Ayam Geprek Bu Rum: Keunikan, Fasilitas, Lokasi, Menu Utama dan Harga

Ayam Geprek Bu Rum – Ayam geprek merupakan salah satu menu kuliner yang cukup fenomenal di negara tanah air. Bahkan Google mencatat bahwa menu ayam geprek adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak dicari di Indonesia. Hingga saat ini banyak sekali warung makan yang menjajakan ayam geprek di seluruh penjuru Indonesia.

Warung makan Ayam Geprek Bu Rum yang terletak di kota Yogyakarta disebut-sebut sebagai kedai geprek pertama yang berdiri di Indonesia. Bu Ruminah yang sekarang berusia 50 th lebih adalah pendiri kedai geprek tersebut. Beliau menuturkan bahwa kedai geprek tersebut ia rintis sejak tahun 2003 silam. Meskipun berdiri di atas tanah yang tidak begitu luas, namun warung tenda ini selalu ramai oleh pengunjung. terlebih jika sudah masuk jam makan.

ayam-geprek-bu-rum

Ayam Geprek Bu Rum

Keunikan

Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota yang menyediakan tempat makan terjangkau. Selain itu makanan yang disediakan di kota ini juga memiliki rasa yang enak.Yang tak kalah penting adalah setiap makanan yang disajikan di kota ini mampu mengenyangkan perut tanpa menguras seluruh isi kantong. Salah satu tempat yang populer dan memenuhi kriteria warung makan seperti yang disebutkan di atas adalah warung makan Ayam Geprek Bu Rum.

Saat cuaca sedang terik maupun hujan kedai ayam geprek ini selalu ramai pengunjung. Banyak pecinta kuliner yang rela antri berjajar demi menikmati hidangan ayam geprek yang cukup terkenal di kota Jogja ini.

Setibanya di warung makan ini, para pengunjung dapat mengambil langsung piring yang terbuat dari bahan rotan dan berlapis kertas minyak. Kertas minyak tersebut sudah dipotong sesuai ukuran piring rotan sehingga pas untuk dijadikan alas pada piring makan tersebut. Bagi anda yang ingin mencampurkan nasi dengan lauk pauk dalam satu piring maka anda bisa mengambil satu piring saja.

ayam-geprek-bu-rum-1

Karena terkadang satu porsi nasi tidak cukup untuk satu macam lauk saja, maka anda bisa memilih banyak lauk dan membawa piring sendiri. Jadi, jangan lupa untuk mengambil lebih dari satu piring jika anda ingin mengambil lauk yang cukup dan juga nasi yang cukup. Hal ini juga berlaku jika anda ingin memisahkan antara nasi dan lauk karena mungkin tidak cukup jika nasi dan lauk dijadikan dalam satu piring.

Daya Tarik

Di warung makan Ayam Geprek Bu Rum ini pengunjung dapat memilih sendiri bagian ayam mana yang menjadi favorit masing-masing. Setelah itu, pengunjung juga dapat menyebutkan jumlah cabai rawit yang ingin disantap. Jika anda tidak terlalu suka pedas maka jangan sampai menyebutkan jumlah cabai yang banyak.

Piring rotan yang diambil bisa digunakan sebagai wadah nasi yang bisa diambil sesuai dengan kondisi perut anda. Jika perut mampu menampung nasi dalam jumlah banyak maka anda bisa memenuhi piring rotan tersebut. Selain itu, pengunjung juga bisa memilih ayam yang ingin dimakan sesuai selera.

Ayam yang disajikan di warung makan ini digoreng dengan menggunakan tepung dan menjadi ayam krispi yang menggoyang lidah. Selain ayam, pengunjung dapat menambah lauk sesuai selera seperti telur, tahu atau tempe. Untuk lebih memaksimalkan citarasa makanan ayam geprek ini juga disediakan aneka sayuran yang berganti-ganti di setiap harinya. Terkadang tersedia menu sayur asam, sup dan lain-lain.

Jika sudah selesai menentukan menu makanan yang ingin disantap, maka langkah selanjutnya adalah membawa piring berisilauk yang anda pilih pada “tukang geprek” yang biasanya selalu siap berdiri dibelakang ulek batu dan cobek. Biasanya di tempat tersebut juga nampak wadah berisi cabai rawit dan wadah-wadah lain yang berisi garam, bawang putih dan terasi.

Sembari menyerahkan piring lauk, anda bisa menyebutkan jumlah cabai rawit sesuai selera anda. Jangan lupa untuk memberi tahu pada tukang geprek apakah anda suka menggunakan terasi atau tidak. Bagi pengunjung yang menginginkan tambahan cabai di atas 10, maka dikenai biaya tambahan pula sekitar Rp 1.000 setiap kelipatan 5 cabai rawit. Anda bisa mempertimbangkan selera pedas anda dengan kesehatan perut anda.

Fasilitas

  • Area parkir
  • Ruang makan yang nyaman

Menu Utama dan Harga

Ayam Geprek Rp 10.000 – Rp 15.000

Tergantung dengan lauk ayam yang dipilih. Harga bisa lebih mahal jika lauk yang dipilih lebih banyak ataupun jumlah cabai yang banyak.

Adapun untuk menu minuman yang tersedia di warung ini adalah jeruk, teh, air putih dan minuman bubuk instan.

Lokasi Ayam Geprek Bu Rum

Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Jam buka  : 07.00 – 21.00 WIB

Kuliner ayam geprek menjadi salah satu menu yang paling dicari di kalangan masyarakat. Bagi anda yang penasaran dan ingin mencicipi menu kuliner sedap ini maka anda bisa segera langsung datang ke lokasi. Jika rumah anda jauh dari lokasi warung tenda Ayam Geprek Bu Rum maka anda bisa memilih penginapan atau homestay di Jogja untuk mempermudah perjalanan wisata anda.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Klik Untuk Konsultasi
(Diskusikan Anggaran dan Lokasi Tujuan Anda)