Bendung Kamijoro: Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja РTaman Bendung Kamijoro atau Bendungan Kamijoro merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi ikon di Bantul sekarang ini. Hal ini membuat banyak wisatawan yang tertarik dan ingin melihat bendungan baru ini pada bulan januari dan februari baru-baru ini. Karena menyajikan keindahan pemandangan spot di sana, pemerintah setempat akhirnya menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu destinasi setelah Dlingo.

Bendungan-Kamijoro

Sebenarnya bendungan ini sudah pernah direhabilitasi sebelumnya agar bisa menjadi cagar alam yang mampu menarik perhatian. Kemudian pada akhirnya di tahun 2019 ini, bendungan kamijoro dibuka sebagai salah satu destinasi secara umum.

Daya Tarik Wisata Taman Bendung Kamijoro

Taman-Bendung-Kamijoro

1. Keindahan Spot Yang Luar Biasa

Meskipun merupakan tempat wisata yang baru dibuka secara umum, keindahan pemandangan sport yang disajikan di sana ternyata cukup memukau. Ini juga yang menjadi salah satu daya tarik utama dari taman Bendung Kamijoro ini. Hal ini membuat para wisatawan asing maupun lokal sangat tertarik dengan taman tersebut.

2. Suasana Sore Hari Yang Sangat Menakjubkan

Sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin berkunjung ke taman ini untuk datang di sore hari karena waktu tersebut menjadi primadona oleh banyak orang. Keindahan matahari terbenam memuncak ketika matahari berada di belakang bukit yang tinggi. Pemandangan tersebut sangat indah dan membuat para wisatawan yang berkunjung sangat menyukainya.

3. Tempat Kebersamaan Bersama Keluarga

Ketika taman ini dibuka khususnya pada sore hari, terkadang ada banyak pengunjung yang dominan merupakan keluarga atau kerabat. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong atau perkumpulan karena menyajikan pemandangan spot yang menakjubkan dan pemandangan sore hari yang memiliki sunset indah.

4. Terdapat Berbagai Macam Orang Yang Menjual

Sebagian orang memanfaatkan keramaian taman ini sebagai mata pencaharian. Maka dari itu anda bisa menemukan berbagai macam orang yang berjualan di sana. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot untuk pergi jauh mendapatkan makanan atau membeli hal-hal lain karena di taman tersebut sudah ada oknum yang berpartisipasi sebagai penjual.

Fasilitas Bendung Kamijoro

Selain memberikan fasilitas taman itu sendiri seperti jembatan bendungan yang kokoh, taman ini juga memberikan fasilitas dasar seperti adanya Mushola dan WC untuk wisatawan gunakan seperlunya. Di tempat itu juga tersedia tempat dudukan dan taman yang luas sehingga bisa menampung banyak wisatawan yang ingin berkunjung.

Beberapa fasilitas standar lainnya seperti lampu taman dan sebagainya juga tersedia di tempat ini. Semua fasilitas yang disediakan di tempat tersebut menunjang untuk anda menikmati spot yang ada di taman tersebut. Karena masih menjadi tempat wisata yang baru dibuka secara umum, tentu saja taman bendungan ini akan terus dikembangkan fasilitasnya dan spot-spot akan terus ditambahkan untuk menarik perhatian pengunjung.

Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk Taman Bendungan Kamijoro

Untuk tiket masuknya sendiri masih gratis untuk saat ini mengingat bendungan ini masih saja baru dibuka secara umum. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja, untuk kendaraan roda dua anda perlu membayar sebanyak rp2.000 dan untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya memerlukan biaya Rp 5.000 sampai dengan Rp 10.000. Tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya akan dikenakan biaya tiket untuk bisa masuk ke taman ini oleh pengelola wisata tempat.

Sedangkan untuk jam bukanya sendiri, belum ada informasi lebih lanjut namun kemungkinan buka 24 jam seperti taman pada umumnya. Tetapi waktu yang paling disarankan untuk berkunjung ke tempat ini adalah pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.30 WIB pada sore hari karena menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Akses Dan Rute Taman Bendungan Kamijoro

Lokasi taman ini terletak di perbatasan Kabupaten Bantul dengan Kulon Progo. Tepatnya berada pada barat Sungai Progo yaitu Dusun Kaliwari, Tuksongo, Sentolo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Rutenya sendiri ketika Anda dari Yogyakarta harus mengarahkan kendaraan menuju ke Jalan Bantul. Lurus terus saja ke Selatan sampai 8 Km sampai 18 km kemudian bolek kanan sehingga menuju ke Jalan Pemuda.

Setelah itu, Anda akan menuju ke Gandekan Raya ketika belok kiri di Jalan Pemuda. Belok kanan lagi ke Diponegoro. Belok kiri sekitar 280 meter untuk ke Jalan Gua Selarong atau juga disebut sebagai Jalan Pajangan. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Guwosari Raya. Lurus dan ketika ada belokan, ambil kiri, kemudian belok kanan sekitar 220 menter ke depan sampai Jalan Pajangan di Bantuk/Jalan Sedayu, Gesikan. Ketika di sana, cukup ikuti jalan untuk sampai ke bendungan.

Tips Wisata Taman Bendungan Kamijoro

  1. Pastikan Anda memarkir kendaraan Anda sesuai dengan pertaruran yang berlaku dan tempat yang disediakan.
  2. Anda bisa membawa bekal dari rumah untuk disantap di taman bendungan nantinya.
  3. Pastikan kesehatan tetap fit karena di sana, meski memiliki tempat bernaung dari terik matahari, tetapi tempat tersebut cukup panas.
  4. Gunakan fasilitas yang disediakan sesuai dengan fungsinya agar tidak mengganggu wisatawan lain dan tetap menjaga lingkungan.
  5. Jangan buang sampah sembarangan dan ikuti aturan yang disediakan pengelolah wisata.

Bendung Kamijoro direkomendasikan untuk Anda yang ingin mendapat pengalaman untuk berfoto dengan pemandangan spot yang menakjubkan khususnya di sore hari. Traveler dengan budget terbatas yang sedang mencari pengalaman baru layaknya warga setempat pasti akan menikmati menginap di homestay Jogja agar wisata lebih mengasyikkan.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)