Sego Koyor Bu Parman : Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Sego Koyor Bu Parman – Menu kuliner malam di Jogjakarta memang memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi para wisatawan yang hobi berburu makanan nusantara. Selain suasana malam yang terasa sangat nyaman dan khas, kuliner di malam hari umumnya juga menyadikan citarasa masakan khas yang mampu menggugah selera.

Sego-Koyor-Bu-Parman-Jogja

Salah satu menu makanan yang pas untuk dicicipi di malam hari adalah sego koyor atau nasi koyor. Sebenarnya menu masakan sego koyor ini bukan merupakan makanan khas kota Jogja, melainkan makanan khas Jawa Tengah. Namun, menu sego koyor ini sangat sulit dicari. Di jl. Bridgjen Katamso Jogja terdapat satu-satunya penjual menu sego koyor yang bisa anda datangi bersama keluarga, teman atau pasangan yakni Sego Koyor Bu Parman.

Keunikan :

Menu Sego Koyor Bu Parman ini merupakan menu legendaris. Masakan unik ini sudah ada sejak lama yakni pada tahun 1968 Kemudian anak dari bu Parmi memutuskan untuk  meneruskan usaha dagang nasi yang dirintis ibunya tersebut. Sekarang pemilik dari warung Sego Koyor Bu Parman ini adalah Suparti.

Sego koyor sendiri adalah menu masakan dari urat sapi yang disajikan lengkap dengan nasi putih. Masakan ini menggunakan urat sapi yang terdapat di sekitar persendian tulang sapi. Menu masakan ini dimasak dengan bumbu yang lengkap dan lezat. Sekilas mirip seperti kuah gulai dan ditambah dengan kuah santan yang sedikit encer.

Biasanya, menu Sego Koyor Bu Parman ini tidak terasa manis seperti masakan khas kota Jogja pada umumnya. Menu ini akan semakin nikmat dengan tambahan sambal pedas yang menggigit lidah.

Di Yogyakarta sendiri hanya terdapat satu tempat saja yang menyediakan menu makanan sego koyor ini. Oleh karena itu, tak heran banyak yang masih merasa asing dengan menu ini. Namun siapa saja yang sudah mencoba makanan ini dijamin akan merasa ketagihan dan ingin segera kembali mencicipi sampai kenyang.

Sebelum berjualan tepatnya di jl. Bridgjen Katamso, pemilik warung berjualan di sebuah terminal yang pertama kali ada di kota Yogyakarta. Namun sekarang ini lokasi berjualan tersebut dimanfaatkan sebagai Taman Pintar.

Selain disebut dengan nama populer sego koyor, para pengunjung juga banyak yang menamainya dengan sego urat. Suparti menuturkan bahwa bagian masakan urat ini dimasak dengan tambahan bumbu yang mirip seperti gula. Selanjutnya diberi dengan kuah santan tapi harus berhati-hati dan jangan terlalu kental.

Daya Tarik :

Saat pertama mencicipi hidangan sego koyor ini maka pengunjung akan merasakan cita rasa gurih secara langsung. Jika biasanya urat dikenal dengan tekstur kenyal namun hidangan urat yang disajikan dalam olahan sego ini terasa sangat empuk. Jika dipotong dengan menggunakan sendok sekalipun dapat lebih mudah dan cepat.

Citarasa nikmat koyor yang empuk tersebut dibuat dari bahan baku yang direbus terlebih dahulu dalam beberapa menit sebelum dimasak dengan bumbu dan santan. Selain menjadikan koyor terasa sangat empuk, proses merebus bahan utama ini juga bertujuan untuk menghilangkan lemak maupun minyak yang biasanya banyak terdapat di bagian koyor tersebut.

Saat disajikan untuk para pelanggan, menu koyor ini dikombinasikan dengan menu oseng oseng jipang (labu siam). Seain itu, penyajian menu koyor ini juga semakin lengkap dengan tambahan menu lezat lainnya seperti telur, ayam goreng, aneka gorengan dan juga babat.

Bagi anda yang mungkin ingin memesan menu lain selain Sego Koyor Bu Parman maka anda juga bisa memilih opor ayam pedas yang memiliki citarasa nikmat tidak kalah dari sego koyor. Menu-menu yang disediakan oleh bu Suparti tersebut merupakan menu-menu yang sama dengan apa yang dijual ibunya dahulu.

Meskipun tempat berjualan nasi koyor ini sangat sederhana namun rasanya yang unik dan mantap mampu membuat para pelanggan ketagihan untuk selalu mencobanya. Bukan hanya dari kalangan masyarakat umum saja, penggemar Sego Koyor Bu Parman ini juga berasal dari kalangan para artis.

Menurut penuturan bu Suparti penyanyi kelas atas Iwan Fals sudah beberapa kali mampir di warung ini setelah selasai konser. Selain itu beberapa artis lain seperti Vicky Notonegoro, Toro Margen, Doni Kusuma dan juga Butet Kertaradjasa juga tidak mau ketinggalan.

Warung makan unik ini buka setiap hari mulai pukul 22.00 hingga pukul 04.00 pagi. Sehingga menu masakan ini sangat cocok bagi anda para pemburu kuliner malam.

Fasilitas :

  • Area parkir
  • Tempat duduk yang nyaman

Menu Utama dan Harga :

Satu piring sego koyor +  teh panas = Rp. 17.000,00

Lokasi :

Jl. Brigjen Katamso No.111, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121

Lokasi Sego Koyor Bu Parman ini cukup strategis dan cukup mudah untuk dijangkau. Bagi anda yang ingin berburu kuliner di Jogja direkomendasikan untuk mampir di warung makan spesial Jogja ini. Wisatawan yang mungkin berasal dari luar kota bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja untuk memudahkan akses menuju lokasi kuliner ini.

Jadi jika anda menginap di sebuah homestay selama berwisata kuliner di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan Sego Koyor Bu Parman.

Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)