Gudeg Yu Djum Wijilan 167: Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Homestay Jogja – Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang dinanti-nantikan terutama saat libur telah tiba. Bukan hanya mengunjungi tempat wisata budaya maupun sejarah saja yang dikunjungi namun wisata kuliner juga tidak boleh ketinggalan. Salah satu kota wisata yang terkenal adalah Yogyakarta. Banyak sekali tempat unik yang wajib dikunjungi termasuk wisata kulinernya. Spot wisata kuliner recommended di Jogja salah satunya adalah Gudeg Yu Djum Wijilan 167.

gudeg-yu-djum-wijilan-167

Warung makan yang menyajikan menu Gudeg khas Yogyakarta ini menjadi pilihan terbaik para pengunjung. Gerai makanan ini berdiri pada tahun 1941. Sejak mulai dibuka, gerai makanan ini sudah banyak menarik minat para pengunjung karena memiliki rasa yang unik dan berbeda dibandingkan dengan gerai makan gudeg yang lain.

Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Keunikan

Sosok Yu Djum yang merupakan pendiri dari gerai makan ini memiliki kisah yang cukup menarik. Beliau sudah cukup lama berjualan gudeg yakni sejak ia berusia 17 tahun. Saat ini Yu Djum sudah wafat di usia 81 tahun. Setelah itu gerai makanan yang beliau rintis diturunkan pada anak-anaknya. Eksistensi dari gerai makanan ini ternyata memiliki banyak faktor salah satunya karena kualitas dari masakan gudeg yang sempurna sehingga membuat pengunjung merasa puas.

wisata-gudeg-yu-djum-wijilan-167-1

Salah satu keunikan dari warung makan ini adalah adanya rombongan penyanyi keroncong di depan warung. Tentunya suasana menyantap makanan menjadi lebih nikmat dengan iringan musik yang menentramkan. Selain itu bau gudeg yang tercium di gerai makanan ini sangat khas dengan masakan asli Jogja. Aroma kayu bakar serta daun pisang semakin menjadikan suasana terasa seperti di kampung halaman.

Gudeg ini juga dimasak dengan menggunakan bahan nangka muda dengan jenis terbaik. Nangka muda ini berasal dari daerah Prembun. Menurut cerita terdapat ciri khas tersendiri dari nangka muda yang berasal dari daerah Prembun yaitu tekstur yang tidak mudah lumat ketika dimasak meskipun dalam durasi yang lama. Hal ini menjadikan menu gudeg di gerai makan Yu Djum Wijilan 167 menjadi sangat spesial.

Menikmati menu gudeg di Yogyakarta ini sangatlah menarik karena di gerai makanan ini menyajikan cita rasa yang lain daripada yang lain. Oleh karena itu tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung demi menikmati sensasi yang disajikan oleh masakan khas Jogja yang satu ini. Ciri khas yang ada pada gerai makanan ini bermula dari cerita sejarah yang sudah sejak lama terdapat di Yogyakarta.

Keunikan Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Wijilan 167 Lainnya

Gudeg yang tersedia di warung makan Gudeg Yu Djum Wijilan 167 ini adalah jenis gudeg kering. Oleh karena itu rasanya pun tidak terlalu manis berbeda dengan jenis gudeg basah yang penyajiannya dengan varian rasa manis. Bagi anda yang tidak terlalu suka makanan manis maka gudeg yang satu ini sangat cocok untuk anda cicipi.

Selain itu, krecek yang ada disini juga terbuat dari kerupuk kulit sapi. Rasa krecek ini lumayan pedas dan sangat imbang untuk menemani santap gudeg spesial. Rasa krecek ini juga sangat gurih dengan tekstur yang garing. Selain krecek dan gudeg, sajian menu ini juga dilengkapi dengan ayam suwir. Ayam yang disajikan memiliki tekstur yang empuk, rasanya manis dan gurih serta mudah dikunyah.

Yang tak kalah nikmat dari sajian menu ini adalah toping berupa telur pindang untuk melengkapi makanan spesial favorit masyarakat. Telur pindang ini dibuat dari telur bebek yang diolah sebagai semur. Telur pindang ini memiliki rasa yang cukup manis dan saat kita memakan kuning telurnya maka akan terasa sensasi gurih dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam.

Bagi pengunjung yang tidak suka ayam suwir juga bisa meminta tambahan lain seperti tempe ataupun tahu. Para pelayan akan siap menyajikan apapun permintaan anda sesuai dengan selera masing-masing. Pelayanan disini juga sangat memuaskan. Selain pelayannya ramah-ramah juga sangat cepat dalam penyajiannya sehingga kita tidak perlu menunggu terlalu lama.

Keunikan yang menarik lagi dari wisata kuliner gudeg ini adalah buka setiap hari selama 24 jam. Bagi anda yang berwisata dan ingin menikmati kuliner khas Jogja ini maka anda bisa datang kapan saja. Anda juga tidak perlu khawatir akan mendapat antrian akhir dan lama karena pelayanan di gerai makan ini sangat memuaskan sehingga tidak membutuhkan waktu lama menu makanan yang anda pesan akan segera disajikan.

Gudeg  Yu Djum Wijilan 167 juga memiliki keunggulan lain yaitu dapat dipesan dengan menggunakan kendil atau besek untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Menu Utama dan Harga

  • Gudeg Rp 9000
  • Gudeg besek Rp 45.000

Fasilitas

  • Tempat duduk yang nyaman
  • Iringan musik keroncong
  • Area parkir
  • Toilet

Lokasi Wisata Kuliner Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Jl. Wijilan No. 167, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DIY 55131. Dengan mempertimbangkan lokasi ini, bila Anda menginap di Jogja, silahkan pilih homestay di Jogja yang berdekatan dengan lokasi ini.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)