Air Terjun Randusari : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket - Homestay di Jogja

Air Terjun Randusari : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Air Terjun Randusari terletak di Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul yang dulu sempat dikenal sebagai kota yang sepi akan destinasi wisata. Tetapi, kini Bantul menjadi salah satu kawasan di Jogja dengan begitu banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi.

wisata-air-terjun-randusari-2

Tidak hanya wisata kuliner dan pantai, Bantul juga memiliki beberapa tempat wisata alam seperti Air Terjun Randusari dengan pemandangan alam dan air terjunnya yang jerni serta indah dipandang. Karena itulah banyak wisatawan yang memutuskan untuk menghabiskan waktu liburannya ke Air Terjun Randusari ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Randusari

wisata-air-terjun-randusari

1. Terdapat Pohon Randu yang Besar

Di sana, ada yang dinamakan pohon Randu atau juga dikenal sebagai Pohon Kapuk yang terletak di dekat Air Terjun Randusari. Karena itulah air terjun ini dinamai “Randu” sedangkan untuk “Sari” diambil dari kata “Utama”. Dulunya, warga setempat memanfaatkan lokasi ini sebagai sumber untuk mendapatkan air bersih.

2. Pemandangan Alam yang Indah

Ketika Anda berada di sini, selain air terjun yang menarik, Anda juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa. Kesannya alami karena disekililing benar-benar penuh dengan hutan-hutan hijau yang kebersihannya tetap dijaga oleh pengelola wisata di sana.

3. Air Terjun yang Tergolong Tinggi

Air terjun ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan air terjun tinggi. Randusari sendiri mencapai tinggi sekitar 15 meter dengan kedalaman bisa mencapai 2 meter. Hal ini membuat pemandangan yang luar biasa ketika dipandang jauh karena tinggi air terjun yang cukup memukau. Selain itu, dengan dalam 1 sampai 2 meter sangat cocok untuk Anda yang hobi berenang atau bermain-bermain air.

4. Air Terjun dengan Dua Sumber Mata Air

Bentuk air terjunnya sendiri mirip dengan air terjun kembar karena memiliki dua sumber mata air. Sumber mata air ini bernama Ngreboh, biasanya dipakai oleh warga untuk kebutuhan pengairan mereka.

Keunikan dari mata air ini adalah tidak pernah mengering ketika musim kemarau melanda. Namun kebutuhan perairan warga menjadi sedikit minim.

5. Bersih dengan Udara Sejuk

Pemandangan alam yang ada di tempat ini memang sangat memukau. Tidak hanya menyegarkan mata, namun udara sejuk yang ada di sana membuat pikiran menjadi rileks. Hal ini karena tumbuhan hijau ada di mana-mana. Ditambah lagi perairan yang ada di sana sangat lah segar dan jernih.

Fasilitas Air Terjun Randusari

Selain kebersihan yang terjaga, fasilitas yang disediakan juga cukup mendasar dan cukup untuk wisatawan yang berkunjung seperti adanya tempat parkir, toilet, tempat untuk mengganti pakaian, dan lain sebagainya.

Akses dan Rute Air Terjun Randusari

Air terjun ini bisa Anda tempuh dengan mudah. Lokasinya berada di Desa Jatimulyo, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, Kota Jogja. Lebih tepatnya wisata ini berada di pedalaman Dusun Rejosari. Untuk titik koordinat GPS-nya bisa Anda ikuti -7.918070,110.490150.

Sedangkan untuk rutenya sendiri jika dari Kota Yogyakarta, Anda bisa memulai dari Terminal Giwangan. Kemudian ambil arah ke Jalan Imogiri Timur. Ketika sudah sampai di pasar Imogiri, kemudian pergi ke Hutan Pinus Mangunan. Setelah melewatinya, ambil rute ke Puncak Becici sampai Anda menemukan papan petunjuk arah menuju ke Air Terjun Randusari.

Itu untuk rute yang mudah. Namun Anda juga bisa menggunakan rute kedua jika rute pertama tidak bisa digunakan. Rute kedua yang bisa Anda coba yakni dari Yogyakarta, Anda pergi ke Ringroad jalan Wonosari, kemudian ke perempatan Sampaan.

Di sana Anda pilih rute ke Sekarsuli. Ambil jalan ke Piyungan kemudian ke Bukti Bintang, ambil arah kanan untuk ke Dlingo ketika Anda menemukan Gcd Fm dekat pos polisi. Teruskan perjalanan sampai ke Watu Amben, lurus saja sampai menemukan pohon beringin, di sana ada petunjuk arah menuju Air Terjun Randusari. Ikuti petunjuk sampai benar-benar sampai ke lokasi.

Lokasi dari tempat ini tidak jauh berada di sekitar lokasi Hutan Pinus Mangunan serta Puncak Becici. Jika masih bingun, lokasinya sudah ada di Google Maps yang bisa Anda akses dengan mudah.

Tipis Wisata Air Terjun Randusari

  1. Pastikan kendaraan Anda benar-benar diparkirkan dengan baik. Karena lokasi tempat parkir ke lokasi wisata sekitar 200 meter.
  2. Kondisi kesehatan benar-benar terjaga agar waktu liburan Anda tidak sia-sia.
  3. Anda bisa membawa bekal dari rumah mengingat waktu yang dihabiskan di wisata Air bisa seharian.
  4. Jika Anda tak mahir berenang, Anda bisa menyewa ban renang di perjalanan atau dekat lokasi wisata.
  5. Hati-hati ketika bermain air atau berjalan disekitar karena batu di sana cukup licin dan kedalaman air bisa mencapai 2 meter.

Wisata air terjun ini sangat direkomendasikan karena memiliki air terjun jernih dan memukau. Tidak hanya itu, kondisi alam di sana cukup terjaga dengan udara sejuk sejauh Anda pergi. Jika berwisata ke tempat ini, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja sebagai tempat menginap Anda.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat Sekarang
Butuh Bantuan?
Halo....
Ada yang dapat kami bantu... ^_^