Bukit Paralayang Parangtritis : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket - Homestay di Jogja

Bukit Paralayang Parangtritis : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Yogyakarta adalah sebuah kota wisata yang tak pernah luput dari perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Aneka objek wisata di provinsi ini lengkap. Mulai dari situs sejarah, taman bermain, waterboom, hingga wisata alam dengan keeksotisannya selalu berhasil membuat orang tertarik untuk datang. Salah satu yang paling ramai dikunjungi adalah Bukit Paralayang Parangtritis.

Bukit-Paralayang-Parangtritis

Tempat ini sangat poopuler di kalangan warga Jogja dan sekitarnya. Asyik untuk berwisata solo maupun bersama sahabat dan keluarga. Suguhan alam yang tiada tara dari spot – spot di tempat ini tak ketinggalan menjanjikan pengalaman wisata yang mengesankan.

Daya Tarik Bukit Paralayang Parangtritis

Bukit-Paralayang

1. Panorama Landscape Atas Bukit

Bukit yang letaknya di tepi pantai ini menawarkan panorama yang memukau. Setelah sampai di puncak bukit, Anda akan langsung terhipnotis dan ingin berlama – lama berada di spot ini. Wilayah sekitar Pantai Parangtritis jelas akan terlihat, bersama pemandangan birunya Samudera Hindia sejauh mata memandang.

2. Terbang Paralayang

Salah satu yang bisa Anda coba dan paling anti mainstream adalah terbang menggunakan paralayang. Sudah tentu, tidak semua pantai menawarkan olahraga yang sangat menantang ini. Ada instruktur dan profesional yang akan membimbing Anda, sehingga tak perlu cemas lagi tentang keselamatannya. Selama 30 menit Anda akan terbang melihat pesisir Pantai Parangtritis  dari atas ketinggian.

3. Spot Sunset Terbaik

Jika Anda datang di sore hari, jangan terburu – buru pulang sebelum melihat matahari tenggelam dari salah satu sudut puncak bukit. Pemandangan seperti pada lukisan nan menakjubkan bisa Anda temukan di spot ini. Di sebelah barat sana, matahari yang perlahan tenggelam dengan sinar oranyenya begitu jelas. Semburat awan jingga dan pantulan sinar dari laut semakin membuat suasana menjadi hangat dan syahdu.

4. Bukit Gupit

Bukit ini tepat bersebelahan dengan bukit yang kerap dipakai untuk paralayang. Tempat ini bahkan pernah dipakai untuk pertunjukan Jogja Air Show 2014. Di sekitarnya, Anda dapat menemukan Sendang Beji, Pasanggrahan Gembirowati, dan Candi Gembirowati.

Fasilitas Bukit Paralayang Parangtritis

Pihak pengelola wisata sekitar Parangtritis serius dalam mengembangkan objek wisata andalan warga Bantul ini. Terbukti dari fasilitas yang sudah disediakan. Fasilitas – fasilitas tersebut meliputi tempat parkir yang luas cukup untuk menampung ribuan kendaraan, tempat ibadah, warung makan melimpah, dan penginapan. Untuk kebutuhan MCK, tersedia kamar mandi dan juga ada kamar mandi bilas.

Selain dari pihak pengelola, ada juga yang disediakan oleh warga secara mandiri. Untuk besar tariff, rata – rata. Ada juga kolam renang yang tersedia di dekat pantai yang bisa dipakai untuk anak – anak. Tepat di bukitnya, untuk memudahkan pengunjung sudah dibuatkan tangga. Ada juga bangku yang bisa dipakai untuk duduk menikmati panorama sekitar pantai dari atas. Tak perlu takut celana jadi kotor.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Tiket masuk ke bukit ini sudah tidak perlu membayar lagi. Hanya satu kali membayar di bagian retribusi Rp 5.000,- per orang. Buka selama 24 jam. Anda bisa juga sampai di tempat ini lewat jalan lain belok kanan dan ikuti jalan tepat sebelum tempat penarikan tiket retribusi yang kemungkinan ditutup saat tengah malam. Jangan lupa sediakan uang juga untuk tariff parkirnya, kisaran Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,-

Akses dan Rute Menuju Bukit Paralayang Parangtritis

Bukit ini berlokasi di Kretek bantul. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan roda dua, mobil, atau bus. Aksesnya mudah, jalan yang dilalui juga sudah beraspal bagus dan nyaman untuk berkendara. Dari kota Yogyakarta titik 0km, silakan menuju kea rah timur sampai perempatan Gondomanan. Kemudian belok kanan atau ke arah selatan sampai Pojok Beteng Wetan. Dari sini lurus terus saja, sampailah Anda.

Rutenya bisa digambarkan seperti ini, 0km – Perempatan Gondomanan – Pojok Beteng Wetan – Ring Road Selatan – Jl. Parangtritis – Kretek Bantul – Pantai Parangtritis. Setelah mencapai pantai, lihat ke bagian timur. Disitulah Bukit Paralayang berada.

Peta Google Maps

Tips Wisata ke Bukit Paralayang Parangtritis

Untuk bisa mendapatkan pengalaman tak terlupakan dan wisata yang menyenangkan, Anda bisa ikuti tips – tips berikut ini:

1. Kamera

Benda ini adalah barang wajib untuk menangkap gambar dan momen indah saat Anda berkunjung ke bukit ini. Sayang sekali jika tidak diabadikan.

2. Cuaca Cerah

Bukit Paralayang adalah tempat terbuka, usahakan untuk datang saat cuaca cerah. Jika mendung, segera urungkan niat dan segera ganti jadwal wisata Anda.

3. Siapkan Budget Ekstra

Untuk Anda yang ingin menjajal wahana dan paralayang, jangan lupa siapkan budget lebih. Untuk sekali terbang biasanya Anda harus mengeluarkan uang Rp 300.000,- sampai Rp 400.000,-.

4. Bawa Bekal

Ingin hemat? Bawa bekal sendiri dari rumah. Menikmati senja di bukit ini akan terasa lengkap jika dengan menikmati snack dan soda bersama teman – teman.

Sudah terbayang bagaimana serunya ke Bukit Paralayang Parangtritis, bukan? Segera agendakan di sesi liburan Anda. Pengalaman wisata mengesankan akan segera Anda rasakan. Maka dari itu jika ingin berwisata ke Gunung Kidul langsung saja segera agendakan liburan anda dengan menyewa salah satu homestay di Jogja.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^