempat Menikmati Sunset

Jika Anda ingin berwisata ke candi ini, lebih baik datang di sore hari. Karena dari Candi Barong, Anda dapat melihat sunset yang indah.

Fasilitas

Beberapa fasilitas yang ada di Candi Barong adalah sebagai berikut :

  1. Area parkir
  2. Toilet umum
  3. Warung makan
  4. Mushola

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Candi ini buka setiap hari pukul 06.00 – 17.00 WIB. Untuk dapat berkunjung ke museum ini, Anda cukup membayar Rp. 5000. Namun apabila Anda membawa kendaraan, tentu saja ada biaya parkir tersendiri, yaitu Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk mobil.

Candi-Barong-400x266

Akses dan Rute

Lokasi Candi Barong berada di Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa  Yogyakarta. Akses menuju ke candi ini cukup mudah dan jalanannya layak untuk dilewati kendaraan. Rute ke candi ini cukup mudah, dari Jl Raya Solo – Yogyakarta Anda cukup berkendara lurus ke arah timur mengikuti jalan utama sampai menemukan simpang tiga Terminal Prambanan. Di pertigaan tersebut silahkan bisa belok ke kanan ke Jl Raya Piyungan – Prambanan.  Anda bisa mengikuti jalan utama untuk sampai di Lapangan Bokoharjo, kemudian belok kanan dan ikuti jalan utama, maka Anda akan sampai di kawasan Candi Barong

Tips Wisata

  1. Pastikan Anda dan kerabat dalam kondisi tubuh yang sehat.
  2. Bawalah perlengkapan traveling termasuk handphone dan kamera untuk mengabadikan foto di tempat ini.
  3. Carilah referensi yang menjelaskan tentang candi ini agar anda mendapatkan wawasan baru.
  4. Tetap jaga kebersihan dan tidak mencoret – coret dinding candi.

Dari berbagai macam lokasi yang ditawarkan oleh Yogyakarta, objek wisata Bukit Klangon bisa menjadi rekomendasi ketika Anda ingin berwisata di Yogyakarta.  Untuk itu tidak perlu berlama-lama lagi yuk segera agendakan liburan Anda sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata Anda lebih menyenangkan.

Tag ,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^