Soto Sulung Stasiun Tugu : Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Soto Sulung Stasiun Tugu – Selain gudeg, tidak lengkap rasanya jika kita sudah sampai di Jogja namun tidak mencicipi menu istimewa yakni Soto Sulung Stasiun Tugu yang sudah dikenal paling enak di Jogja. Menu kuliner Jogja ini sebenarnya bukanlah masakan asli dari Jogja. Namun demikian, soto tersebut sudah menjadi sajian legendaris di kawasan Malioboro. Warung makan yang berdiri pada tahun 1968 silam ini sudah memiliki banyak penggemar setia yang selalu memadati seisi warung.

Soto-Sulung-Stasiun-Tugu

Soto khas Madura yang diambil ke kota Jogja ini berisi jeroan sapi seperti paru-paru, babat, usus dan juga hati. Selain itu, juga terdapat daging sapi dengan kuah yang pekat. Sajian Soto Sulung Stasiun Tugu ini kini telah menjadi ikon kuliner kota Jogja dan selalu menjadi incaran para wisatawan yang gemar berburu kuliner nikmat. Bagi anda yang berkunjung ke Kota Jogja, maka anda tidak boleh melewatkan sajian lezat dari soto legendaris ini.

Keunikan :

Soto-Sulung-Tugu

Menu yang dihidangkan dalam masakan Soto Sulung Stasiun Tugu ini adalah soto daging serta soto daging jeroan. Saat anda memesan soto campur maka soto yang akan dihidangkan berisi daging sapi, babat dan juga usus sapi. Namun jika anda memesan menu khusus soto daging maka yang akan disajikan adalah Soto Sulung Stasiun Tugu dengan daging sapi tanpa diisi dengan jeroan.

Daging serta jeroan yang dimasukkan dalam soto ini berbeda dengan menu-menu soto di tempat lain. Daging ini dimasak dengan dua kali pengolahan sehingga menciptakan daging yang sangat empuk, bumbu yang dapat meresap dengan sempurna dan juga tidak menimbulkan bau amis. Jeroan yang dijadikan isi dalam soto campur ini pun juga tidak berbau. Teksturnya pun juga empuk sehingga rasanya pun sangat lezat dan menggoyang lidah.

Kuah soto yang digunakan dalam sajian soto nikmat ini sangat pekat. Bumbu dari kuah tersebut terasa sangat kuat dan menjadikan sajian menu soto sulung ini begitu nikmat. Lidah para pengunjung akan dimanjakan dengan kelezatan kuah hangat yang menggiurkan. Ditambah dengan sedikit air perasan jeruk nipis dan juga sambal encer menjadikan menu masakan ini terasa menggugah selera.

Keunikan lain yang dihadirkan dari masakan Soto Sulung Stasiun Tugu ini adalah nasinya yang disajikan dalam bungkusan kecil mirip seperti penyajian nasi kucing. Karena disajikan dalam bungkus porsi kecil maka pengunjung bebas mengambil dan menentukan porsinya sendiri agar tidak terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

Daya Tarik :

Daya tarik tersendiri dari warung makan Jogja yang satu ini adalah sajian camilan dan juga nasi yang dimasak sendiri. Nasi, daging dan kerupuk di warung ini dibuat pada malam hari oleh anggota keluarga. Setelah itu, baru keesokan harinya dikirim menuju ke warung. Hal ini membuat para pelanggan merasa lebih nyaman untuk menyantap masakan soto disini karena sudah terjamin kehieginesannya.

Penyajian nasinya pun yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung. Meskipun daun pisang yang digunakan hanya di bagian dalam saja namun rasa nasi terasa lebih khas saat dibungkus dengan daun pisang.

Para pengunjung pun juga bebas untuk menuangkan nasi ke dalam mangkok sajian soto ataupun dimakan dengan terpisah. Hal ini menjadi salah satu ciri khas yang membedakan antara menu Soto Sulung Stasiun Tugu dengan menu soto yang lainnya.

Selain tampilan masakan yang unik, tempat yang digunakan untuk meracik masakan soto ini pun juga unik. Saat anda berkunjung di warung makan ini, anda akan menemukan gerobak pikul yang dihiasi dengan ornamen berbentuk tanduk.

Satu hal penting yang kerap menarik perhatian pengunjung adalah sajian khusus bagi pelanggan yang takut kelebihan kolesterol. Pengunjung dapat memilih soto dengan isian daging saja atau menambahkan telur rebus. Dengan tambahan telur rebus tersebut sajian soto akan terasa lebih gurih dan nikmat.

Perpaduan yang pas antara daging sapi yang empuk, kuah soto yang terasa gurih dan juga telur rebus yang khas membuat soto yang disajikan dalam keadaan panas ini semakin menggunggah selera makan.

Fasilitas :

  • Area parkir
  • Tempat makan yang nyaman

Menu Utama dan Harga :

  • Soto Sulung Rp9.000 – Rp 13.000
  • Bagi yang ingin menambah dengan telur rebus maka harganya menjadi Rp 25000

Lokasi :

Parkiran Selatan Stasiun Tugu, Yogyakarta  atau Jalan Gedong kuning Selatan No.1, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasi Soto Sulung Stasiun Tugu ini bisa dibilang cukup strategis dan mudah untuk dijangkau.Bagi anda yang berkunjung ke kota Jogja direkomendasikan untuk tidak lupa mencicipi menu spesial Jogja ini. Bagi wisatawan yang rumahnya jauh bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja untuk memudahkan akses menuju lokasi kuliner ini.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)