Air Terjun Kedung Kandang : Daya Tarik, Fasilitas, Rute, Jam Buka dan Harga Tiket

Homestay Jogja – Yogyakarta merupakan sebuah daerah yang memiliki bentang alam sangat indah serta beragam. Mulai dari gunung, tebing, bukit, hingga pantai semuanya ada di Jogja. Salah satu bentang alam yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke Jogja yaitu Air Terjun Kedung Kandang.

Air-Terjun-Kedung-Kandang

Air terjun satu ini merupakan salah satu air terjun terbaik yang ada di Jogja. Banyak yang menyebutkan jika kawasan air terjun ini mirip dengan kawasan yang ada di Ubud, Bali. Air terjun satu ini hadir dengan keindahan panorama atau pemandangan yang sangat menarik. penasaran? Langsung saja simak uraiannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Kedung Kandang

Air-Terjun-Kedung-Kandang-Gunugkidul

1. Merupakan air terjun yang unik

Air terjun satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu air terjun yang unik. Air terjun satu ini memiliki tingkatan sebanyak 6 tingkat. Selain itu, letaknya yang berada di area persawahan menjadikan air terjun ini sangat alami, dan tentunya masih sangat asri.

Air terjun ini merupakan air terjun musiman, yang hanya ada pada musim hujan saja. Ketika musim kemarau, kondisinya benar-benar mengering.

2. Bermain di sekitaran air terjun

Daya tarik selanjutnya yaitu Anda bisa bermain sepuasnya di sekitaran air terjun. Aliran air yang tenang serta sangat jernih ini akan siap memanjakan Anda semua. Hal tersebut tentu akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda nantinya.

3. Mengabadikan foto dengan spot menarik

Saat ini hampir semua orang senang dengan namanya selfie. Baground air terjun yang cantik tentu akan membuat foto yang Anda upload semakin menarik. Dengan hal ini, maka sosial media Anda akan semakin rapi dan menarik.

4. Menikmati pesona keindahan alam

Air terjun satu ini menghadirkan panorama yang sangat indah. Lokasi ini memiliki warna air yang biru serta jernih. Dengan hal tersebut, tentu Anda akan semakin betah lama jika berkunjung. Di sekitaran lokasi, terdapat banyak pepohonan hijau yang menambah suasana semakin asri.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun ini dikelola oleh karangtaruna sera desa wisata nglanggeran, untuk fasilitasnya, saat ini belum lengkap. Akan tetapi sudah tersedia beberapa fasilitas yang tersedia, seperti :

  • Warung makan sederhanan
  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Setiap tempat wisata tentunya sudah memiliki regulasi atau peraturan terkait dengan jam buka dan harga tiket masuknya. Hal ini juga berlaku ketika Anda berkunjung ke air terjun satu ini. Air terjun yang berada di Gunung Kidul ini bisa Anda kunjungi setiap hari dari jam 09.00 sampai jam, 17.00. Anda bisa berkunjung bersama dengan teman-teman, keluarga atau orang tersayang lainnya.

Jika Anda sudah mengetahui jam bukanya, kini saatnya untuk mengetahui berapa harga tiket masuknya. Untuk bisa menikmati keindahan air terjun satu ini, Anda tidak perlu khawatir kantong Anda jebol nantinya.

Harga tiket masuknya untuk setiap pengujung tidak lebih dari Rp.10.000.-. Jika Anda datang dengan menggunakan kendaraan bermotor roda dua, Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp.2.000.-.Tempat wisata satu ini masih dalam tahap pengelolaan, untuk itu, maka belum ada harga tiket masuknya secara resmi.

Akses dan Rute Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun satu ini berada di Dusun Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun satu ini letaknya tidak begitu jauh dari embung dan gunung api purba nglanggeran. Dengan adanya hal tersebut, maka Anda akan dengan mudah menemukan lokasinya. Air terjun ini memiliki titik koordinat GPS S7°51’20.2″ E110°32’06.3.

Jika Anda berangkat dari kota Jogja, maka bisa mengambil rute dengan melewati jalan Wonosari, kemudian naik menuju kecamatan pathuk. Sebelum SMP 2 Pathuk, silahkan Anda abil kiri menuju arah dusun bobung.

Jika sudah sampai di perempatan, silahkan ambil ke arah kiri, kemudian Anda akan bertemu dengan warung mie ayam mbak nining, masuklah ke kiri. Kemudian akan bertemu dengan lapangan volly, Anda bisa menitipkan sepeda motor di lapangan Volly tersebut.

Peta Google Map Air Terjun Kedung Kandang

Tips Wisata Air Terjun Kedung Kandang

1. Datanglah ketika musim hujan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya tadi, curug ini merupakan Curug yang sangat unik karena airnya hanya ada ketika musim hujan saja. Dengan kenyataan seperti itu, tentu waktu yang sangat disarankan untuk bisa menikmati indahnya Curug itu ketika musim hujan saja.

2. Berhati-hatilah dengan akses Medannya

Akses untuk bisa sampai ke Curug ini yaitu sangat licin. Untuk itu, sebaiknya Anda semua berhati-hati dan selalu menjaga diri Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bawalah bekal makanan ringan

Meskipun sudah ada beberapa penjual namun terkadang penjual tersebut juga tidak berjualan alias libur. Untuk itu, pengunjung sebaiknya Anda menyiapkan bekal seperti air minum serta makanan ringan sendiri.

Cukup menarik bukan? Langsung saja ajak orang terdekat Anda untuk menikmati suasana Ubud di Jogja dengan datang ke Air Terjun Kedung Kandang. Jika anda penasaran dengan wisata ini maka segera agendakan liburan dengan menyewa salah satu homestay di Jogja agar wisata lebih nyaman.

Tag ,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)