Tengkleng Gajah : Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Tengkleng Gajah – Kota Jogja merupakan kota kuliner yang memiliki banyak jenis makanan mulai dari gudeg yang merupakan makanan khas hingga tengkleng gajah. Pertama mendengar kata tengkleng gajah tentunya banyak yang masih penasaran dan bertanya-tanya apakah warung makan yang dimaksud menyediakan menu makanan tengkleng dengan bahan daging gajah? Padahal sebenarnya warung makan ini menyajikan makanan yang menggunakan bahan daging kambing.

Tengkleng-Gajah

Tengkleng merupakan sejenis sup yang berisi daging kambing, tulang kambing dan juga jeroan. Sekilas mirip seperti masakan gulai kambing, namun menu ini disediakan dengan kuah yang lebih encer. Sebenarnya masakan tengkleng ini adalah masakan khas Soo. Namun karena ukurannya yang jumbo dan terletak di wilayah Sleman akhirnya makanan ini menjad salah satu masakan khas kota Jogja.

Keunikan :

Tengkleng-Gajah-Jogja

Awalnya tengkleng ini merupakan masakan tengkleng biasa. Nama warung makan trengkleng gajah ini dulunhya adalah sate kambing Sari Roso Mulyo.

Warung ini buka sejak tahun 2006 silam dan hanya menyajikan menu masakan kambing. Lalu masakan tengkleng dijual dengan porsi jumbo dan menjelma menjadi saah satu menu andalan di warung makan ini. Promosi dari mulut ke mulut berhasil membuat warung makan Jogja yang satu ini terkenal dan memiliki banyak pelanggan bahkan dari wisatawan luar kota.

Saat masuk ke dalam warung makan ini, para pengunjung akan menyaksikan suasana dapur dengan desain terbuka sehingga pada konsumen dapat menyaksikan langsung bagaimana proses membuat masakan tengkleng. Tempat makan ini memiliki konsep ruang terbuka dengan barisan meja panjang dan ruangan cukup luas sehingga memungkinkan untuk menampung banyak konsumen.

Selain disajikan dalam porsi yang besar, menu masakan tengkleng ini juga memiliki keunikan lain yang menjadi daya tarik bagi para konsumen. Bumbu yang pas serta cara pengolahan yang unik menjadikan menu masakan ini memiliki citarasa khas yang sangat menggunggah selera. Bahkan dari aromanya saja sudah tercium bagaimana sedapnya rasa masakan ini.

Untuk mengolah masakan tengkleng gajah ini dibutuhkan bahan jeroan, tulang kambing dan juga daging kambing yang dimasak dalam baluran bumbu selama 4 jam. Cara mengolah dalam waktu yang cukup lama ini membuat masakan tengkleng matang dengan sempurna. Bumbu yang dimasak mampu meresap dengan baik sehingga rasanya pun tidak perlu diragukan lagi.

Para pengunjung yang datang di warung makan ini juga dapat menyaksikan secara langsung bagaimana cara mengolah tengkleng. Mulai dari cara memasukkan bumbu hingga proses pemasakan yang cukup lama dan akhirnya menjadi menu masakan yang siap disajikan dengan aroma yang nikmat.

Daya Tarik :

Menu masakan ini disajikan dalam keadaan masih panas sehingga mampu menggugah selera makan. Daging tengkleng nampak masih menempel pada tulang. Bagi anda yang ingin menikmati sumsum pada tulang kambing maka anda tidak perlu ragu untuk langsung melahapnya dengan menggunakan tangan secara langsung karena sensasi nikmat makan dengan tangan akan lebih terasa.

Bagi yang tidak ingin ribet juga tersedia alat bantu yakni sedotan yang bisa digunakan untuk menikmati sumsum dengan bumbu yang meresap dan nikmat. Karena disajikan dalam keadaan panas aroma masakan tengkleng ini langsung tercium sedap bahkan saat baru diletakkan di atas meja. Tentunya siapa saja akan merasa tidak sabar untuk segera menyantabnya dan merasakan sendiri bagaimana citarasa nikmatnya.

Kuah tengkeng yang disajikan dalam menu ini cukup kental dan memiliki rasa yang tidak terlalu tajam. Kuah ini dipadukan dengan irisan sayuran dan cabai sehingga rasa nikmat dari masakan ini menjadi maksimal.

Pengunjung yang tidak begitu suka pedas bisa memilih menu tengkleng goreng ataupun sate kambing yang juga tersedia di warung makan ini. Terdapat 11 menu olahan dari bahan daging kambing yang bisa dipilih untuk memenuhi selera makan para pengunjung. Semua terdiri dari berbagai masakan dengan rasa manis, gurih dan juga pedas.

Menu unik yang bisa dipilih antara lain gulai kambing, nasi goreng kambing, tongseng kepala kambing dan tongseng kambing yang tentunya memiliki citarasa nikmat luar biasa. Untuk menu yang bercitarasa manis didominasi dengan bumbu kecap yang nikmat sehingga anak-anak pun pasti akan menyukainya.

Warung makan tengkleng gajah ini buka pada pukul 09.00 hingga 21.00. Pada hari libur biasanya warung ini tutup lebih awal karena banyaknya pengunjung yang datang dan persediaan bahan habis.

Fasilitas :

  • Area parkir
  • Tempat makan yang nyaman
  • Toilet

Menu Utama dan Harga :

Tengkleng gajah porsi jumbo Rp 30.000,00

Lokasi :

Jl. Kaliurang Km.9,3, RT.04/RW.02, Gantalan, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Lokasi warung makan tengkleng gajah ini memang tidak jauh dari berbagai destinasi wisata yang ada di Sleman Jogja. Bagi anda yang berwisata ke Jogja direkomendasikan untuk mengunjungi warung makan ini. Jika rumah anda jauh dari lokasi wisata, anda bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja yang berdekatan dengan warung makan tengkleng ini.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)