Bakmi Jowo Mbah Gito : Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Bakmi Jowo Mbah Gito – Membicarakan tentang kuliner kota Jogja memang tidak akan ada habisnya. Meskipun dikenal dengan nama kota Gudeg, namun ternyata banyak menu kuliner lain yang dihidangkan. Semua kuliner yang ada di kota Jogja mampu menggugah selera makan siapa saja bagi semua kalangan.

Bakmi-Jowo-Mbah-Gito-Jogja

Salah satu kuliner yang banyak menarik perhatian masyarakat adalah bakmi godog. Menu masakan ini dikenal sebagai menu kuliner malam andalan bagi masyarakat Jogja. Anda dapat dengan mudah menemukan gerobak-gerobak tradisional dengan jajanan bakmi godog pada setiap sudut kota wisata ini. Salah satu diantara penjual bakmi yang terkenal di Jogja adalah Bakmi Jowo Mbah Gito.

Keunikan :

Bakmi-Jowo-Mbah-Gito-Yogyakarta

Bakmi Jowo Mbah Gito merupakan kuliner legendaris Jogja yang sudah berdiri sejak lama yakni tahun 2008 silam. Tempat makan ini berada di kawasan Kotagede dan selalu dipadati pengunjung baik dari warga kota Jogja maupun dari luar kota. Bahkan, menu kuliner tradisional ini menjadi langganan para artis dan pejabat ibu kota.

1. Memiliki dekorasi kayu mirip gubug

Tempat makan yang menjajakan masakan tradisional ini memiliki keunikan daripada warung makan yang lain. Banyak pelanggan yang datang kesini karena penasaran dengan desain ruang tempat makan ini. Saat masuk ke lokasi Bakmi Jowo Mbah Gito ini para pengunjung akan disambut dengan bangunan yang didominasi dengan dekorasi serba kayu. Disana kita bisa melihat penyangga bangunan yang juga memakai potongan kayu jati yang kuat dan mirip seperti bentuk gubug.

Meskipun bentuknya nampak seperti gubug, namun saat masuk ke dalam resto pengunjung tidak akan merasa pengap karena nyatanya ruang makan ini sangat luas. Para konsumen dapat memilih tempat duduk yang nyaman bisa duduk lesehan di bilik kecil maupun di bangku yang semuanya dibuat dari bahan kayu yang kuat.

Hiasan lain juga nampak berupa patung khas Jawa. Di resto ini juga terdapat penyangga berbentuk ukiran yang mirip dengan wajah presiden Indonesia. Hiasan ini semakin menambah nilai estetik dari restoran Bakmi Jowo Mbah Gito. Menariknya lagi, pada malam-malam tertentu para pengunjung dapat menyaksikan pertunjukan seni wayang sembari menikmati sajian kuliner yang dihidangkan.

2. Cara memasak bakmi Jowo tradisional

Bukan hanya tempatnya saja yang unik, ternyata hidangannya pun juga tidak kalah menarik. Sesuai dengan namanya, menu makanan bakmi Jowo godog ini adalah menu andalan di resto ini.

Seporsi masakan bakmi godog terdiri atas miekuning yang memiliki ukuran cukup tebal, cacahan kubis yang direbus dengan kuah serta suwiran daging ayam kampung. Setiap pesanan menu bakmi akan dimasak satu per satu dengan alat masak tradisional berupa anglo. Proses memasak bakmi secara tradisional ini membuat aroma masakan semakin menggugah selera.

Saat dimakan, tekstur dari mie ini sangat kenyal dan rasa bumbu bawang putihnya sangat kuat. Bakmi ini disajikan selagi hangat sehingga sangat cocok untuk dijadikan makanan malam. Bagi pengunjung yang hobi masakan pedas bisa menambah potongan cabai rawit yang tersedia di meja.

3. Menu lain yang sama nikmatnya

Bagi pengunjung yang ingin mencoba menu lain selain Bakmi Jowo Mbah Gito, maka bisa mencicipi mi magelangan atau mi goreng. Sama seperti menu bakmi godog, mi goreng yang tersedia di warung makan ini menggunakan mie kuning bertekstur tebal, kubis, dan juga sawiran ayam. Bagi pengunjung yang suka menu masakan manis maka mie goreng ini dapat menjadi menu andalan anda.

Adapun menu nasi magelangan adalah masakan yang dibuat dari campuran nasi goreng dan mie goreng. Menu ini disajikan dengan porsi besar ditambah dengan suwiran ayam yang gurih. Bagi anda yang sudah seharian penuh berkeliling Jogja maka menu ini sangat cocok untuk memuaskan rasa lapar anda.

Sebagai penutup, anda bisa memilih sebotol saparela dengan tambahan es batu. Es saparela merupakan soda tradisional dengan rasa mirip seperti root beer. Ketika diminum, anda akan merasakan sensasi menggelitik pada tenggorokan dan sangat menyegarkan terutama saat cuaca sedang panas.

Selain itu, juga terdapat menu wedang uwuh yang disajikan saat hangat. Wedang ini dibuat dari bahan rempah. Selain bagus untuk menghangatkan badan, menu ini juga berkhasiat untuk menghilangkan lelah dan meningkatkan kebugaran.

Fasilitas :

  • Area makan lesehan dan tempat duduk
  • Toilet
  • Area parkir
  • Pertunjukan seni wayang tradisional

Menu Utama dan Harga :

  • Bakmi Jowo Mbah Gito Rp 20.000 – Rp 40.000
  • Aneka minuman Rp 8.000- Rp 13.000

Lokasi :

Jalan Nyi Agengnis No.9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta 55171

Jam buka: 11.00-23.00 WIB

Lokasi Bakmi Jowo Mbah Gito ini memang sangat strategis dan bisa dijangkau dengan mudah.Bagi anda yang berkunjung ke Jogja direkomendasikan untuk mencicipi menu spesial Jogja ini. Bagi anda yang rumahnya jauh bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja untuk memudahkan akses menuju lokasi kuliner ini.

Jadi jika anda menginap di sebuah homestay selama berwisata kuliner di Jogja, jangan lupa untuk memesan homestay di Jogja yang secara lokasi berdekatan dengan beberapa tempat kuliner khas Yogyakarta.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)