Air Terjun Lepo : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Pesona keindahan dari Jogja seolah tidak akan pernah habis, ada di Jogja terkenal dengan beragam jenisnya sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama untuk hidup di Jogja. Salah satu yang bisa dikunjungi yaitu wisata Air Terjun Lepo, wisata air terjun yang sedang hits dan kekinian di kalangan para pecinta sosial media.

Air-Terjun-Lepo

Satu ini terletak di desa Pokoh 1, bingung kabupaten Bantul Yogyakarta. Nama lain sendiri merupakan kepanjangan dari tokoh yang artinya lembah di Dusun Pokoh. Yang menjadikan kawasan air terjun ini sangat terkenal karena kawasan wisata ini bukan hanya memiliki satu kolam saja, memiliki 4 tingkat kolam ama alami yang dihubungkan dengan tiga air terjun.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Lepo

Air-terjun-Lepo-Dlingo

1. Keberadaan tiga kolom dengan tingkat kedalaman yang berbeda

Kolam yang pertama memiliki tingkat kedalaman sekitar 2 meter serta kolam ini Paling sering digunakan untuk mandi oleh para pengunjung. Beralih ke kolam yang kedua, relatif tidak aman serta hanya memiliki kedalaman kurang lebih orang dewasa.

Kolam kedua ini termasuk dalam kolam yang paling luas. Di kolam yang kedua, anak-anak bisa bermain secara bebas  karena relatif aman untuk digunakan bermain air.

Beralih ke kolam yang ketiga, kolam yang ketiga ini merupakan kolam yang paling dangkal. Di kolam yang ketiga ini Anda bisa melihat dasar permukaan dari atas. Akan nampak sangat cantik untuk dinikmati.

Bagian yang menarik dari kolam yang ketiga yaitu terdapat tebing batu di sekitar air terjun berbentuk balok , seolah-olah dipotong oleh tangan manusia. Kemudian, pada kolam yang ke-4  kolam yang ini memiliki tingkatan sama dengan kolam yang pertama. Kolam yang keempat memiliki ukuran luas yang lebih sempit.

2. Mengabadikan momen terindah

Keberadaan air terjun dengan kolam yang berbeda serta pemandangan yang indah, sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang senang mengabadikan foto-foto menarik di sosial media. Anda bisa berfoto dengan background air terjun yang masih asri dan indah.

Keberadaan kolam-kolam tersebut untuk menambah nuansa yang semakin menyejukkan. Dengan pemandangan yang masih asri, maka foto Anda akan semakin hits dan kekinian.

3. Mandi di kolam

Hal menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun satu ini yaitu Anda bisa mandi di kolam yang sudah tersedia tersebut. Menariknya, kolam  tersebut memiliki ukuran yang berbeda seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya tadi. Dengan adanya hal tersebut, tentu akan menambah pengalaman tersendiri bagi anda semua nantinya.

4. Menikmati pemandangan di sekitar

Datang ke wisata alam salah satunya yaitu untuk bisa menikmati pemandangan yang masih Asri. Ketika berkunjung di air terjun satu ini, Anda akan disuguhkan dengan nuansa pepohonan yang rindang dengan gemericik air yang sangat menyenangkan. Dengan adanya hal tersebut, tentu akan menjadikan pikiran anda fresh kembali nantinya.

Fasilitas Air Terjun Lepo

Beberapa fasilitas sudah tersedia, kamar mandi yang cukup bersih dan rapi, mushola serta persewaan ban. Selain itu, juga  terdapat Aula yang bisa digunakan untuk acara gathering.

Keberadaan fasilitas yang ada di air terjun tersebut tidak terlepas dari campur tangan kelompok sadar wisata atau pokdarwis. Pokdarwis ini mengelola penuh tempat wisata satu ini. Meskipun belum begitu lengkap, fasilitas penunjang terus dibangun demi kenyamanan para wisatawan.

Dengan adanya fasilitas fasilitas yang  tersedia tersebut, tentu akan menjadikan setiap pengunjung termasuk Anda nantinya mendapatkan kenyamanan. Tidak bisa dipungkiri, jika keberadaan fasilitas yang lengkap akan menambah kenyamanan setiap pengunjung yang berkunjung.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Lepo

Setiap tempat wisata tentu memiliki regulasi mengenai jam buka serta tutup yang berbeda-beda. Termasuk destinasi yang ada di Kabupaten Bantul. ini Untuk Anda yang ingin berkunjung ke air terjun satu ini, Anda bisa datang setiap hari dari jam 06.00 pagi dan jam 06.00 sore.

Harga tiket juga bisa berubah sewaktu-waktu. Mengingat air terjun ini masih sangat baru, pengunjung yang datang hari apa saja belum dikenakan biaya tiket alias gratis. Namun, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu untuk mengetahui update harga tiket terbaru.

Meskipun gratis, namun Anda harus membayar tiket parkir untuk kendaraan sepeda motor. Untuk satu kendaraan sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp2.000. Kemudian untuk mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp10.000.

Akses dan Rute Air Terjun Lepo

Akses lokasi menuju air terjun ini tidaklah sulit, jika berangkat dari pusat Kota Jogja, bisa langsung menunjuk ke arah timur atau Imogiri hingga sampai di Kecamatan Dlingo. Silahkan  bertanya kepada penduduk lokal terkait dengan arah ke dusun Pokoh 1 atau Grojogan Lepo.

Untuk akses lokasi Air Terjun Lepo direkomendasikan menggunakan motor atau mobil, hal tersebut mengingat jalannya yang sempit dan banyak tikungan. Jika Anda berkunjung dengan rombongan menggunakan bus pariwisata, sesampainya di kecamatan Dlingo, Anda  bisa menyewa mobil kecil atau mobil tuyul untuk bisa sampai ke lokasinya.

Peta Google Map Air Terjun Lepo

Tips Wisata Air Terjun Lepo

  1. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima
  2. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat
  3. Jangan membuang sampah sembarangan

Air Terjun Lepo menyajikan pemandangan yang sangat asri, untuk itu, bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran bisa datang ke air terjun satu ini. Langsung saja segera agendakan liburan di Yogyakarta sekarang juga dengan menyewa salah satu homestay murah di Jogja agar wisata anda lebih mengasyikkan.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)