Soto Sampah: Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Soto Sampah – Soto adalah salah satu menu sajian makanan asli Indonesia. Berbagai daerah selalu menyajikan menu makanan dengan kekhasan masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk kota Jogja. Di Yogyakarta sendiri, menu soto juga banyak tersedia di berbagai sudut kota. Mulai dari yang penyajiannya biasa hingga penyajian yang cukup unik dan menarik seperti yang akhir-akhir ini mengundang rasa penasaran para pecinta kuliner yakni Soto Sampah.

soto-sampah
Credit Foto:
https://www.instagram.com/p/BwWmy56lgIR/

Soto sampah merupakan salah satu menu khas Yogyakarta yang bertahan selama tiga generasi. Menu masakan ini sudah cukup populer di berbagai kalangan baik dari mahasiswa, anak punk, anak band, juru parkir dan juga wisatawan yang berkunjung di kota Jogja. Warung makan unik yang satu ini berdiri sejak lama yakni tahun 70-an. Sudah jelas bagaimana cita rasanya melihat sudah berapa lama warung makan ini berdiri dan dikatakan tidak pernah sepi pembeli.

Wisata Kuliner Soto Sampah

Keunikan

Pemilik warung makan Soto Sampah saat ini adalah Junianto (36). Beliau adalah generasi ketiga dari pengembang usaha kuliner soto sampah yang selalu ramai pengunjung. Dikatakan bahwa warung makan ini akan semakin ramai jika sudah lewat jam 10 malam. Namanya yang cukup unik tersebut muncul sejak tahun 2009 silam.

Menu kuliner ini disebut dengan nama soto sampah karena memiliki cara penyajian yang cukup berbeda dari menu makanan lain. Soto ini disajikan secara acak-acakan dan cukup berantakan. Hal ini membuat pengunjung yang menikmati makanan tersebut menyebutnya sebagai Soto Sampah. Namun dibalik namanya yang cukup menggelitik telinga ternyata menu ini menghadirkan citarasa yang lezat. Citarasa nikmat dari sajian soto ini mampu menghangatkan suasana malam yang syahdu di kota Yogyakarta.

wisata-kuliner-soto-sampah-1
Credit Foto:
https://www.instagram.com/p/Bukm55LAS8s/

Warung makan ini menawarkan beberapa menu soto andalan yakni soto ayam, soto biasa atau soto koyor serta soto daging. Jika biasanya penyajian menu soto adalah di dalam mangkuk, menu soto Jogja yang unik ini menggunakan piring untuk menghidangkannya. Soto ini disajikan dengan kuah kaldu bening dan dicampur dengan berbagai bumbu. Pemberian rempah yang kuat semakin membuat citarasa khas dari menu lezat ini.

Dalam setiap sajian soto sampah terdapat racikan lengkap antara lain kol, sohun, taude dan daun seledri. Bagi pengunjung yang tidak menyukai salah satu racikan menu soto tersebut bisa meminta pada penjual untuk tidak memberikannya dalam sajian piring soto anda.

Yang menjadi keunikan sekaligus ciri khas dari menu makanan ini adalah bahan dasarnya yakni koyor sapi. Jika biasanya menu soto memanfaatkan daging ayam maupun daging sapi, warung ini juga menawarkan menu soto dengan bahan dasar koyor sapi. Bahkan soto sampah dengan bahan koyor ini menjadi menu andalan yang banyak disukai pelanggan saat menghabiskan waktu untuk menikmati makanan soto yang disediakan.

Warung soto sederhana ini sering diburu oleh para pecinta kuliner, terlebih karena warung ini bisa didatangi setiap waktu. Menu soto ini juga disebut dengan sebutan sampah karena menggunakan gajih sapi. Bisa dibilang tampilannya mirip seperti makanan sisa. Namun setiap pelanggan yang datang mengaku tidak kecewa mencicipi menu masakan tersebut.

Daya Tarik

Dibalik namanya yang mengundang tanda tanya, ternyata menu ini menyuguhkan citarasa nikmat yang khas. Kuah soto yang panas dipadukan dengan rasa gurih. Bagi yang suka pedas bisa menambah sambal sendiri sesuai selera. Tentunya bumbu-bumbu yang masuk dapat membuat selera makan menjadi naik. Terlebih menu ini disajikan dalam keadaan hangat tentunya semakin menghangatkan jiwa dan suasana.

Menu soto ini diracik dengan cara tradisional berbekal resep turun temurun. Setiap masakan diperkuat dengan citarasa khas dan kental sehingga banyak digemari orang. Selain itu, juga tersedia menu gorengan yang siap untuk dijadikan pelengkap saat anda menikmati sajian soto yang anda pesan.

Warung yang berdiri di pinggiran jalan ini memang nampak sangat sederhana. Hanya tersedia sedikit bangku duduk. Pada malam hari biasanya pemilik warung akan menggelar tikar di pinggiran jalan karena ramainya pengunjung yang datang. Pemilik warung juga menyediakan menu nasi rames dengan sayuran serta aneka lauk selain menyajikan menu soto andalan.

Warung makan soto koyor buka pada pukul 08.00 pagi hingga 20.00 malam. Kemudian buka kembali pada pukul 21.00 malam hingga 03.00 subuh. Oleh karena itu warung makan ini bisa didatangi kapan saja.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Tempat duduk dan lesehan

Menu Utama dan Harga

Soto sampah mulai dari Rp 6.000

Lokasi Soto Sampah

Jl. Kranggan No.2, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233

Lokasi warung makan soto sampah ini cukup strategis dan mudah dijangkau.Bagi anda yang berkunjung ke Jogja direkomendasikan untuk mencicipi menu spesial Jogja ini. Bagi wisatawan yang rumahnya jauh bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja untuk memudahkan akses menuju lokasi kuliner ini.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)