Soto Bathok Mbah Karto : Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Soto Bathok Mbah Katro – Yogyakarta selain terkenal dengan kota wisata budaya juga dikenal sebagai kota wisata kuliner. Banyak sekali menu kuliner yang tersedia di kota Jogja yang pastinya wajib untuk dicicipi. Terlebih jika anda berlibur di kota Jogja untuk menikmati berbagai macam wisata, maka kuliner lezat yang disuguhkan oleh masyarakat Jogja tidak boleh ketinggalan. Salah satu menu kuliner populer yang recommended untuk dikunjungi adalah Soto Bathok Mbah Katro yang terletak di kawasan Candi Sambisari.

Soto-Bathok-Mbah-Karto-Sleman

Soto ini sebenarnya memiliki nama asli Saoto Bathok Mbah Katro. Saoto merupakan sebutan dari soto yang digunakan oleh para masyarakat Solo. Kuliner soto yang lezat ini didirikan oleh Mbah Katro dengan mengusung tema soto Solo. Oleh karena itu, Mbah Katro memberikan nama menu kuliner andalannya tersebut dengan istilah dari daerah asalnya.

Keunikan :

Soto-Bathok-Mbah-Katro-YogyaWarung ini sudah banyak dikenal masyarakat sehingga setiap harinya tidak pernah sepi oleh pengunjung. Yang unik dari menu kuliner ini adalah wadah yang digunakan untuk menyajikan menu sotonya. Wadah yang digunakan oleh Mbah Marto adalah mangkok yang berbeda dari mangkok pada umumnya. Jika biasanya kita menjumpai mangkok terbuat dari bahan kaca, atom ataupun seng, mangkok yang digunakan untuk menyajikan menu soto ini adalah dari bathok kelapa.

Meskipun terbuat dari bahan bathok kelapa namun kuah soto yang disajikan tetap aman dan tidak tumpah. Di bawah mangkok bathok kelapa tersebut diberi pengganjal dari kayu dan juga bawahan piringan kecil dari tanah liat. Tentunya penyajian yang unik ini seakan menambah citarasa nikmat dari olahan menu kuliner tersebut.

Adapun untuk tempat lauk, warung Soto Bathok Mbah Katro menggunakan piringan kecil yang dibuat dari bahan tanah liat. Warung makan ini memang terkesan sangat totalitas dalam memperhatikan kenyamanan para pengunjung. Selain itu, warung kuliner Jogja ini juga memperhatikan cara penyajikan makanannya. Para pengunjung pasti akan memberikan nilai plus karena fasilitas yang diberikan sangat memuaskan.

Daya Tarik :

Penyajian menu Soto Bathok Mbah Katro adalah nasi putih dengan soto yang berisi potongan daging sapi kecil-kecil, kecambah (tauge), bawang merah goreng dan juga taburan selederi yang menambah citarasa sedap pada masakan tersebut. Kuah Soto Bathok Mbah Katro disajikan bening dan cukup banyak.

Soto ini nampak segar dan tidak berlemak. Saat dicicipi kuah soto yang bening ini memunculkan rasa yang ringan dan segar perpaduan antara kuah bening dengan tauge. Soto ini akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan tambahan perasan air jeruk nipis. Anda bisa menambahkan kecap dan juga sambal sesuai selera. Bagi yang tidak suka pedas usahakan untuk tidak mengambil sambal terlalu banyak karena rasa sambal disini tergolong ekstra pedas.

Selain menu soto yang nikmat, di warung ini juga tersedia menu lain yang bisa anda pesan untuk memaksimalkan rasa nendang di lidah. Di warung ini tersedia lauk tempe goreng yang sangat gurih dan kemripik. Ada pula sate telur puyuh dan juga sate usus yang biasanya sangat disukai anak-anak.

Saat memasuki warung makan ini pengunjung akan merasakan damai karena pemandangan indah yang disuguhkan di sekitar. Pengunjung dapat memilih untuk duduk di bangku yang terbuat dari bambu maupun duduk di tempat lesehan. Sambil menunggu pesanan datang, pengunjung dapat menyaksikan anugrah Tuhan YME berupa hamparan sawah yang memukau.

Di sekitar warung makan ini juga tersedia mainan untuk anak-anak berupa jungka-jungkit dan ayunan dari bambu. Pengunjung juga dapat melihat rawa buatan yang indah dipandang. Sungguh sebuah pelengkap makan yang sangat pas karena pemandangan yang disuguhkan begitu menakjubkan.

Bukan hanya keindahan sawah saja, namun juga terdapat burung bangau yang berterbangan di sekitar area sawah yang membuat pemandangan menjadi terasa asri. Pemandangan inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi para pengunjung di Soto Bathok Mbah Katro. Pengunjung juga dapat mengabadikan momen menyenangkan tersebut sembari menikmati menu soto yang disuguhkan.

Fasilitas :

  • Area parkir
  • Tempat duduk dari bambu dan lesehan
  • Toilet
  • Background view yang indah
  • Area bermain
  • Jungkat-jungkit
  • Ayunan

Menu Utama dan Harga :

  • Seporsi soto Bathok Rp. 5.000,00
  • Sate usus Rp. 1.000,00
  • Tempe goreng Rp. 500,00
  • Sate telur puyuh Rp. 2.000,00

Lokasi :

Sambisari, Purwomartani, Kec. Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Lokasi warung makan Soto Bathok Mbah Katro ini cukup strategis dan bisa dijangkau dengan mudah. Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Jogja disarankan untuk tidak ketinggalan mencicipi menu spesial dari kota Jogja ini. Bagi pengunjung yang mungkin berasal dari luar kota, maka bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja agar anda dapat menuju lokasi wisata kuliner ini dengan mudah.

Jadi jika anda menginap di sebuah homestay selama berwisata kuliner di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan Soto Bathok Mbah Katro.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)