Air Terjun Seribu Batu : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Air Terjun Seribu Batu adalah sebuah wisata air berupa curug atau air terjun. Yogyakarta sendiri tidak hanya dikenal dengan tempat wisata kuliner atau wisata budaya, tapi juga kental dengan wisata alam bagi Anda yang suka berwisata dengan pemandangan alam yang indah. Salah satunya adalah Air Terjun Seribu Batu yang juga bisa disebut sebagai Air Terjun Cengkehan karena berlokasi di Dusun Cengkehan, Bantul.

air-terjun-seribu-batu-1

Destinasi alam yang satu ini cocok untuk Anda wisatawan yang suka dengan pemandangan alam dengan pusat perhatian utama yaitu air terjun. Di sana, Anda akan dikelilingi oleh pohon-pohon lebat nan hijau dengan debit air yang terus bergerak walau musim kemarau.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Seribu Batu

air-terjun-seribu-batu-2

1. Pemandangan Alam yang Indah dan Asri

Kebersihan tempat di sana dijaga denga baik oleh pengelola wisata. Selain itu, pemandangan yang ada di sana juga menambah kesan positif ketika berkunjung di wisata air terjun ini. Tempat ini juga direkomendasikan untuk Anda yang suka destinasi wisata yang memiliki udara yang sejuk dan segar.

Lokasinya bisa dikatakan cukup berada di pedalaman, sehingga sinar matahari susah untuk menembus masuk. Hal ini lah yang menjadikan lokasi di sana memiliki udara segar. Apalagi ketika musim penghujan, air terjunnya makin menarik karena debit air yang meningkat.

2. Memiliki Banyak Batu-Batuan

Sesuai namanya, batu seribu, di sana juga banyak sekali batu-batu yang berserakan secara alami. Mulai dari batu kecil, sampai batu-batu besar yang bisa digunakan sebagai pijakan. Konon katanya sesuai dengan cerita rakyat setempat, batu-batu di sana tidak bisa dihitung saking banyaknya dan berasal dari letusan gunung api Purba Nglanggeran yang terjadi jutaan tahun lalu.

3. Air Terjun yang Tinggi

Meski harus diakui, air terjun ini bukanlah air terjun tertinggi di Bantul, tetap saja ketinggian 8 meter bisa membuat mata terkagum, apalagi jika Anda mengunjungi Air Terjun Seribu Batu pada musim penghujan. Kolam yang terletak di bawah air terjun bisa terbentuk karena terus menerus digerus oleh air yang jatuh di atasnya dengan kedalaman bisa mencapai 1 meter.

3. Air yang Bisa Membuat Awet Muda

Keunikan dari air terjun ini adalah banyak yang percaya bahwa airnya bisa membawa keawetan bagi pengunjung yang menyelam di dalamnya. Tidak hanya itu, banyak orang yang berkata bahwa air di sana bisa membantu dalam mempererat hubungan pasangan suami istri.

4. Lokasi yang Bagus Untuk Berfoto

Lokasinya yang alami banget menjadikan tempat ini cocok untuk Anda untuk berfoto bersama pasangan, teman, atau keluarga. Ada banyak latar yang bisa dijadikan untuk gambar Anda, misalnya air terjun, batu yang ada di sana, atau pemandangan alam sekitar. Anda juga bisa mendapatkan foto yang bagus menggunakan teknik air karena air yang ada di sana sangat jernih dan tidak kotor.

Fasilitas Air Terjun Seribu Batu

Sayang sekali fasilitas yang disediakan di sana masih belum mencapai standar, mungkin karena lokasinya yang terlalu pedalaman sehingga pengelola wisata sulit menentukan. Untuk mengganti pakaian, Anda bisa meminjam kamar mandi pada warga sekitar. Karena sudah terbiasa, warga di sana akan senang hati menerima pengunjung yang mau menggunakan kamar mandinya.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Seribu Batu

Untuk biaya agar bisa masuk ke Air Terjun Seribu Batu ini tidak perlu membayar alias gratis. Namun, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3 ribu untuk biaya parkir motor dan Rp 5 ribu untuk mobil atau kendaraan roda empat lainnya. Untuk jam bukanya sendiri Anda bisa berkunjung kapan pun, namun disarankan untuk pergi di siang hari saja tentunya.

Akses dan Rute Air Terjun Seribu Batu

Rutenya sangat mudah, jika Anda memulai perjalanan dari Kota Yogyakarta, Anda cukup kea rah timur hingga menjumpai Jalan KH. Ahmad Dahlan kemudian meneruskan perjalanan ke Jalan Panembahan Senopati Sembilan. Ketika di perempatan, ambil arah selatan melalui Jalan Brigjen Katamso terus lurus saja sampai perempatan lagi kemudian kea rah timur Jalan Kolonel Sugiyono.

Ketika di pertigaan, ambil arah ke selatan di Jalan Sisingamangaraja dan lurus terus sampai Jalan Imogiri Barat. Anda akan menemukan perempatan lagi, dan ambil arah timur melewati Jl. Manding Imogiri sampai ke pertigaan lagi dan ambil jalan ke selatan sehingga Anda tiba di Jalan Imogiri Timur.

Terus saja dan Anda akan menemukan pertigaan lagi dan ambil arah timur melalui Jalan Pramuka, lurus terus ke Jalan Giriloyo dan ikuti jalan yang ada dan akhirnya sampai ke lokasi Air Terjun Seribu Batu. Lokasinya kira-kira 17 kilometer dari Jogja dan bisa ditempuh sekitar 40 menit dengan motor.

Tips Wisata Air Terjun Seribu Batu

  1. Hati-hati pada batu licin ketika musim penghujan.
  2. Anda bisa membawa bekal dari rumah.
  3. Jangan mencoret-coret batu dan membuang sampah sembarangan.
  4. Pastikan memarkir kendaraan dengan baik.
  5. Bagi Anda yang datang dari luar kota, segera memesan homestay di Jogja sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan homestay-homestay di Jogja biasanya tidak tersedia terutama di weekend dan hari-hari libur.

Destinasi Air Terjun Seribu Batu ini memang sering dijadikan lokasi yang cocok untuk penikmat air terjun dengan udara segar dan pemandangan alam yang indah. Ketika sedang berada di Bantul, jangan lupa untuk berkunjung.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)